Cara Upload Video ke YouTube dan Monetisasi Konten

JNEWS – Cara upload video ke YouTube wajib diketahui jika ingin mengikuti jejak karier Atta dan Thoriq. YouTube tidak hanya membuat keluarga para artis semakin populer, seperti keluarga Anang Hermansyah dan keluarga Raffi Ahmad. YouTube juga telah membuat keluarga biasa memperoleh pendapatan fantastis, seperti Zuni and Family.

Sekarang, siapa pun memiliki peluang untuk sukses sebagai kreator konten. Kreator tidak perlu mendatangi hotel-hotel mewah untuk mendapatkan konten. Mereka dapat melakukan syuting dari dalam rumah yang sederhana, kebun, pinggir jalan hingga pasar. Mereka hanya perlu tampil unik dan mempelajari cara upload video ke YouTube untuk mendapatkan penghasilan dari monetisasi.

Cara Membuat Akun YouTube

Cara Membuat Shorts YouTube yang Menarik dan Viral

Sebelum mempelajari cara upload video ke YouTube, cara membuat akun YouTube dan kanal (channel) harus diketahui lebih dulu. Manfaat akun YouTube antara lain untuk membuat kanal YouTube, like atau subscribe video orang lain, serta melakukan berbagai pengaturan.

Berikut adalah cara membuat akun YouTube:

  1. Buat email atau akun Google.
  2. Buka aplikasi YouTube.
  3. Ketuk kotak foto profil di sudut kanan atas.
  4. Ketuk “Login”.
  5. Ketuk “Tambahkan Akun”.
  6. Pilih “untuk penggunaan pribadi, untuk anak saya atau untuk bisnis saya”.

Jika sudah login tetapi ingin membuat akun baru, maka caranya seperti di bawah ini:

  1. Buka aplikasi YouTube.
  2. Ketuk foto profil di sudut kanan atas.
  3. Ketuk “Setelan”.
  4. Ketuk ikon + untuk menambahkan akun baru.

Baca juga: Cara Membuat Shorts YouTube yang Menarik dan Viral

Cara Membuat Channel YouTube

Setelah memiliki akun YouTube, rangkaian cara upload video ke YouTube dilanjutkan dengan membuat kanal atau channel YouTube. Kanal ini akan menjadi tempat bagi video-video yang telah diunggah dan menyimpan data statistik dari video-video tersebut. Data statistik ini akan digunakan untuk mendaftar monetisasi konten karena harus memenuhi syarat tertentu.

Nama channel pribadi akan ditetapkan secara random oleh YouTube. Sementara untuk keperluan bisnis, nama akun dapat dipersonalisasi.

Berikut adalah cara membuat kanal atau channel YouTube:

  1. “Login” ke akun YouTube.
  2. Ketuk foto profil, biasanya di kanan bawah.
  3. Ketuk “Create a Channel” di bawah nama akun, di bagian atas halaman.
  4. Masukkan nama channel.
  5. Ketuk “Create”.

Cara Upload Video ke YouTube

Setelah memiliki akun dan channel, maka saatnya mempelajari cara upload video ke YouTube. Upload video dapat dilakukan melalui ponsel atau laptop. Video dapat diunggah secara vertikal menggunakan fitur Short untuk durasi 1 menit atau horizontal dengan durasi panjang.

Berikut cara upload video ke YouTube yang wajib dicoba:

  1. Ketuk tanda video dan + di kanan atas jika lewat laptop atau tanda + di bagian tengah bawah jika menggunakan ponsel.
  2. Pilih “Create a Short, Upload Video atau Go live”. Jika memilih “Upload Video” untuk durasi panjang, tetap ada tawaran “Edit into a Short”, yang berarti video akan dipotong.
  3. Pilih video, lalu ketuk “Next”.
  4. Isi kolom Judul (Title), Tambah Deskripsi (Add Description), dan Location.
  5. Pilih Visibility (Public/Private) dan Add to Playlist. Judul Playlist harus dibuat lebih dulu. Jika belum ada, Playlist dapat dibuat setelah video diunggah.
  6. Atur apakah video boleh di-remix dan dikomentari.
  7. Ketuk ikon galeri di kiri atas untuk menambahkan kover video (thumbnail).
  8. Ketuk “Next”.
  9. Jika dibuat untuk anak-anak, pilih opsi Yes, it’s made for kids. Jika tidak, biarkan saja, lalu ketuk “Upload Video” dan tunggu sampai selesai.
  10. Periksa apakah semua informasi sudah benar. Jika belum, informasi tersebut dapat diedit dan diperbaharui. Jangan lupa simpan (Save) jika sudah selesai.

Syarat Monetisasi Video YouTube

Video yang sudah diunggah harus diperiksa kembali keesokan harinya. Jika masih no view, kemungkinan lupa belum diatur untuk Public. Jika sudah diatur untuk Public tetapi tetap no view, berarti harus rajin menyebarkan video yang sudah diunggah serta membuat video baru yang lebih kreatif.

Video yang ditonton banyak orang dapat mendatangkan penghasilan yang cukup besar. Namun ada 2 kelompok syarat monetisasi yang wajib diketahui, yang dikutip dari laman Support Google, yaitu sebagai berikut.

1. Syarat untuk Bergabung

Syarat untuk bergabung dalam YouTube Partner Programme (YPP) atau monetisasi adalah:

  1. Mematuhi kebijakan monetisasi YouTube.
  2. Tinggal di wilayah tempat YPP tersedia.
  3. Tidak ada “Teguran Pedoman Komunitas” di akun tersebut.
  4. Sudah mengaktifkan verifikasi 2 langkah di akun Google.
  5. Memiliki akses ke fitur lanjutan di YouTube.
  6. Membuat akun “AdSense untuk YouTube” di YouTube Studio. Untuk ponsel, aplikasi YouTube Studio harus diinstal tersendiri tapi menggunakan login yang sama dengan akun YouTube.
  7. Tautkan akun AdSense ke channel yang akan dimonetisasi.

2. Syarat Kelayakan

Channel akan mulai mendapat penghasilan jika telah memenuhi syarat kelayakan. Karena itu, aktifkan tombol “Beri tahu jika saya memenuhi syarat” di bagian “Penghasilan” di YouTube Studio. Jika email pemberitahuan sudah didapatkan, maka sudah tiba waktunya mendaftar untuk monetisasi channel YouTube.

Sedangkan syarat kelayakan tersebut adalah:

  1. Mendapatkan 1000 subscribers dengan 4000 jam waktu tonton publik yang valid dalam 12 bulan terakhir, atau
  2. Mendapatkan 1000 subscribers dengan 10 juta penayangan Shorts publik yang valid dalam 90 hari terakhir.

Cara Daftar Monetisasi Video YouTube

Setelah seluruh persyaratan terpenuhi dan email pemberitahuan sudah diperoleh, maka saatnya mewujudkan cita-cita menjadi sultan dengan mendaftar monetisasi channel YouTube. Berikut caranya:

  1. Buka aplikasi YouTube Studio.
  2. Ketuk “Penghasilan”.
  3. Pilih “Daftar Sekarang”.
  4. Ketuk “Mulai” untuk meninjau dan “Setuju” dengan Persyaratan Dasar.
  5. Ketuk “Mulai” untuk menyiapkan akun “AdSense untuk YouTube” atau tautkan dengan akun aktif yang sudah ada.

Pendaftaran ini akan ditinjau YouTube dalam waktu 1 bulan. Jika ditolak, dapat mengajukan banding dalam waktu 21 hari, lalu 30 hari, dan terakhir 90 hari. Jika tetap ditolak, lakukan perbaikan sesuai dengan bantuan petunjuk dari YouTube.

Baca juga: Menjadi YouTuber Sukses seperti Windah Basudara, Ini yang Perlu Dilakukan

Umumnya, YouTuber pemula terkendala oleh persyaratan kelayakan sehingga harus lebih rajin upload video agar banyak ditonton orang. Lebih baik lagi jika bisa viral. Cara upload video ke YouTube di atas bisa sangat menyenangkan jika dinikmati dan dijadikan rutinitas. Seiring dengan pengalaman, serta didukung dengan pembuatan rencana konten dan skrip akan membuat channel YouTube terkonsep dengan baik.

Exit mobile version