Cek Paket JNE sebelum Pengiriman: Ceklis agar Kiriman Aman

Pengiriman barang melalui layanan ekspedisi JNE semakin mempermudah masyarakat mengirimkan barang jarak jauh. Meski begitu, pelanggan tetap harus memperhatikan dan cek paket JNE sebelum pengiriman diproses agar paket yang dikirim aman dan selamat sampai tujuan.

Umumnya, jasa pengiriman barang tak asing di kalangan seller online shop maupun pelaku usaha di e-commerce. Layanan JNE menjadi salah satu yang diandalkan karena berbagai pilihan jenis pengiriman, tarif kirim barang yang ekonomis dan pilihan estimasi pengiriman yang beragam.

Sejauh apa pun tujuan kiriman paket kamu, baik ke luar kota, luar pulau, maupun luar negeri, pengiriman dapat terjamin aman jika persiapan paket dilakukan dengan baik, mulai dari kejelasan alamat hingga pemilihan jenis pengiriman yang sesuai kebutuhan.

Misalnya, ketika kamu ingin mengirimkan barang dengan layanan estimasi waktu standar, maka layanan REG (Regular) dapat menjadi pilihan. Namun, jika kamu ingin estimasi waktu lebih cepat maka kamu dapat memilih layanan YES (Yakin Esok Sampai), di mana paket akan sampai tujuan sehari setelah paket diserahkan ke JNE.

Jika kamu butuh layanan pengiriman barang dengan volume berat, JNE memiliki tawaran jenis pengiriman seperti JTR (JNE Trucking Service), biasanya layanan ini akan menyediakan kendaraan khusus untuk mengangkut barang kiriman.

Sebelum barang dikirimkan, kamu perlu cek paket JNE dengan cermat agar mempermudah ekspedisi dalam mengatur proses pengiriman. Dengan demikian, kiriman barang dapat sampai ke alamat penerima dengan aman tanpa lecet.

Daftar Persiapan Paket JNE Sebelum Pengiriman

cara mengirim paket jne dari rumah

Lantas, apa saja yang mesti di cek kembali pada paket yang akan dikirim?

Berikut ini panduan cek paket JNE sebelum dikirimkan dan daftar ceklis hal-hal yang perlu dipastikan agar pengiriman aman dan sampai di tujuan.

Baca juga: Panduan Lengkap Pengiriman dengan Paket JNE Sehari Sampai: Cara, Biaya, dan Keuntungannya

1. Kelengkapan Isi Paket

Pastikan cek paket JNE yang akan kamu kirim lengkap tidak ada yang tertinggal dan sesuai. Jangan lupa untuk membungkus paket sebaik mungkin sehingga aman untuk dikirimkan.

JNE juga menawarkan jasa packing dengan kayu ataupun bubble wrap sesuai kebutuhan pelanggan. Selain itu, demi keamanan, pastikan juga tidak ada barang terlarang atau berbahaya dalam paket.

2. Alamat Penerima

Periksa kembali alamat penerima dengan cermat untuk memastikan tidak ada kesalahan. Alamat penerima mencakup nama jalan, perumahan, RT/RW, nomor rumah, nama kota, hingga kode pos. Pastikan juga mencantumkan nama dan nomor telepon penerima paket yang bisa dihubungi.

3. Jenis Layanan

Pilih jenis layanan yang sesuai dengan kebutuhan, seperti REG (Regular), OKE (Ongkos Kirim Ekonomis), YES (Yakin Esok Sampai), atau lainnya. Cek paket JNE dan pastikan kamu memilih jenis pengiriman yang cocok dengan kiriman barangmu. Gunakan JTR untuk pengiriman barang bervolume besar atau JNE Logistic Service (JLC) untuk kirim barang dalam jumlah banyak.

4. Berat dan Dimensi

Cek paket JNE dengan mengukur dan menimbang paket yang akan kamu kirim dengan benar. Pastikan berat dan dimensi paket sesuai dengan ketentuan JNE. Pengukuran berat dan dimensi juga dilakukan untuk memilih jenis layanan yang sesuai.

5. Pembayaran

Pastikan kamu telah membayar biaya pengiriman sesuai dengan jenis layanan yang dipilih. Adapun, pembayaran dapat dilakukan melalui aplikasi JNE, kantor pengiriman JNE, atau bayar langsung (Cash on Delivery/COD). Dengan selesainya pembayaran, maka jaminan dan tanggung jawab pengiriman telah resmi diserahkan kepada JNE.

6. Asuransi

Jika diperlukan, kamu dapat membeli asuransi untuk paket agar terlindungi selama pengiriman. Maka, kamu tidak perlu khawatir ketika terjadi risiko kerugian ketika proses pengiriman berlangsung. Pastikan kamu membaca syarat dan ketentuan penggunaan asuransi.

7. Dokumen Pendukung

Selain itu, cek paket JNE dengan melengkapi semua dokumen yang diperlukan, seperti faktur, surat jalan, atau dokumen lainnya. Di sisi lain, pastikan paket kamu telah diberi label pengiriman dengan jelas, termasuk alamat pengirim dan penerima.

Baca juga: Cara Memilih Jenis Paket JNE yang Tepat untuk Kebutuhan Pengiriman

8. Tracking

Simpan nomor resi atau nomor pengiriman yang diberikan oleh JNE sehingga kamu dapat melacak status pengiriman. Kamu dapat secara berkala mengecek status pengiriman melalui aplikasi MyJNE yang dapat diunduh di PlayStore maupun AppStore.

Cek paket JNE artinya kamu perlu memahami kebijakan pengiriman dan aturan JNE, termasuk waktu pengiriman, biaya tambahan, dan batasan ukuran atau berat paket. Setelah memeriksa semua ceklis di atas sebelum mengirim paket, maka besar kemungkinan proses pengiriman berjalan lancar.

Exit mobile version