Panduan Lengkap Cara Mengirim Paket lewat JNE bagi Pemula

JNEWS – Ada banyak perusahaan ekspedisi yang menyediakan ragam layanan untuk memudahkan konsumen dalam mengirimkan barang, JNE salah satunya. Sebagai perusahaan ekspedisi terbesar dan tepercaya di Indonesia, ada sejumlah cara mengirim paket lewat JNE bagi pemula yang mudah dilakukan.

Meningkatnya kegiatan pengiriman paket beberapa tahun belakangan ini tidak lepas dari bergesernya kebiasaan berbelanja masyarakat dari offline ke online. Oleh karena itu penggunaan jasa pengiriman paket pun semakin dibutuhkan.

PT TIKI Jalur Nugraha Ekakurir (JNE) populer di masyarakat sebagai perusahaan jasa pengiriman yang memiliki layanan serta produk terbaik untuk berbagai keperluan. Mau kirim paket, dokumen, antar daerah, internasional hingga membantu pengiriman produk UMKM, lengkap tersedia di JNE.

Tak hanya itu saja, JNE pun dikenal dengan layanan pengiriman cepat, aman dan tepat waktu. Tidak mengherankan JNE dijadikan pilihan utama baik dari perusahaan, pebisnis online shop, seller hingga masyarakat umumnya.

Cara Mengirim Paket lewat JNE bagi Pemula, Mudah dan Praktis

Ternyata, walaupun nama JNE sudah termasyhur hingga ke pelosok daerah, masih ada yang belum tahu cara mengirim paket lewat JNE bagi pemula. Umumnya, masih banyak yang merasa bingung, bagaimana cara pengemasan hingga mengirimkan paketnya ke JNE.

Tidak perlu khawatir, berikut ini cara mengirim paket lewat JNE bagi pemula yang praktis dan mudah.

Cara Memilih Jenis Paket JNE yang Tepat untuk Kebutuhan Pengiriman

1. Menyiapkan Barang yang Akan Dikirim

Langkah pertama adalah menyiapkan barang yang akan dikirim. Perlu pastikan bahwa barang yang akan dikirim tidak melanggar peraturan JNE. Berikut beberapa barang yang tidak bisa dikirimkan melalui JNE yaitu:

Sebelum mengemas, pastikan barang tersebut tidak masuk di daftar di atas.

Baca juga: Kesalahan yang Umum Terjadi dalam Cara Bungkus Paket JNE yang Perlu Diketahui

2. Packing Paket dan Tulis Alamat Jelas

Bungkuslah dengan rapi misalnya menggunakan kardus atau kertas koran agar paketnya tidak mudah rusak selama proses pengiriman. Berikut ini cara mengemas paket dengan rapi dan aman yaitu:

Setelah paket selesai dikemas dengan rapi, tuliskan alamat penerima yang jelas. Hal ini untuk menekan risiko paket telat tiba di tempat tujuan. Untuk alamat penerima sebaiknya melengkapi empat hal ini yaitu:

Apabila tidak memiliki kardus yang sesuai atau ada kegiatan tidak bisa ditunda, bisa menggunakan fasilitas packaging center yang tersedia di berbagai kantor JNE. Namun, pastikan menghubungi terlebih dahulu kantor JNE terdekat untuk menanyakan fasilitas ini tersedia atau tidak.

3. Cari tahu Informasi Tarif

Sebelum mengirimkan paket, sebaiknya ketahui terlebih dahulu tarif yang akan dibayarkan. Karena hal ini menyangkut bujet yang akan dikeluarkan dan berapa lama paket akan tiba.

Berikut cara untuk mengetahui tarif yang dikutip dari website resmi JNE yaitu:

Sebagai contoh paket akan dikirimkan dari Jakarta ke Solo, maka akan muncul:

Ada beragam produk dan variasi harga yang ditampilkan, jadi bisa menyesuaikan dengan kebutuhan.

4. Informasi Produk JNE

Cara mengirim paket lewat JNE bagi pemula akan cukup membingungkan dengan kode-kode di atas. Kode tersebut merupakan kode layanan JNE. Supaya lebih pasti memilih layanan sesuai kebutuhan, berikut penjelasannya.

5. Datang ke Kantor JNE

Setelah mengemas paket dengan rapi, menuliskan alamat dengan detail dan mengecek informasi produk serta tarif, berikutnya adalah mendatangi kantor JNE terdekat. Untuk memudahkan bisa mencari lokasi kantor JNE melalui Google Maps. Cara lain adalah dengan mengecek di website resmi JNE.

6. Menjawab Pertanyaan Petugas

Paket yang dibawa selanjutnya diserahkan ke petugas JNE. Pengirim wajib menjawab pertanyaan petugas dengan detail dan jujur terkait isi paket yang akan dikirimkan. Apabila sudah menuliskan alamat jelas di paket, petugas tidak akan meminta mengisi formulir.

7. Membayar Tarif Sesuai Produk yang Dipilih

Umumnya petugas JNE akan memberitahu beragam produk yang bisa digunakan untuk mengirimkan paket tersebut beserta tarif yang mesti dibayarkan. Pilih salah satu produk dan lakukan pembayaran.

8. Menerima Resi

Setelah melakukan pembayaran baik cash maupun dengan uang digital, pengirim akan menerima resi. Simpan resi tersebut karena akan digunakan untuk melacak posisi paket. Dengan resi tersebut juga bisa untuk klaim apabila paket yang dikirimkan mengalami kerusakan, tidak terima sesuai kesepakatan waktu atau hilang.

Baca juga: Panduan Lengkap Cara Mudah Mengirim Paket JNE dari Rumah

Cara mengirim paket lewat JNE bagi pemula tentunya tidak terlalu menyulitkan. Apalagi sekarang ini produk dan layanan JNE makin ditingkatkan sehingga pengirim bisa mengirim paket menyesuaikan bujet serta tidak khawatir telat tiba di tujuan.

Exit mobile version