10 Curug Terdekat Jakarta Cocok Jadi Short Escape saat Akhir Pekan

Curug terdekat Jakarta merupakan pilihan terbaik untuk melepas penat sejenak, seperti saat weekend atau liburan yang singkat.  Warga Jakarta yang sehari-hari berjibaku dengan kemacetan dan pemandangan beton umumnya akan dengan gegap gempita dan senang hati untuk healing keluar kota tipis-tipis, demi bisa melakukan penyegaran jasmani dan rohani.

Wisata alam berupa curug masih banyak yang dibiarkan apa adanya untuk mempertahankan pemandangan aslinya yang indah. Curug sendiri berasal dari bahasa Sunda, yang artinya air terjun.

Biasanya curug berada di dataran tinggi sehingga airnya jernih dengan udara yang sejuk. Beberapa curug bahkan hanya bisa dicapai dengan jalan kaki yang cukup jauh dari tempat parkir. Karena itu, sebelum mengunjungi curug terdekat Jakarta yang direkomendasikan ini, wisatawan sebaiknya mencari informasi dulu apakah kondisi curug tersebut sesuai dengan kondisi fisik.

Curug Terdekat Jakarta yang Cocok Dikunjungi di Waktu Libur yang Singkat

Jika ingin mencari destinasi curug terdekat Jakarta, maka pilihan sebaiknya dijatuhkan di seputar Jabodetabek agar tidak terlalu lelah. Pasalnya, untuk keluar masuk dari dan ke dalam ibu kota saja butuh usaha lantaran berpotensi macet, terutama di weekend.

Selain soal keindahan alam di sekitarnya, keindahan curug umumnya sangat bergantung pada debit air yang tepat. Biasanya, wisatawan akan menyukai curug dengan air yang jernih dan debit air yang banyak.

Berikut adalah 10 rekomendasi curug terdekat Jakarta, dengan keindahan alam yang luar biasa, air  jernih, dan suasana yang sejuk.

1. Curug Cibaliung

Curug Cibaliung ada di Jonggol, Cibadak, Bogor, dengan jarak sekitar 63 km dari Monas. Untuk ke curug ini akan melewati Curug Leuwi Hejo dan Leuwi Lieuk dengan kondisi jalan sempit. Tiket masuk Rp20.000 belum termasuk parkir. Dari tempat parkir, pengunjung harus trekking.

Curug terdekat Jakarta ini hanya sesuai bagi wisatawan yang masih kuat berjalan kaki dengan medan menurun saat datang, dan menanjak ketika kembali. Kolam alami ini sangat jernih menyegarkan untuk mandi dan berlompatan ke air. Air terjunnya tidak tinggi, tapi airnya menyembur deras dan jernih.

Baca juga: Tips dan Jalur Pendakian Gunung Bromo yang Perlu Diketahui

2. Curug Seribu

Curug Seribu terletak di Gunung Sari, Pamijahan, Bogor, atau sekitar 94 km dari Monas. Curug ini sangat tinggi jika dibandingkan dengan curug-curug lain di sekitar Bogor. Jika beruntung dapat melihat pelangi dari percikan air yang terkena sinar matahari.

Untuk mencapai curug ini, pengunjung harus trekking cukup jauh. Jadi curug ini hanya cocok untuk yang terbiasa jalan kaki jauh. Namun semua itu terbayar dengan pemandangan air terjun yang menakjubkan. Di sini juga ada tempat camping.

3. Curug Goa Lumut Indah / Endah

Curug terdekat Jakarta yang ketiga ini berada di Jl. Curug Cigamea, Gn. Sari, Kec. Pamijahan, Kabupaten Bogor, sekitar 90 km dari Monas. Curug ini indah dengan jalur trekking yang tidak terlalu ekstrem jika dibandingkan dengan curug lain. Jalan kaki dari tempat parkir tidak jauh dan tidak terlalu terjal.

Tinggi air terjun termasuk sedang. Air di sini jernih dan sangat dingin tapi banyak juga yang berenang dan menyelam. Di beberapa tempat yang ditandai dengan tali, sebagai penanda bahwa tidak boleh didekati pengunjung karena sangat dalam.

4. Curug Leuwi Hejo

Curug Leuwi Hejo sudah dikenal oleh masyarakat Jakarta yang gemar trekking. Curug ini terletak di perbatasan Sentul – Jonggol, sekitar 70 km dari Jakarta. Di daerah ini banyak terdapat paket-paket trekking yang sempat hit. Biasanya kelompok-kelompok trekking tersebut akan beristirahat di Leuwi Hejo sebelum kembali. Curug ini tidak tinggi tapi airnya deras.

Tiket masuk gerbang utama Rp20.000 per orang, biaya parkir Rp15.000 per mobil. Masuk ke curug ada tiket masuk lagi, begitu pula jika ke curug-curug lain di dekatnya.

5. Curug Luhur

Curug terdekat Jakarta ini ramah keluarga. Curug Luhur bisa dikunjungi oleh seluruh anggota keluarga. Untuk anak-anak disediakan kolam khusus agar tidak bermain di curug. Curugnya sendiri bagus dengan tinggi sedang dan beberapa aliran di samping air terjun utama. Curug luhur terletak di Hegarmanah, Pamijahan, Tapos I, Tenjolaya, Bogor, sekitar 95 km dari Monas.

6. Curug Balong Endah

Terletak di Kawasan wisata Gunung Salak Endah Pasir Lenyit, Jl. Curug Pangeran, Pamijahan, Bogor, sekitar 90 km dari Monas. Curug ini berada dalam pengelolaan Taman Nasional Gunung Halimun Salak atau TNGHS yang memiliki banyak curug di sekitarnya. Tiket masuk TNGHS Rp30.000 per orang, tiket masuk Curug Kondang dan Balong Endah Rp10.000 per orang, belum termasuk biaya parkir.

Jika datang ketika debit air tepat, curug ini merupakan air terjun yang tidak terlalu tinggi tapi melebar di dua sisi sehingga terlihat bagus seperti tirai. Airnya juga jernih. Namun medan untuk ke sini cukup menantang. Jika ada anak-anak, direkomendasikan untuk diajak ke Curug Kondang saja.

7. Curug Ngumpet

Di kawasan Gunung Picung, Pamijahan, Bogor ada Curug Ngumpet 1 dan Curug Ngumpet 2 dengan kondisi yang hampir sama. Jaraknya 90 km dari Monas. Kebanyakan keluarga yang membawa anak kecil memilih Curug Ngumpet 1 karena tidak terlalu jauh dari tempat parkir. Di sini juga banyak orang camping. Penjual makanan juga cukup banyak.

8. Curug Cilember

Curug Cilember terletak di Megamendung, Bogor, 75 km dari Monas. Curug Cilember sudah lebih terkenal dari curug lain sehingga fasilitasnya lumayan lengkap, dari penginapan hingga perlengkapan out bond. Untuk masuk kawasan ini dikenakan tiket Rp10.000 per orang dan untuk ke curugnya sendiri dikenakan tiket lagi Rp25.000 per orang.

Curug Cilember relatif sudah tertata sehingga aman bagi seluruh anggota keluarga. Jika tidak ingin main air, bisa melihat curug dari jauh, jalan-jalan, atau jajan di sekitarnya. Tersedia pula villa dan tempat camping.

9. Curug Nangka

Curug Nangka terletak di Sukajadi, Taman Sari, Bogor, 75 km dari Monas. Curug ini tidak jauh dari kota Bogor sehingga fasilitasnya sudah lengkap, mulai dari café, resto, terapi ikan, hingga glamping. Trekking ke curug dari tempat parkir tidak cocok untuk lansia, meski tidak terlalu berat untuk orang muda karena dibantu dengan odong-odong.

Tiket masuk Rp35.000 per orang dan parkir Rp15.000 per mobil. Di sini banyak monyet yang tidak mengganggu, asal tidak diberi makan.

Baca juga: 7 Resto Sea Food Terdekat Ancol dengan Banyak Variasi Menu

10. Curug Putri Kencana

Letak curug terdekat Jakarta ini hanya 65 km dari Monas, yaitu di Karang Tengah, Babakan Madang, Bogor. Curug ini berada di jalur trekking dengan Curug Love yang sudah dikenal banyak warga ibu kota, tidak jauh dari The Jungle. Tapi jika tidak mau trekking, langsung saja ke curug setelah parkir. Airnya jernih, bisa untuk main air.

Harga tiket Rp25.000 per orang dan parkir Rp20.000 per mobil. Mobil bisa parkir tidak terlalu jauh dari curug tapi jalannya agak sempit jadi harus bersabar.

Demikianlah rekomendasi curug terdekat Jakarta yang cocok jadi short escape saat akhir pekan. Di akhir pekan, kondisi curug-curug tersebut akan ramai termasuk warung-warungnya. Disarankan membawa bekal makanan dan minuman untuk menjaga stamina. Jangan lupa untuk memilih curug yang sesuai dengan kondisi fisik.

Exit mobile version