7 Aplikasi Terbaik untuk Cari Judul Lagu dengan Cepat dan Mudah

JNEWS – Terkadang lagi duduk di kafe atau jalan di mal terus mendengar lagu yang asyik, tetapi sayangnya tidak tahu judulnya. Mau mendengarkannya kembali pun jadi bingung karena tidak tahu judul dan siapa penyanyinya. Kejadian seperti ini pasti sering dialami oleh banyak orang. Untuk mengakalinya, bisa menggunakan aplikasi cari lagu di ponsel.

Apalagi sekarang ini media sosial ramai dengan unggahan video yang disertai dengan lagu. Ada yang menggunakan lagu dari penyanyi asli, tetapi tidak sedikit yang memodifikasi lagu tersebut. Jadi, ketika mendengarnya hanya tahu lagu tersebut viral tapi bingung judulnya apa.

Hal ini tentunya membuat sulit bagi yang ingin mendengarkannya kembali secara utuh melalui Spotify, melihat movie video-nya di YouTube atau jika ingin membelinya lewat iTunes.

Kini tidak perlu khawatir mencari judul lagu yang diinginkan. Ada sejumlah aplikasi cari judul lagu yang bisa dicoba walaupun tidak tahu liriknya. Caranya sangat mudah! Cukup bergumam atau mendekatkan ponsel di dekat sumber suara maka akan muncul judul lagu beserta penyanyinya.

7 Aplikasi Terbaik untuk Cari Lagu

Cara kerja dari aplikasi cari lagu ini dengan mengambil potongan kecil bentuk gelombang suara yang dinyanyikan. Kemudian, membandingkannya dengan lagu di database aplikasi yang memiliki gelombang serupa.

Lantas, apa saja aplikasinya? Berikut ulasannya.

7 Aplikasi Terbaik untuk Cari Judul Lagu dengan Cepat dan Mudah

1. Shazam

Nama aplikasi ini memang sama dengan salah satu tokoh superhero dari DC yakni Shazam. Aplikasi populer digunakan untuk mencari tahu judul lagu.

Menggunakan aplikasi ini, pengguna bisa mengidentifikasi musik, mendapatkan lirik, menemukan judul lagu bahkan bisa langsung bernyanyi. Menariknya, Siri dari Apple juga menggunakan database Shazam untuk mengidentifikasi lagu. Untuk iOS terbaru, logo Shazam pun sudah ada di tampilan setting di layar utama.

Untuk menggunakannya, cukup mengetuk tombol “Listening” dan aplikasi ini bakal mendeteksi suara yang tengah diputar. Selain itu ada beberapa fitur menarik yang membuatnya diunduh banyak orang yaitu:

Shazam bisa diunduh gratis di Google Play Store (Android) atau App Store (iOS).

Baca juga: Cara Dengerin Lagu Bareng di Spotify Ternyata Mudah

2. SoundHound

Aplikasi terbaik untuk cari lagu berikutnya adalah SoundHound. Aplikasi ini bisa menemukan musik melalui suara.

Caranya mudah dengan mengetuk tombol “Listening”, lalu bisa nyanyikan lagu yang dimaksud ke speaker ponsel, kemudian aplikasi akan menemukan judulnya. Aplikasi ini akan bekerja cepat, apabila pengguna menyanyi lagu atau bergumam dengan jelas. Setelah menemukan judul lagu tersebut, SoundHound juga akan menampilkan video musik dan lirik lagu otomatis ditampilkan.

SoundHound bisa diunduh secara gratis melalui Google Play Store dan App Store.

3. Beatfind Music Recognition

Beatfind Music Recognition dirilis pada 26 Mei 2017. Aplikasi ini telah diunduh lebih dari 10 juta. Dengan aplikasi ini bisa menemukan judu lagu yang diinginkan. Tak hanya itu saja, Music Recognition menampilkan rilisan terbaru, album artis dan biografi.

Beberapa fitur menarik dari aplikasi ini yaitu:

Sayangnya untuk aplikasi ini baru bisa dinikmati oleh pengguna Android.

4. Musixmatch

Aplikasi Musixmatch tak sekadar untuk cari judul lagu saja, tapi pengguna bisa memutar musik yang dilengkapi dengan lirik. Sudah diunduh lebih dari 50 juta pengguna, cara penggunaan aplikasi ini cukup mudah yaitu dengan mengetuk menu “Identify” lalu ketuk tombol Musixmatch. Kelebihan lain dari aplikasi ini bisa menyinkronkan musik dan lirik secara real time dan memiliki terjemahan lirik musik ke berbagai bahasa global.

Untuk pengguna iOS ada fitur premium Musixmatch dengan fitur yaitu:

Musixmatch Premium harga langganan $2,99/bulan atau $35,99/tahun.

5. Genius

Aplikasi Genius memiliki fitur utama yang mirip dengan Shazam, Musixmatch, SoundHound. Genius bisa mendeteksi judul lagu dari suara yang tengah diputar. Selain itu cara penggunaan pun cukup mudah, yakni dengan membuka aplikasi dan ketuk tombol pengenalan musik di pojok kanan bawah. Lalu, aplikasi akan menampilkan daftar lagu yang paling sering diidentifikasi di Genius. Pengguna bisa memilih salah satu lagu untuk diputar sambil melihat lirik.

Selain itu, aplikasi ini juga menawarkan pilihan untuk mengunduh lirik atau membagikannya ke orang lain. Genius baru bisa diunduh di ponsel Android.

6. Siri

Siri adalah aplikasi bawaan iOS yang hadir sejak tahun 2011. Aplikasi ini berperan sebagai asisten pribadi yang bisa bersuara dan memberikan informasi yang diminta.

Cara kerja dari Siri yaitu dengan menggunakan pengenalan suara dan kecerdasan buatan. Untuk menggunakannya harus aktifkan Siri di pengaturan. Lalu, ucapkan “Siri”, nanti akan muncul bulatan dengan berbagai warna, kemudian ucapkan “find this song” dan nyanyikan lagunya.

Setelah itu Siri akan menampilkan informasi lagu dan link yang terhubung dengan Apple Music. Kekurangan dari Siri adalah belum ada fitur bahasa Indonesia.

7. Google Assistant

Di tahun 2016, Google meluncurkan asisten pribadi berbasis kecerdasan buatan yaitu Google Assistant. Fitur ini bisa digunakan untuk mencari judul lagu dengan mudah.

Pengguna bisa menggunakan dengan cara mengucapkan “Hai Google”, lalu perintahkan untuk cari tahu judul lagu dengan kalimat, “Apa judul lagu ini?”.

Cara kerja seperti Siri yaitu mendeteksi suara atau musik, lalu menyajikan informasi sesuai apa yang diminta.

Baca juga: Panduan Lengkap: Cara Mendengarkan Lagu di YouTube dengan Gratis

Dengan aplikasi cari lagu di atas, penikmat musik pun bisa mendapatkan informasi seputar judul, lagu dan lirik lebih mudah.

Exit mobile version