Begini Cara Menurunkan Berat Badan Alami Gaes!

tips menurunkan berat badan untuk yang gemuk

Berat badan yang ideal merupakan dambaan bagi setiap orang. Bagi orang yang terlalu kurus, maunya gemukin badan. Tapi bagi orang yang memiliki berat badan berlebih atau gemuk, mereka lantas gencar mencari cara menurunkan berat badan dalam waktu singkat.

Di samping memiliki penampilan yang menaril, berat badan yang ideal juga aman bagi kesehatan. Terutama buat kamu yang memiliki berat badan berlebih, ada bahaya kesehatan yang mengancam, di antaranya tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi, dan penyumbatan arteri. Jika dibiarkan, ketiganya bisa berisiko menyebabkan penyakit jantung.

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk menurunkan berat badan. Tapi, kamu juga tidak perlu terlalu ekstrim untuk melakukan diet yang berlebihan. Ada cara menurunkan berat badan alami yang aman untuk kesehatan. Penasaran? Baca terus artikel di bawah ini ya!

Baca Juga: Cara Gemukin Badan yang Mudah dan Alami

Tips Menurunkan Berat Badan

1. Banyak minum air putih

Memperbanyak konsumsi air putih bagus untuk kesehatan. Di samping itu, perbanyak minum air putih juga bisa lho bantu menurunkan berat badan, terutama sebelum makan. Pasalnya kalau banyak minum air putih bisa membantu kamu untuk cepat kenyang, sehingga porsi makan kamu bisa berkurang.

2. Jangan lewatkan sarapan

Banyak dari mereka yang menjalani diet tanpa sarapan di pagi hari. Hal tersebut menurut sebagian pakar dirasa salah. Justru sarapan pagi merupakan bagian dari cara menurunkan berat badan alami. Mengapa? Karena dengan sarapan menu bergizi akan mengurangi keinginan kamu untuk nyemil dan makan siang dengan porsi yang banyak.

3. Makan dalam porsi yang sedikit

Kalau kamu termasuk orang yang makan dengan porsi yang besar, sebaiknya dikurangi. Salah satu metode untuk menurunkan berat badan adalah dengan mengonsumsi makanan dalam porsi yang sedikit. Tentu saja untuk bisa terbiasa makan dalam porsi yang sedikit butuh waktu dan perlahan-lahan. Salah satu siasatnya bisa dengan menggunakan piring atau mangkuk yang kecil sehingga porsi makanan terlihat penuh.

Baca Juga: Ketahui Penyebab Kolesterol Jahat Tinggi Sebelum Fatal

4. Perbanyak konsumsi sayuran

Metode berikutnya yang banyak dianjurkan oleh para pakar adalah perbanyak konsumsi sayuran dan buah-buahan. Tidak hanya bagus untuk menurunkan berat badan, banyak mengonsumsi sayur dan buah juga bagus bagi tubuh karena mengandung banyak sekali gizi. Kurangi makanan berlemak dan ganti dengan sayuran sebagai asupan makanan rendah kalori.

5. Rutin berolahraga

Langkah berikutnya yang tidak kalah penting selain menjaga pola makanan adalah berolahraga. Olahraga dapat membakar kalori dan lemak dari makanan yang kamu konsumsi. Tidak perlu diforsir dalam melakukan olahraga, seperti latihan selama 200-300 menit selama seminggu atau bila dibagi menjadi 30 menit dalam sehari. Ada banyak jenis olahraga yang bisa kamu lakukan buat kamu yang gemuk, seperti jalan santai, jogging, sepeda santai, hingga lari. Bisa juga ke tempat gym.

6. Tidur cukup

Menurut sejumlah pakar, tidur yang kurang cukup dapat membuat berat badan naik dan bikin gemuk. Sebab, kurang tidur akan memicu produksi hormon ghrelin yang akan merangsang nafsu makan. Jika sudah demikian, maka rasa lapar akan melanda kamu yang akan berakibat pada naiknya berat badan atau gemuk.

Baca Juga: 5 Cemilan Sehat Buat Kamu yang Ingin Hidup Sehat

Exit mobile version