Cara Simpan Ketupat Sisa Lebaran Biar Tetap Aman Disantap

 

Bukan rahasaia lagi bila selama Lebaran akan banyak makan yang tersisa di rumah. Salah satunya hidangan khas yang jadi menu utama, yakni ketupat.

Namum saking banyaknya ketupat yang dibuat, belum lagi kiriman dari para saudara dan tetangga, maka menyisahkan jumlah yang tak sedikit. Banyak diantara masyarakat yang khawatir bila tersisa akan basi.

Tentu hal tersebut sangat memungkinkan, apabila disimpan dengan cara yang tidak tepat dengan jangka waktu yang cukup lama. Tapi tidak bila caranya benar, ketupat masih tetap aman untuk disantap meski berhari-hari.

BACA JUGA : Pilihan Hampers Lebaran 2022, Dari Makanan sampai Wewangian

tips memasak ketupat lebaran idulfitri 1442 H

Untuk langkah membuat ketupat yang baik dan benar, bisa dilakukan dengan beberapa cara, yakni :

1. Kulkas

Simpan ketupat yang tersisa di lemari pendingna alias kulkas. Letakan di bagian freezer atau chiller agar bisa tahan lebih lama, dan pastikan ketupak dalam kondisi kering atau tidak basah.

2. Memanaskan

Saat akan disantap, perhatikan proses pemanasannya, jangan berlebihan. Disarankan menghangatkan ketupat secukupnya saja agar kualitas ketupat tetap baik dan tidak mudah berlendir.

BACA JUGA : Tips Memasak Ketupat Supaya Cepat Matang

3. Plastik

Cara klasik yang ini juga cukup ampuh, yakni menyimpang ketupat di dalam kantung pelastik. Tapi sebelumnya diikat, pastikan kondisinya sudah kedap udara, baru masukan ke dalam kulkas.

Salah satu kelabihan memasukan ketupat ke plastik sebelum diletakan di kulkas adalah untuk menghindari terkontaminasi bau-bau dari makanan lainnya.

 

Exit mobile version