Catat 3 Tanda Peralatan Dapur Harus Segera Diganti

Chef's hands holding kitchen utensils/many equipment for food isolated on white background

Saat Ramadhan, masyarakat Indonesia memilih untuk memasak sendiri hidangan sahur dan berbuka, ketimbang memesan online atau katering. Hal tersebut tercermin dari surver terbaru Jakpat.

Nah, agar aktivitas memasak lebih menyenangkan, coba cek lagi apakah peralatan dapur kamu masih layak untuk digunakan atau tidak.

Baca juga: Wujudkan Mimpi Menjadi The Next Crazy Rich Seperti Fitno Fabulous

Berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan terkait kondisi peralatan dapurmu!

Perhatikan Kebersihan

Kebersihan adalah hal yang harus selalu dijaga di area dapur, termasuk peralatannya. Dilansir dari NBC News, area dapur adalah tempat dengan paling banyak kuman di area rumah. Barang-barang seperti talenan, spons cuci piring, pisau, hingga piring perlu secara rutin dibersihkan dan juga diganti.

Kamu nggak mau kan, bakteri dan kuman ikut dikonsumsi bersama makanan kamu. Bisa buat ibadah puasa jadi gak konsentrasi, lho.

Perhatikan Usia Pemakaian

Coba cek kapan terakhir kali kamu punya Blender baru? Atau mungkin lapisan pelindung panci dan penggorengan di dapurmu sudah mulai mengelupas. Ini tandanya kamu sudah harus menggantinya dengan yang baru.

Baca juga: Mudik Lebaran, Kemenhub Bakal Gelar Pengecekan Acak Kendaraan Pribadi

Perlengkapan dapur seperti blender dan juga panci anti lengket memiliki usia optimal pemakaian. Karena produk-produk tersebut menggunakan material seperti besi dan juga bahan kimia lain yang dapat menimbulkan karat seiring waktu.

Kesesuaian Ukuran

Ukuran perlengkapan dapur harus disesuaikan dengan kebutuhan di rumah, nih. Misalnya alat penanak nasi atau rice cooker. Bagi kamu yang tinggal bersama keluarga kecil, rice cooker berukuran ½ liter cukup memenuhi kebutuhan memasak nasi untuk satu kali makan.

Namun dengan ukuran yang sama tidak akan cukup untuk kamu yang hidup bersama anggota keluarga yang lebih besar.

Jadi, masih layakkah peralatan dapur kamu?

Exit mobile version