Cara Unik Menikmati Keindahan Candi Borobudur

tips menikmati keindahan candi borobudur

Ke Jogja nggak ke Candi Borobudur? Wah sama aja kayak makan sayur tanpa garam tuh. Kalau kamu bosan melihat Candi Borobudur, ada lho beberapa cara menikmati keindahan Candi Borobudur dengan cara yang tidak biasa.

Sekilas mengenai Candi Borobudur. Kali aja kamu sudah lupa nih. Candi ini merupakan bangunan yang didirikan pada masa Dinasti Syailendra ini. Pada masa itu, candi ini dikenal sebagai salah satu candi agama Budha termegah di dunia.

Baca Juga: Vino G. Bastian Pamer Staycation di Suwatu Villa Jogja, Kayak Apa Sih?

Saking megahnya nih, candi ini masuk sebagai salah satu tujuh kejaiban yang ada di dunia. Nggak hanya itu, candi yang dibangun pada abad ke-7 ini juga ditetapkan sebagai salah satu warisan kebudayaan yang ada di dunia (world heritage) oleh organisasi UNESCO.

Kayaknya udah cukup deh basa-basi mengenai Candi Borobudur. Buat kamu yang ada rencana mau ke Jogja, berikut cara menikmati keindahan yang nggak biasanya di Candi Borobudur!

Menikmati Sunrise atau Sunset

Ada yang tahu nggak, kalau Candi Borobudur menjadi salah satu spot menarik di Jogja untuk menikmati pemandangan saat matahari terbit (sunrise) dan matahari terbenam? Nah, ini makanya kami kasih tahu. Daripada cuma jalan-jalan melihat situs bersejarah, yang mungkin kalian juga udah pernah, mending nyobain ngeliat sunrise dan sunset.

Dijamin bisa jadi stok foto yang keren buat diunggal ke media sosial. Gimana caranya sih? Gampang, pertama kamu butuh tiket khusus. Tiket ini beda ya dengan tiket masuk. Cara dapetinnya kamu harus beli di Hotel Manohara yang letaknya di sekitaran komplek candi. Harganya sih sekitar Rp350 ribuan kalau nggak salah. Tapi, sepadan kok.

Sepedahan keliling kompleks

Siapa di antara kamu yang hobi sepedahan? Hayooo..udah pernah belum sepedahan di kompleks Candi Borobudur? Kalau belum, cobain deh. Dijamin seru! Wisata gowes yang satu ini juga menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang berkunjung ke Candi Borobudur.

Caranya cukup kunjungi penyedia jasa yang ada di sekitar Candi Borobudur. Nanti tinggal pilih deh harga paket yang ditawarkan dan juga rute yang tersedia. Kamu bisa mengunjungi Kampung Wisata Borobudur unuk menemukan berbagai aktivitas menarik, seperti melihat kesenian, produk lokal, pemandangan alam yang indah, artefak candi, dan sebagainya.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Nasi Goreng Enak di Jogja

Festival pelepasan lampion

Nah, kalau yang satu ini kamu harus datang pada bulan Mei, atau tepatnya pada saat haru raya umat Buddha. Festival Lampion ini termasuk yang terkenal lho, bahkan hingga ke mancanegara. Tak heran, turis-turis asing banyak berdatangan ketika festival ini digelar. Buat apa? Ya buat foto-foto.

Ratusan lampion akan diterbangkan dari Candi Borobudur. Bagi umat Buddha, pelepasan lampion ini memiliki makna melepaskan segala hal negatif yang ada di dalam diri dan digantikan dengan kesucian. Selain menghadirkan wisata yang religius, pelepasan lampion ini juga menjadi daya tarik bagi fotografer. Tapi, jangan lupa ya untuk menghormati umat Buddha yang sedang khusyuk beribadah.

Baca Juga: 5 Tempat Makan Malam di Jogja Terbaik, Ada Tempat Makan Cinta dan Rangga

Exit mobile version