Cara Reset iPhone yang Benar dan Mudah

Cara Reset iPhone – iPhone lamamu sudah mulai minta diganti dan ingin kamu jual? Ada baiknya, sebelum kamu jual kamu musti reset iPhone milikmu terlebih dahulu. Reset atau mengatur ulang sebuah perangkat smartphone dalam kondisi pengaturan awal atau pabrik menjadi hal yang wajib kamu lakukan ketika ingin menjual smartphone.

Mengapa demikian? Hal ini dilakukan untuk menghindari terjadinya penyebaran data yang ada di dalam perangkat smartphone milikmu. Kamu tentu tidak ingin bukan data yang sifatnya pribadi dan sensitif diketahui oleh orang yang membeli smartphone kamu?

Dengan melakukan reset pada perangkat iPhone, otomatis perangkat akan kembali dalam kondisi awal atau seperti ketika kamu pertama kali membeli iPhone. Nah, selain berguna ketika ingin kamu jual, reset iPhone biasanya juga dilakukan untuk menyegarkan kembali iPhone lamamu atau dengan kata lain kamu akan merasakan pengalaman menggunakan layaknya iPhone baru.

Namun, pastikan sebelum melakukan reset, kamu back-up data kamu terlebih dahulu. Pasalnya ketika iPhone sudah di-reset, maka data-data tersebut otomatis secara permanen akan hilang.

Ada dua jenis reset iPhone, yakni soft reset dan hard reset. Berikut akan kami informasikan lebih lanjut lewat poin di bawah ini!

Baca Juga: Ini Cara Menghapus History Google di HP Android

Cara Reset iPhone Soft Reset

Soft reset pada iPhone biasanya dilakukan pada saat perangkat milikmu eror atau berhenti dan tidak dapat berjalan. Reset yang satu ini tidak bakal menghapus semua data yang ada di dalam perangkatmu. Cara ini hanya untuk me-restart atau reboot iPhone agar bisa dipakai lagi ketika hang. Berikut caranya:

  1. Tekan tombol Home dan Sleep secara bersamaan, lalu tahan selama 10 detik
  2. Jika sudah nantinya layar iPhone akan berwarna hitam selama beberapa saat
  3. Ketika layar sudah berwarna hitam, maka kamu bisa lepaskan jarimu dari kedua tombol tadi
  4. Nantinya akan muncul logo Apple di layar iPhone yang menandakan proses restart sedang berlangsung
  5. Pastikan proses tersebut jangan kamu ganggu gugat ya, sampai nantinya perangkat akan kembali lagi ke halaman utama

Cara Reset iPhone Hard Reset

Kalau cara pertama tadi untuk mengakali iPhone yang hang atau eror, berikut ini adalah hard reset buat kamu yang ingin menghapus data secara permanen ketika ingin menjualnya atau menyegarkan kembali. Sekali lagi, perlu diingat bahwa jangan lupa back-up data terlebih dahulu melalui iCloud dan iTunes. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Masuk ke menu ‘Setting’ iPhone-mu
  2. Pilih ke bagian ‘General’
  3. Pilih menu ‘Reset’
  4. Klik ‘Erase All Content and Settings
  5. Nantinya akan muncul kotak peringatan terkait semua data akan terhapus saat reset iPhone
  6. Kamu bisa melanjutkan dengan memasukkan Apple ID sebagai konfirmasi
  7. Tunggu selama beberapa saat, hingga proses berjalan lancar

Baca Juga: Cara Mematikan Windows Update di Windows 10 Mudah

Cara Reset iPhone dari PC

cara reset iPhone dari PC restart

Cara di atas merupakan cara reset iPhone langsung dari perangkat. Kamu juga bisa lho mengatur ulang iPhone ke pengaturan awal melalui latop atau PC. Keunggulan dari metode ini adalah nantinya sistem akan dipulihkan dengan sistem versi terbaru berikut juga perangkat lunaknya.

Untuk melakukan metode ini, pastikan kamu menggunakan laptop atau PC dengan sistem operasi Windows atau MacOS terbaru. Pastikan juga untuk mengunduh aplikasi iTunes terbaru untuk Windows dan versi MacOS yang lebih lawas dari Mojave 10.14.

Jangan lupa untuk menonaktifkan Find My iPhone terlebih dahulu. Caranya adalah pergi ke menu ‘Settings’ > ‘Nama Pengguna’ > ‘iCloud’ lalu ketuk menu ‘Find My iPhone’. Jika sudah, berikut langkah-langkahnya:

  1. Buka aplikasi iTunes (dari WIndows dan MacOS versi lawas) atau Finder untuk versi MacOS yang lebih baru dari Catalina 10.15
  2. Hubungkan perangkat ke PC menggunakan kabel, lalu masukkan kata sandi jika diminta
  3. Pilih perangkat iPhone yang dimaksud
  4. Pilih menu ‘Restore (Nama Perangkat)
  5. Tekan tombol ‘Restore’ untuk konfirmasi

Agar proses ini berhasil, pastikan PC atau komputermu tersambung dengan koneksi internet yang bagus. Selamat mencoba!

Baca Juga: Di Rumah Aja, Gini Cara Bayar Pajak Kendaraan Online

Exit mobile version