Cara Menulis Alamat dengan Benar agar Paket Aman Sampai di Tujuan

Cara menulis alamat dengan benar memerlukan keterampilan dan ketelitian yang akurat agar kiriman paket dapat sampai dengan tujuan dengan tepat dan cepat. Tak jarang terjadi kasus kurir atau ekspedisi pengiriman yang salah menyerahkan paket karena pengirim salah mencantumkan alamat. Karena itu, ada baiknya pengirim menulis alamat dengan lengkap dan jelas agar dapat dipahami kurir dengan baik.

Bahkan, jauh lebih baik jika menulis alamat sesuai dengan aturan penulisan bahasa Indonesia yang baik dan benar. Penulisan alamat dengan benar akan menambah potensi akurasi ketepatan dalam pengiriman barang. Apalagi jika mengirim barang ke luar kota atau bahkan ke luar negeri. Menulis alamat dengan sembrono dapat berisiko kiriman salah sasaran tujuan atau bahkan hilang. 

Cara Menulis Alamat Lengkap dan Benar

Cara Menulis Alamat dengan Benar agar Paket Aman Sampai di Tujuan

Pengiriman paket atau menerima paket di era ini merupakan aktivitas yang sering dilakukan oleh siapa pun. Baik bagi pelaku usaha, konsumen, maupun keperluan lainnya, termasuk untuk keperluan pribadi. Misalnya untuk mengirimkan oleh-oleh atau bingkisan antarteman. 

Paket kiriman bisa sampai tujuan sesuai perkiraan waktu apabila penulisan alamat tujuan pengiriman sesuai standar ekspedisi. Penulisan alamat yang sesuai standar akan mempermudah kurir yang mengantar dan menguntungkan bagi sang penerima paket, karena paket bisa tiba di alamat yang benar tepat waktu.

Selain alamat pengiriman yang ditulis dengan tepat, penulisan juga harus dilakukan dengan rapi agar kurir dapat membaca dan memahami alamat tujuan yang tertera. 

Adapun, format penulisan alamat tujuan untuk label yang menempel di barang kiriman umumnya mencakup nama penerima paket, alamat tujuan (rumah/kantor penerima), dan nomor telepon penerima. Informasi tersebut diperlukan akan ketika kurir tidak dapat bertemu dengan penerima, maka dapat langsung menghubungi lewat nomor yang tertera di label tersebut. Kurir pun dapat menginformasikan keterlambatan paket atau masalah lainnya. 

Baca juga: Kirim Paket Berukuran Jumbo Ada Tipsnya, UMKM Wajib Catat

Format Penulisan Alamat Paket

Setelah mencantumkan nama dan kontak penerima, penulisan informasi dalam label barang kiriman juga disertai alamat lengkap. Berikut cara menulis alamat dengan benar:

1. Nama Jalan

Penulisan nama jalan biasanya berada di paling awal untuk mengarahkan kurir terkait jalan yang akan dilintasi untuk mencapai alamat pengiriman. Pastikan tidak ada singkatan dalam penulisan nama jalan, bahkan penulisan kata ‘jalan’ pun sebaiknya jangan disingkat menjadi ‘Jl’.  

2. Keterangan Kawasan Tempat Tinggal

Format ini memegang kunci paling penting dalam tata cara menulis alamat dengan tepat. Tulis nama kawasan seperti nama perumahan, kompleks, gang, atau nama kampung yang dituju. Lalu, berikan keterangan nomor RT/RW dan nomor rumah dengan lengkap. 

3. Kelurahan/Desa, Kecamatan, Kota/Kabupaten

Setelah mencantumkan alamat kawasan hingga nomor rumah dengan lengkap, lanjutkan dengan nama kecamatan dari alamat tujuan, termasuk kota/kabupaten yang dituju. Jangan lupa untuk menambahkan nama provinsi agar alamat pengiriman lebih lengkap. 

4. Kode Pos

Angka kode pos juga merupakan elemen terpenting untuk mempermudah proses pengiriman paket. Sebab, kurir akan memeriksa terlebih dahulu kode pos untuk menentukan lokasi pengantaran. Maka, pastikan kamu menulis angka kode pos dengan tepat dan sesuai daerah tempat tujuan.

5. Negara 

Umumnya, penulisan nama negara diperlukan untuk pengiriman paket ke luar negeri. Tuliskan negara yang dituju untuk pengantaran paket. Nama negara ditulis dengan huruf kapital di bawah kode pos. 

Contoh Cara Menulis Alamat 

Contoh 1

Nama Penerima: Wahyu Aryanto

Nomor HP: 0818065900

Alamat: Jalan Mangga Dua III No. 36, RT 09 RW 01, Kelurahan Bedali, Kecamatan Lawang, Kab. Malang, Jawa Timur, 65483

Contoh 2

Nama Penerima: Nur Cahya Adikusumo

Nomor HP: 08154798650

Alamat: Apartemen Mansion City Lantai 7 No. 32, Jalan Rumput Hijau Kav. 18, Matraman, Jakarta Timur, 13120

Contoh 3

Nama Pengirim: Amanda Riyanti

Nomor HP: 08876371927

Alamat: Perumahan Elite, Jalan Vena Jati 20, RT 08 RW 10, Kelurahan Umbulrejo, Kecamatan Bumi Waras, Kota Malang, Jawa Timur, 34249

Contoh 4

Nama Pengirim: I Made Sharman

Nomor HP: 087893625034

Alamat: Jalan Diponegoro No. 20, Perumahan Graha Indah,

Kecamatan Kuta Selatan, Kabupaten Badung,

Denpasar Selatan, 80232

Indonesia

Contoh 5

Nama Penerima: Miss Maria Rodriguez

Nomor HP: +1 948 365 002

Alamat Penerima: 135 Main Street Los Angeles, CA 90001

United States of America

Baca juga: Begini Cara Kurir Antar Paket sampai Alamat Tujuan

Nah, cara menulis alamat dengan benar itu mudah diterapkan jika kamu mau lebih teliti dan telaten dalam penulisan dan mencantumkannya di barang kiriman. Bagaimana, mudah bukan?

Exit mobile version