Cara Mengolah Daging Kambing Agar Tidak Bau dan Alot

Cara mengolah daging kambing di hari raya idul adha 1442 H

Pada hari ini, Selasa 20 Juli 2021, seluruh umat muslim di Indonesia merayakan hari raya Idul Adha 2021 atau 1442 H. Kami pun dari Jnewsonline mengucapkan selamat merayakan Hari Raya Idul Adha 1442 H bagi kalian yang merayakan. Nah, kamu sudah tahu belum cara mengolah daging kambing agar empuk dan tidak bau prengus?

Bicara mengenai Idul Adha, pastinya selalu identik dengan daging korban. Nah, di antara sejumlah hewan peliharaan yang boleh dikorbankan atau disembelih, kambing menjadi yang paling banyak. Ya, hal ini karena harga kambing memang lebih murah ketimbang sapi.

Ada banyak sekali olahan masakan yang terbuat dari daging kambing, seperti digulai, ditongseng, dibuat sup, dan bermacam-macam. Meski demikian, mengolah daging kambing tidak semudah mengolah daging sapi.

Mengolah daging kambing memerlukan tips khusus agar daging kambing tidak bau pregus. Tak hanya itu, tekstur daging kambing juga lebih keras dibanding daging sapi, sehingga tidak sedikit dari masyarakat yang enggan untuk mengolah daging yang satu ini.

Nah, meski demikian, jangan khawatir. Kami akan berikan tips cara mengolah daging kambing agar bisa menjadi masalan yang enak buat hari raya Idul Adha 2021 kalian nanti!

Cara Mengolah Daging Kambing Biar Enak dan Enggak Bau

1. Jangan dicuci

Normalnya daging apapun itu pasti akan dicuci terlebih dahulu kan sebelum dimasak? Tapi hal ini tidak berlaku untuk daging kambing. Mencuci daging jenis ini justru akan membuat tekstur daging menjadi lebih alot dan juga bau prengus atau amisnya akan semakin tajam. Untuk membersihkannya, kamu bisa langsung merebusnya dengan air mendidih dan buang air rebusan tersebut setelah selesai.

2. Taburi garam

Tips mengolah daging kurban berikutnya adalah dengan menaburi garam. Suka atau tidak, garam memiliki fungsi untuk mengeluarkan kelembapan daging dan menciptakan air garam yang alami. Selain itu, garam juga akan membantu menarik rasa dan bau prengus dari daging tersebut dan apabila direndam dengan waktu yang cukup lama bisa membuat daging empuk.

3. Baluri parutan nanas

Cara mengolah daging kambing berikutnya yang tidak kalah berfungsi adalah jangan lupa untuk membaluri daging dengan parutan buah nanas. Fungsinya hampir mirip dengan garam, di mana baluran buah nanas akan menghilangkan aroma amis dan juga membantu melunakkan tekstur daging yang alot. Kamu bisa merendam daging dengan parutan nanas selama kurang lebih setengah jam sebelum diolah. Jangan terlalu lama, karena bisa menghancurkan tektur dari daging itu sendiri.

Baca Juga: Ayo Berkurban di Idul Adha 1442 H Ketika Pandemi Covid-19

4. Bungkus dengan daun pepaya

Di rumah tidak ada buah nanas? Coba deh mampir ke kebun sebelah untuk memetik daun pepaya. Daun pepaya juga bisa dimanfaatkan untuk melembutkan daging lho. Enzim dari daun pepaya akan menjadikan daging empuk sekaligus mengatasi bau amis yang dikeluarkan oleh daging tersebut. Dengan membungkus daging menggunakan daun pepaya, kamu bisa menyimpan daging semalaman di dalam kulkas.

5. Buang lemaknya

Buat kamu yang tidak suka dengan lemak, kamu bisa menyingkirkan lemak pada daging sebelum diolah. Konon katanya bauk amis dihasilkan dari lemak tersebut. Untuk mempermudah kamu mengiris daging dan memisahkan lemak, sebaiknya dibekukan terselebih dahulu di dalam freezer.

Baca Juga: Libur Idul Adha, Polisi Dirikan 1.065 Titik Penyekatan Sepanjang Lampung-Bali

Exit mobile version