Cara Pertamina Latih Keterampilan Warga Lapas di Yogyakarta

Bengkel PErtamina di Lapas Cebongan

 

Pertamina bersama dengan Kementerian Hukum dan HAM meresmikan program entreneurship di bidang perbengkelana. PT Pertamina Lubricants (PTPL) melalui wilayah Sales Region IV kembali meresmikan Bengkel Enduro Sahabat Lapas di Lapas II B Sleman (Cebongan) Jawa Tengah.

Adapun peresmian Bengkel Enduro Sahabat Lapas ini merupakan suatu pencapaian yang tercatat di Kementerian Hukum dan HAM Republik Indonesia khususnya wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta.

BACA JUGA : Terus Tumbuh di Silangit, JNE Sebut UMKM Adalah Kunci!

Enduro Sahabat Lapas merupakan program CSV antara PTPL dengan Lapas IIB Sleman yang sudah terbentuk sejak tahun 2021. Program sinergi ini bertujuan meningkatkan keterampilan kerja bidang perbengkelan kendaraan bermotor, kemampuan mekanik, dan memberdayakan jiwa kewirausahaan khususnya bagi Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) sebagai bekal kemandirian setelah bebas dari Lapas nanti untuk menjadi manusia mandiri dan siap bersosialisasi kembali di tengah masyarakat.

“Enduro Sahabat Lapas adalah bentuk tanggung jawab dan kepedulian kami kepada komunitas dan masyarakat di mana kami beroperasi. Harapannya adalah program in mampu menciptakan kesempatan kedua bagi WBP dan membuka lapangan pekerjaan baru dengan semangat yang tinggi di dunia otomotif khususnya perbengkelan,” ujar Sales Region Manager IV PTPL Komang Wira Kardita.

PTPL memberikan dukungan program antara lain seperti pelatihan mekanik serta pemberian bantuan modal dan sarana pelayanan bengkel untuk WBP (sebagai salah satu upaya pembinaan dalam mempersiapkan keterampilan kerja pasca masa tahanan selesai).

BACA JUGA : UMKM dan Pengusaha Logistik yang Pakai Daihatsu Gran Max Harap Segera ke Bengkel

Sebelum peresmian bengkel ini, program sudah dijalankan sejak 16 November 2021, dan selama 2 minggu, para WBP menerima pelatihan dari IPTTI (Institusi Pengembangan Teknologi Terapan Indonesia) Jogja mengenai ilmu mekanik dan servis ringan. Dengan resmi dibukanya bengkel ini, akan ada enam WBP yang siap untuk mengoperasikan bengkel.

Exit mobile version