Cuaca Panas, Yuk Bersih-Bersih Kipas Angin Tanpa Bongkar

Clean the electric fan with a brush. Shot on the sony a7Ⅲ.

Dalam beberapa hari terakhir, suhu panas melanda sejumlah wilayah di Indonesia. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika memprediksi cuaca ini akan terjadi sampai mei 2022.

Kondisi ini menyebabkan rasa panas baik di dalam maupun luar ruangan. Pendingin ruangan seperti AC atau kipas angin menjadi salah satu alat untuk mengurangi rasa panas.

Nah, agar udara dalam ruangan jadi lebih dingin dan segar, sebaiknya pastikan kipas angin dalam kondisi bersih. Namun, terkadang rasa malas menghinggap bila harus membersihkan dengan membongkar kipas angin.

Baca juga: Begini Cara Cek dan Bayar Tagihan PDAM Online

Padahal ada cara praktis buat kamu yang mager membersihkan kipas angin tanpa membongkarnya lho! Dengan mempraktekkan cara-cara di bawah ini, kipas angin jadi bersih dalam waktu cepat.

1. Kompresor udara

Cara pertama yang bisa dilakukan adalah dengan menggunakan kompresor udara. Bisa dibilang cara ini sangat ampuh dan populer untuk memberihkan kipas angin tanpa membongkar.

Sebelum melakukannya, pastikan saat membersihkan dengan kompresor udara dilakukan di luar ruangan. Cara ini bisa membuat kipas anging bersih hampir 95 persen.

Sisa debu dari kipas bisa kamu bersihkan dengan tongkat yang dibungkus kain mikrofiber. Nah, metode ini pun bisa dilakukan saat membersihkan bagian dalam baling kipas.

2. Pasir atau garam

Siapa sangka kalau bumbu dapur seperti garam bisa digunakan untuk membersihkan kipas tanpa membongkar. Dengan garam, kamu bisa membersihkan bagian kipas angin seperti baling-baling.

Caranya, ambil selember kertas dan letakkan kipas di atasnya. Kemudian arahkan baling-baling ke bawah atau ke atas. Setelah itu tuangkan garam melalui panggangan.

Garam yang kamu tuang akan melewati bilah kipas dan membersihkan debu pada kipas. Metode ini bisa juga diganti dengan pasir.

Baca juga: Lindungi Diri Saat Naik Motor, Ini Fungsi Perlengkapan Safety Riding

3. Cairan pembersih khusus

Bila cara sebelumnya mudah dan praktis diaplikasikan, berbeda dengan metode satu ini. Pertama, kamu harus membersihkannya di luar rungan.

Kemudian letakkan plastik atau piring di bagian mesin untuk menutupi motor kipas. Pakaian cairan pembersih pakaian, seperti pemutih yang mengandung natrium hipoklorit.

Semprotkan cairan pembersihnya pada kipas lalu rendam selama beberapa menit di bawah sinar matahari langsung. Setelah benar-benar kering, cucilah dengan air bersih.

4. Bersihkan dengan Blower

Nah, blower juga bisa kamu manfaatkan untuk membersihkan kipas angin tanpa membongkar. Bersihkan kipas di luar ruangan dan tutupi dengan plastik hitam.

Lalu, gunakan blower untuk merontokkan debu dari baling-baling atau bagian terluar dari kipas angin. Tapi, perlu diingat, cara ini kurang efektif dilakukan ke kipas angin dengan debu yang tebal.

5. Penyedot debu

Selain blower, vacum cleaner atau penyedot debu juga bisa kamu gunakan untuk membersihkan kipas angin tanp amembongkar. Cara membersihkan kipas angin tanpa membongkar ini cukup mudah dilakukan.

Tetap lakukan di ruang ruanng terbuka dan aman seperti halaman atau teras rumah. Setelah itu, kamu bisa memulai proses pembersihan kipas dengan menyedot debu dari bagian dalam kipas.

Baca juga: Cara Simpan Ketupat Sisa Lebaran Biar Tetap Aman Disantap

Exit mobile version