Celaka, Hindari Barang Ini Saat Bersihkan Layar Handphone

 

Makin modern layar handphone atau smartphone juga makin apik. Namun demikian, dalam konteks penggunaan sehari-hari layar tersebut kerap kotor, baik terkena noda, debu, sampai melekatnya sidik jari.

Hal tersebut membuat pemilik handphone tentu risih dan ingin segera membersihkan. Namun demikian, pada praktiknya, saat akan membersihkan layar smartphone ada hal-hal yang harus diperhatikan.

Artinya tidak boleh asal membersihkan dengan benda seadanya, karena bila salah, justru akan menimbulkan kerusakan pada layar handphone.

Karena itu, baiknya baca penjelasan lengkapnya soal benda apa saja yang terlarang untuk membersihkan layar ponsel kesayangan.

BACA JUGA : 5 Smartphone 5G yang Sudah Siap Pakai 5G Telkomsel

Membersihkan layar smartphone

1. Pembersih kaca

Mesi berfungsi untuk membersihkan, tapi hati-hati. Mengelap dengan cairan pembersih kacar bisa membuat layar ponsel justru terkikis, hal ini lantaran kebanyakan handphone baru sudah dilindungi oleophobic coating atau hydrophobic coating yang berguna melindungi lapisan layar tersebut.

2. Alkohol

Bahan yang satu ini kerah digunakan tanpa disadari pemilik ponsel, padahal ada kerugian saat menggunakannya. Perlu diketahui bila cairan alkohol bisa mempercepat pengikisan layar smartphone, bahkan justru bisa meninggalkan noda di permukaan layar.

3. Sabun atau Deterjen

Hal ini tentunya sangat dilarang, karena saat menggunakan deterjen atau sabun otomatis akan dicampur dengan air. Bahayanya, air tersebut bisa saha merembes ke permukaan layar smartphone atau bagian lainnya.

HP ini hadir dengan ukuran layar 6,4 inci (foto: Markettrack)

4. Zat aktif

Paling sering lagi membersihkan layar ponsel dengan cairan yang mengandung zat aktif, tanpa disadari hal tersebut memiliki dampak buruk bagi lapisan layar.

BACA JUGA : HP Terjun Bebas Masuk Air, Segera Lakukan Hal Ini

5. Kertas dapur

Benda ini memang memiliki fungsi sebagai penyerap minyak, tapi bila digunakan untuk mengelap lapisan atau layar smartphone malah akan menyebabkan efek samping yang merugikan. Paling sering terjadi adalah menggores layarnya.

 

Lantas bahan apa yang paling baik untuk membersihkan layar handphone ? dari beberapa rujukan, baiknya membersihkan layar cukup menggunakan lap halus atau microfiber yang diklaim aktif bisa menghapus noda minyak sampai sidik jari.

Bila kurang ampuh, bisa sedikit dioleskan cairan minyak kayu putih agar maksimal mengangkat noda lengket atau minyak. Tapi ingat ya, hanya sedikit saja dan tidak boleh sering-sering lho.

Exit mobile version