Mengenal Cromboloni dan Rekomendasi Tempat untuk Menikmatinya di Jakarta

Cromboloni viral di media sosial. Wujudnya yang bulat, besar, kecokelatan, dan berbagai isian memang menggiurkan.

Beberapa tempat yang menjual kue ini selalu antre mengular. Namun, bagi banyak orang, hal tersebut tidak masalah demi kenikmatan ataupun kekinian. Apalagi sesuatu yang memang memiliki citarasa yang enak. Sepadan, begitu katanya.

Ada yang belum pernah mencoba, atau bahkan belum tahu apa itu cromboloni?

Apa itu Cromboloni?

Mengenal Cromboloni dan Rekomendasi Tempat untuk Menikmatinya di Jakarta

Jika dilihat, bentuk kue ini seperti pastry gulung. Dalam sebuah unggahan di media sosial, ada netizen yang dengan cerdik membuat gambaran singkat tentang silsilah kue ini. Sebagai “kepala keluarga” dalam silsilah ini adalah donat. Donat memiliki “anak” bernama bomboloni. Bomboloni “menikah” dengan croissant dan memiliki “anak” bernama cromboloni.

Dikutip dari Bake, kue ini memang pastry yang merupakan kombinasi antara bomboloni dan croissant. Ciri khas pastry ini renyah di luar dengan isian krim manis. Kue ini diciptakan oleh chef Scott Cioe dari Lafayette Grand Café & Bakery di New York, Amerika Serikat, pada tahun 2022. Fakta uniknya, croissant berasal dari Perancis dan bomboloni berasal dari Italia.

Nama asli kue ini adalah The Supreme, yang dibuat untuk meningkatkan daya tarik croissant sebagai produk utama toko kue tersebut. Belakangan nama cromboloni, yang merupakan akronim dari croissant dan bomboloni lebih populer. Beberapa toko kue juga menggunakan nama New York roll sesuai dengan asal usulnya.

Jika membuat sendiri, perjalanan untuk bisa menikmati kue ini cukup panjang. Pertama harus membuat adonan pastry yang memakan waktu lama karena harus digiling dan dilipat berkali-kali untuk mendapatkan lapisan yang bagus.

Meski demikian, jika ingin lebih praktis, sudah banyak tersedia lembaran danish pastry yang tersedia di supermarket besar. Beberapa orang bahkan sudah mencoba membuatnya dari lembaran puff pastry yang sudah jadi, tetapi diperlukan beberapa langkah ekstra agar puff pastry tersebut bisa rapi digulung menjadi mirip yang asli. Namun tekstur kue yang menggunakan adonan ini tidak se-crispy adonan manual.

Setelah itu adonan dibentuk dan digulung, lalu dioven. Setelah matang dan dingin, kue dilubangi dan diisi krim seperti mengisi bomboloni.

Baca juga: 6 Kue Ice Cream Terbaik di Seluruh Dunia

Rekomendasi Cromboloni Enak di Jakarta

Jika ingin yang paling praktis, tentu saja bisa membelinya di toko kue. Kue pastry ini di Indonesia pertama kali meledak di Jakarta sehingga menarik untuk mengetahui toko kue yang paling direkomendasikan di kota ini.

1. Monsieur Spoon

Monsieur Spoon dianggap sebagai pelopor kehadiran cromboloni di Indonesia. Tak heran jika antrian di kafe ini selalu panjang. Monsieur Spoon adalah kafe milik keluarga berkebangsaan Perancis. Cabangnya cukup banyak di Jakarta, Bali, dan Surabaya. Di Jakarta, kafé ini ada Senayan City, Pondok Indah Mall, Plaza Indonesia, dan sebagainya.

Sebagai kafe, menu yang ditawarkan tidak hanya kue, tetapi juga makanan berat dan berbagai minuman. Varian yang ditawarkan adalah pistachio, red velvet, dan chocolate supreme dengan harga Rp40.000.

2. Don Bakeshop

Warga Jakarta pasti banyak yang sudah kenal Don Bakeshop. Toko kue ini ada di hampir semua mal besar di Jakarta, seperti Grand Indonesia, Pondok Indah Mall, Summarecon dan sebagainya. Don Bakeshop menyediakan tempat duduk bagi yang mau ngemil di tempat.

Don Bakeshop menjual cromboloni dengan nama New York roll. Varian unggulannya adalah raspberry cheese cake roll dan Belgian dark chocolate supreme dengan harga rata-rata Rp30.000.

3. The Harvest

The Harvest merupakan toko kue premium tetapi dengan harga yang lebih terjangkau. Cabangnya ada di berbagai kota dan sudah berdiri sejak lama. The Harvest menjual berbagai jenis roti dan kue yang semuanya lezat.

Toko ini tak ketinggalan mengikuti tren cromboloni dengan membuat varian le supreme peanut butter, le supreme croissant vanilla dan le supreme dark chocolate dengan harga Rp25.000.

4. Bakerman

Bakerman menyajikan kue-kue artisan yang diolah dengan bahan-bahan dan teknik terbaik. Bakerman bisa ditemui di Ashta, PIM 3, One Satrio dan CM PIK yang juga menyediakan menu makanan berat.

Bakerman menawarkan 6 varian cromboloni dengan nama New York roll atau NY roll yang selalu diburu pelanggan setia Bakerman dengan harga Rp40.000.

5. La Joie

La Joie yang ada di Pondok Indah, Jakarta Selatan, merupakan café & bakery yang didirikan oleh artis Prilly Latuconsina. Meski belum lama berdiri, La Joie langsung mendapat perhatian penyuka roti dan kue.

Cromboloni di sini termasuk yang laris di Jakarta. Variasi yang tersedia adalah chocolate, strawberry dan red velvet dengan harga Rp33.000.

Keunggulan produksi Prilly ini adalah tampilannya lebih ringan tetapi cantik, kemasan menarik serta kemudahan membeli dengan berbagai cara, dari mulai ojek hingga jastip atau jasa titipan.

Baca juga: 10 Bakery di Jakarta yang Menjual Kue dan Roti Unik

Demikianlah cromboloni, pasty yang sedang viral di media sosial. Kue ini memang tidak boleh dilewatkan karena lezat. Namun hati-hati memilih toko kue agar tidak kecewa. Pilihlah toko kue yang sejak lama sudah memiliki reputasi yang sudah terkenal di industri bakery.

Exit mobile version