8 Makanan dan Minuman Pencegah Mabuk Perjalanan, Dijamin Ampuh!

ilustrasi tips makanan untuk mencegak gangguan mabuk perjalanan

Ilustrasi mabuk perjalanan. Foto: Pinterest.

Menjelang cuti bersama Lebaran, banyak orang mempersiapkan diri untuk perjalanan mudik ke kampung halaman. Sebagian orang memilih menggunakan transportasi umum, sementara lainnya memakai kendaraan pribadi.

Hanya saja, bagi sebagian orang, perjalanan jarak jauh baik itu melalui jalur darat, laut, atau udara seringkali menimbulkan mabuk perjalanan.

Baca juga: 8 Tips Rumah Aman saat Ditinggal Mudik ke Kampung Halaman

Selain mengganggu, mabuk saat mudik tentunya membuat perjalanan menjadi kurang nyaman. Namun, tak perlu khawatir, sebab kondisi ini bisa diatasi dengan makanan dan minuman tertentu, di antaranya:

1. Jahe

Salah satu jenis rimpang ini mempunyai banyak khasiat untuk kesehatan, salah satunya mengurangi rasa mual. Cara mengkonsumsinya pun mudah.

Parut jahe dan kunyak sebanyak setengah sendok teh. Jahe membuat tubuh lebih rileks saat di perjalanan. Selain itu, kandungan jahe juga memberi rasa hangat pada tubuh.

2. Buah Kering

Siapa sangka bila buah kering ampuh untuk penawar mabuk perjalanan? Buah yang sudah dikeringkan ternyata mampu membantu menenangkan saraf sensorik pada tubuh.

Alasannya, karena buah kering mengandung sodium yang tinggi sehingga mencegah muntah dan mual saat perjalanan.

3. Teh Peppermint

Kandungan mentol dalam teh peppermint membantu meredakan pusing, sakit kepala, flu, dan alergi. Selain itu, kandungan antioksidannya juga baik untuk kesehatan jantung dan menekan kadar gula darah dalam tubuh.

Baca juga: Usai Makan Daging Kurban, Ini Minuman Penurun Kolesterol Alami

4. Pisang

Pisang mengandung protein dan kalium yang cukup tinggi sehingga mampu mengembalikan kebutuhan mineral tubuh sekaligus menawarkan nutrisi.

Kamu bisa mengonsumsi 1-2 buah pisang untuk membantu mengurangi rasa mual dalam perjalanan. Selain mengobati rasa mual, pisang juga efektif memberikan energi pada tubuh selama perjalanan mudik.

5. Biskuit

Penawar mabuk perjalanan lainnya adalah biskuit atau crackers. Alternatif camilan sehat ini dapat membuat kamu merasa kenyang dalam waktu lama. Kandungan nutrisi, vitamin B, dan zat besinya pun baik untuk menjaga kesehatan tubuh.

Selain itu, biskuit yang terbuat dari gandum dapat melancarkan pencernaan sehingga tidak membuat perut terasa penuh yang memicu rasa mual.

6. Air Putih

Air putih menjadi hal wajib dibawa saat perjalanan. Selain menjaga tubuh tetap terhidrasi dengan baik, air putih juga bisa mencegah rasa mual dan pusing. Karena itu pastikan kamu menyiapkan air putih saat perjalanan jauh. Kemudian konsumsi air secara teratur selama perjalanan.

Baca juga: Bikin Makanan Busuk, Kenali 4 Penyebab Kulkas Tidak Dingin

7. Kacang-kacangan

Kandungan protein dan lemak sehat pada kacang-kacangan seperti mete atau almond punya banyak manfaat bagi tubuh. Di antaranya menjaga perut tetap kenyang dan memberikan energi ekstra yang stabil. Sehingga mengonsumsi kacang-kacangan saat mudik mampu mencegah mabuk perjalanan.

8. Dark Chocolate

Dark chocolate ternyata juga efektif mengurangi gejala mabuk. Kandungan flavonoid di dalamnya mampu membantu meningkatkan sirkulasi darah dan meningkatkan fungsi otak. Tapi, jangan terlalu banyak mengonsumsi dark chocolate sebab kandungan kafeinnya bisa menimbulkan rasa gelisah.

Exit mobile version