Panduan Lengkap Berbelanja di Chatuchak Weekend Market: Tips dan Trik untuk Wisatawan

Chatuchak Weekend Market di Bangkok, Thailand, merupakan pasar yang sangat populer di kalangan wisatawan, terutama wisatawan dari Indonesia. Pasar Chatuchak sendiri tidak hanya buka pada akhir pekan saja. Namun karena pada akhir pekan ribuan kios buka semua dan umumnya wisatawan belanja di akhir pekan, maka pasar ini lebih dikenal sebagai weekend market.

Jika penasaran dengan pasar yang terkenal lengkap dengan barang bagus dan murah ini, ada beberapa tip yang wajib diperhatikan. Umumnya wisatawan datang ke Bangkok untuk menghabiskan akhir pekan atau lebih lama lagi. Jika tip tersebut tidak diperhatikan, maka harus menunggu akhir pekan berikutnya untuk mendapatkan kesempatan memborong barang-barang di Chatuchak Weekend Market.

Tentang Chatuchak Weekend Market

Panduan Lengkap Berbelanja di Chatuchak Weekend Market: Tips dan Trik untuk Wisatawan

Di laman resminya, Pasar Chatuchak mengklaim diri sebagai pasar akhir pekan terbesar di dunia. Pasar ini memiliki sejarah panjang sebelum menjadi terkenal seperti sekarang. Awalnya pasar ini berdiri sebagai buah dari gagasan Perdana Menteri Thailand ke-3, yaitu Marsekal Muda Plaek Pibunsongkhram, agar setiap kota memiliki pasar loak.

Untuk Bangkok, pasar tersebut didirikan di Sanam Luang pada tahun 1942. Namun karena lokasi tersebut diperlukan untuk kegiatan lain, pasar tersebut dipindahkan ke Istana Saranrom. Tak berapa lama, pasar tersebut dipindahkan lagi ke Sanam Chai. Kemudian pasar tersebut kembali lagi ke Sanam Luang.

Rupanya perpindahan tersebut belum selesai. Pasar itu dipindahkan lagi ke Chatuchak untuk terakhir kalinya pada tahun 1982. Lima tahun kemudian, pasar tersebut secara resmi menggunakan nama Pasar Chatuchak bersamaan dengan perayaan hari ulang tahun ke-60 Raja Bhumibol Adulyadej. Peresmian tersebut ditandai dengan pendirian Menara Jam yang ikonik.

Khusus untuk akhir pekan yang merupakan puncak kunjungan wisatawan di Kota Bangkok, Pasar Chatuchak yang memiliki 15.000 kios ini dikunjungi oleh 200.000 wisatawan.

Baca juga: Cara Mengecek Tiket Pesawat Internasional: Persyaratan dan Tip Tambahan

Tip Mendapat Barang Terbaik di Chatuchak Weekend Market

Penting untuk diperhatikan bahwa Pasar Chatuchak tidak hanya buka di akhir pekan. Jika kios jenis barang yang dicari juga buka di hari selain akhir pekan, sebaiknya datang ke Pasar Chatuchak di hari lain tersebut agar lebih leluasa memilih.

Berikut adalah jadwal buka Pasar Chatuchak:

1. Rabu dan Kamis, jam 07.00 – 18.00.

Banyak wisatawan yang tidak tahu bahwa Pasar Chatuchak buka di hari-hari tersebut. Namun akses pada hari itu terbatas karena hanya buka untuk bagian tanaman. Banyak peminat tanaman dari Indonesia yang kulakan tanaman di Thailand untuk dijual lagi sejak dulu, terutama ketika masih booming tanaman aglaonema, si ratu daun.

2. Jumat, jam 06.00 – 12.00.

Buat yang memborong barang-barang untuk dijual lagi wajib datang di hari Jumat karena hari tersebut khusus untuk penjualan grosir. Tentu saja harganya super murah dibandingkan hari lain. Karena jam bukanya cukup pendek, sebaiknya datang pagi-pagi sekali, tepat ketika pasar baru buka.

Volume penjualan barang grosir cukup tinggi sehingga Pasar Chatuchak bekerja sama dengan DHL menyediakan jasa pengiriman barang ke seluruh dunia.

3. Sabtu dan Minggu, jam 09.00 – 18.00.

Khusus akhir pekan, semua kios buka, termasuk tanaman dan penjualan grosir. Hanya saja pada hari-hari ini, pasar sangat padat.

Tip Berbelanja di Chatuchak Weekend Market

 

Berikut adalah tip berbelanja di Chatuchak Weekend Market, khusus untuk akhir pekan yang merupakan puncak keramaian.

  1. Datang pagi-pagi tepat ketika pasar buka. Bahkan, banyak pengunjung mengaku sudah pergi ke pasar sebelum mandi. Mereka baru mandi, setelah acara belanja selesai. Pasalnya, ke pasar ini, pengunjung harus siap berkeringat. Semakin siang, pasar akan semakin panas dan padat.
  2. Pasar Chatuchak dapat dijangkau menggunakan skytrain, taksi, MRT, tuktuk, dan bus. Jika hasil belanja sangat banyak, bisa menggunakan taksi atau tuktuk setelah belanja untuk kembali ke hotel.
  3. Gunakan baju dan sepatu yang nyaman dan santai. Letakkan ransel atau tas di depan badan agar terpantau dari incaran pencopet.
  4. Ketika tiba di pasar, langsung jelajahi beberapa area sepintas untuk melihat perbandingan koleksi dan harga. Setelah itu, pilih beberapa kios untuk melihat lebih dekat lagi.
  5. Lebih baik lagi jika sebelum datang ke Pasar Chatuchak sudah riset barang-barang dan kios mana yang akan diprioritaskan untuk dilihat lebih dahulu. Pasar ini sangat terkenal sehingga rata-rata vlogger Indonesia menyempatkan diri membuat ulasan tentang Pasar Chatuchak ketika berkunjung ke Bangkok di akun media sosial mereka.
  6. Tawar-menawar adalah kunci untuk mendapatkan kesepakatan terbaik. Lakukan tawar-menawar dengan sopan dan tersenyum tetapi tak perlu ragu untuk meninggalkan kios tersebut jika harga tidak berhasil disepakati. Jangan lupa menandai kios tersebut seandainya ingin balik lagi karena jumlah kiosnya ribuan.
    Jika tidak mau repot menghafal lokasi kios dan sudah telanjur suka dengan barang tesebut, langsung dibeli saja meski belum puas menawar. Untuk ukuran dipakai sendiri, harga-harga di sana sudah murah. Hanya saja, jika ingin dijual lagi memang harus berusaha lebih keras agar keuntungannya lebih besar.
  7. Petualangan belanja dapat ditutup dengan wisata kuliner. Banyak kios kuliner dengan produk berkualitas dan bersih.

Baca juga: Rekomendasi Drama Thailand yang Harus Ditonton Pencinta Drama

Demikianlah panduan menyeluruh tentang berbelanja di Chatuchak Weekend Market Thailand. Bisnis jastip atau jasa titipan dari Bangkok merupakan salah satu jenis usaha masa kini yang sangat menjanjikan. Salah satu cara untuk sukses adalah dengan rajin menyisir pasar-pasar seperti Chatuchak. Untuk wisata pribadi, blusukan di Pasar Chatuchak akan memberikan pengalaman yang mengesankan.

Exit mobile version