Panduan Lengkap Cara Mudah Mengirim Paket JNE dari Rumah

Cara mengirim paket JNE dari rumah merupakan informasi yang banyak membantu pelanggan. Meski agen JNE sudah ada di mana-mana, tetapi sering kali pelanggan memiliki kondisi yang tidak memungkinkan untuk datang ke agen terdekat. Meminta ojek online untuk mengantarkan paket ke agen JNE bisa saja dilakukan tapi akan ada biaya tambahan yang cukup besar.

Umumnya, kondisi yang tak memungkinkan pelanggan datang langsung ke JNE adalah karena sakit atau banyak pesanan yang harus dikirim tapi tidak mempunyai kendaraan untuk membawanya. Supaya bisa memanfaatkan layanan jemput paket dengan maksimal, ikuti informasi dan cara kirim paket dari rumah di bawah ini.

Cara Mengirim Paket JNE dari Rumah

Cara Memilih Jenis Paket JNE yang Tepat untuk Kebutuhan Pengiriman

Ada 2 macam layanan jemput paket JNE dari rumah yang bisa dimanfaatkan, yaitu untuk pribadi dan untuk toko di marketplace. Masing-masing layanan hanya membutuhkan langkah yang mudah.

Berikut adalah cara mengirim paket JNE dari rumah yang mudah dilakukan.

1. Cara Mempersiapkan Paket JNE

Sebelum mengajukan permintaan kepada JNE untuk menjemput, paket harus dipersiapkan lebih dahulu agar kurir tidak menunggu. Jika paket belum siap, kurir akan memasukkan permintaan tersebut ke dalam status gagal jemput dan akan dijadwalkan ulang. Ini berarti paket akan lebih lama lagi sampai ke tujuan.

Berikut persiapan cara mengirim paket JNE dari rumah yang harus dilakukan:

  1. Baca syarat dan ketentuan paket di laman JNE.
  2. Kemas paket sesuai isinya. Jika kemasan terlalu longgar, isi dengan kertas bekas agar barang tidak mudah terguncang dan rusak.
  3. Beri perhatian khusus pada barang-barang yang mudah pecah dengan menambah bubble wrap atau styrofoam sebelum membungkusnya dengan kardus. Untuk barang-barang yang lebih rapuh harus menggunakan kotak kayu atau palet.
  4. Tutup semua celah dengan lakban.
  5. Tulis alamat penerima dengan jelas, termasuk nomor ponsel penerima.
  6. Timbang dan ukur volume kemasan. Jika volume lebih besar dari berat, maka harga akan mengikuti volume.
  7. Cek harga pengiriman di laman JNE.

Baca juga: Cara Memilih Jenis Paket JNE yang Tepat untuk Kebutuhan Pengiriman

2. Cara Kirim Paket JNE untuk Kepentingan Pribadi

Pelanggan JNE pasti sering melihat nomor WhatsApp yang ditempelkan pada counter penerimaan paket di agen atau cabang JNE. Sebaiknya, catatlah nomor tersebut untuk berjaga-jaga jika suatu saat membutuhkan layanan lain.

Nomor WhatsApp yang ditempelkan tersebut adalah nomor layanan yang berbeda-beda di tiap agen. Nomor tersebut tidak hanya dapat digunakan untuk menanyakan status pengiriman barang, tapi juga bisa digunakan untuk melakukan permintaan jemput paket di rumah.

Harga layanan tergantung isi paket yang akan dikirimkan. Karena itu, lakukan persiapan seperti di atas agar bisa menjawab pertanyaan-pertanyaan peagawai JNE seputar paket tersebut.

3. Cara Mengirim Paket JNE dari Rumah untuk Toko di Marketplace

Layanan pick up sudah lama dikenal di marketplace. Layanan ini membantu usaha kecil agar tidak perlu pusing memikirkan pengiriman. Terlebih jika usahanya maju atau sedang masa promo yang membuat pesanan melonjak. Dengan adanya layanan pick up, pemilik toko cukup memusatkan energi dan perhatiannya pada pemenuhan pesanan.

Cara kirim paket di Shopee misalnya, sudah lama diperkenalkan kepada para pemilik toko. Begitu pula dengan marketplace lain.

Dikutip dari konten edukasi Shopee untuk seller, cara mengirim paket JNE dari rumah adalah sebagai berikut:

  1. Memasukkan pilihan kurir JNE Reguler pada JNE Express dalam pengaturan akun toko online di Shopee.
  2. Pada pilihan kurir tersebut masih ada pilihan berikutnya, yaitu pilih cashless.
  3. Nantinya setiap ada pesanan masuk yang memilih pengiriman menggunakan JNE Reguler, akan ada pilihan pick up atau antar ke counter. Pilih pick up.

Pembeli juga bisa memonitor pilihan pick up tersebut sehingga bisa mengetahui bahwa kadang pengiriman terlambat bukan karena paket belum dijemput, melainkan paket belum siap ketika dijemput. Layanan ini memberikan dampak yang cukup baik bagi semua pihak.

Untuk layanan tersebut, pengelola toko tidak perlu menginformasikan apa-apa karena seluruh informasi tentang paket tersebut, termasuk isi, berat, ukuran, alamat penerima dan spesifikasi khusus lainnya telah diketahui dari data yang dimasukkan oleh pengelola toko di etalase milikinya pada marketplace yang bersangkutan.

Baca juga: Mengenal Status Pengiriman Paket JNE dari Awal Hingga Akhir

Demikianlah panduan langkah-demi-langkah tentang cara mengirim paket JNE dari rumah. Dengan cara yang cukup mudah tersebut, pelanggan dapat mengirim paket menggunakan layanan JNE tanpa harus pergi ke kantor cabang.

Exit mobile version