Daftar UKM di Bali dengan Produk Kreatif Lokal Berkualitas yang Patut Dicoba

Produk kreatif yang dihasilkan Usaha Kecil Menengah, atau UKM di Bali tidak pernah gagal memikat para wisatawan. Tak hanya destinasi wisatanya saja yang menarik untuk dijelajahi, pesona produk lokal khas Pulau Dewata juga sayang untuk dilewatkan. Lantas, apa saja daftar UKM di Bali?

Keahlian para pengrajin dan pelaku usaha di Bali sukses memasarkan pesona Pulau Dewata lewat produk berkualitas tinggi. Bahkan tak sedikit produk yang akhirnya tembus ke pasar internasional. 

Ada berbagai macam kerajinan tangan yang terbuat dari kayu hingga bahan daur ulang, serta makanan dan minuman khas dengan rasa unik yang menarik untuk dicoba. 

Kemajuan UKM di Bali tak lepas dari berkembangnya sektor pariwisata di Bali yang tumbuh secara pesat. Hal ini menjadikan UMKM di Denpasar sebagai penyumbang terbesar bagi devisa di sektor pariwisata. Tak hanya itu, hal ini juga berdampak positif pada terbukanya lapangan kerja hingga pemerataan pembangunan nasional.

Dampak UKM di Bali begitu signifikan bagi laju ekonomi daerah. Sementara, laju ekonomi ini juga memancing berkembangnya iklim bisnis kecil yang kondusif. Jadi, keduanya memang saling bersinergi.

Ada banyak sekali daftar UKM di Bali yang memiliki produk berkualitas. Rasanya tidak akan cukup jika semua dirangkum dalam satu artikel ini saja. Namun, beberapa di antaranya akan disajikan, untuk memberi gambaran, seperti apa produk hasil UKM di Bali yang populer dan paling memikat wisatawan.

Daftar UKM di Bali Kreatif dan Berkualitas

Daftar UKM di Bali dengan Produk Kreatif Lokal Berkualitas yang Patut Dicoba

1. Maharani Handicraft 

Maharani Handicraft mulanya memusatkan bisnisnya pada bidang perhiasan perak dengan merek Maharani Silver/Maharani Actual Design (M.A.D). Pada tahun 2006, bisnisnya kian berkembang ke ranah kerajinan kreatif dengan brand Maharani Craft.

Fokus mereka adalah pada kerajinan tangan yang menggunakan bahan-bahan lokal Indonesia seperti kayu Petrified, Agate, dan Jasper. Bahan-bahan ini digunakan untuk membuat hiasan rumah seperti kenop pintu, tempat lilin, dan kotak perhiasan.

Tak hanya itu, para pengrajin juga menawarkan anting, cincin, gelang, dan kalung dengan ukiran artistik yang sangat menawan. Produk-produk dari Maharani Handicraft sangat diminati oleh negara-negara maju seperti Amerika, Jerman, dan Inggris.

Baca juga: 4 Jenis Baju Adat Bali, Keunikan, dan Aksesorinya

2. Talu

Tak kalah menarik dari daftar UKM di Bali yaitu baju-baju cantik yang menawan. Apalagi, pakaian batik khas Pulau Dewata buatan Talu yang dapat digunakan untuk kegiatan sehari-hari. Model baju batik yang ditawarkan memiliki sentuhan modern yang mencakup pola, desain, dan gaya. 

Desain baju batik Talu sangat minimalis dan tampak mempesona. Talu membuat produknya dengan bahan berkelanjutan yang alami dan dibuat secara etis. 

3. KunangKunangku Bali

Produk UKM kreatif ini sangat cocok untuk dijadikan sebagai buah tangan yang dibagikan kepada anak-anak. KunangKunangku Bali menawarkan berbagai macam bentuk dan karakter boneka buatan tangan para pengrajin. Bagi orang dewasa, ada juga boneka-boneka imut yang menarik untuk dibeli dan bis dijadikan aksesori. 

4. Pithecanthropus

Salah satu dari daftar UKM Bali yang menarik lainnya yaitu Pithecanthropus. Dari namanya saja menunjukkan ciri khas yang berbeda dari yang lainnya. UKM lokal ini menampilkan koleksi produk pakaian batik yang berkualitas tinggi, menghidupkan motif-motif batik tradisional Indonesia yang telah diwariskan dari masa ke masa.

Mengenakan pakaian batik ini membawa perasaan nostalgia ke zaman yang telah berlalu. Selain itu, tak hanya masyarakat lokal yang terinspirasi oleh motif batik ini, tetapi desainer-desainer internasional juga terpukau oleh keindahan motif-motif tersebut. Selain pakaian batik, mereka juga menawarkan selendang kain batik, produk dekorasi untuk rumah, berbagai aksesoris, dan barang-barang antik. 

5. V Design 

V Design memiliki produk andalan yang meliputi lampu-lampu, aksesori untuk kamar hotel, peralatan kamar mandi, serta perabotan untuk spa. Selain itu, ada juga berbagai macam bentuk keramik yang memiliki nilai estetika dan pola desain yang indah, seperti wadah sabun cair, vas bunga, mangkuk buah, tempat lilin, dan berbagai item lainnya.

Yang membuat produk-produk ini semakin istimewa adalah adanya ukiran atau pahatan khas Bali yang terukir di atasnya. Produk ini cocok untuk kamu yang ingin terus merasakan atmosfer Bali bahkan saat berada di rumah.

6. Jenggala

Jenggala didirikan pada tahun 1976 dan telah menjadi salah satu pionir dalam industri keramik di Bali. Mereka menggunakan teknik produksi modern yang dikombinasikan dengan seni tradisional dalam pembuatan produk keramik mereka. 

Salah satu ciri khas Keramik Jenggala adalah perpaduan antara keindahan seni dan fungsi praktis dalam setiap produk yang mereka hasilkan. Ada berbagai macam produk yang ditawarkan Jenggala, termasuk peralatan makan, peralatan minum, dekorasi rumah, aksesori, dan banyak lagi. 

7. Mason Chocolates

Salah satu produk lokal yang mendunia yaitu Mason Chocolates. Produk makanan pembangkit mood ini terbuat dari bahan-bahan berkualitas hasil perkebunan lokal, Mason Chocolate menyajikan berbagai macam cokelat seperti cokelat tipis, cokelat kacang berlapis, cokelat truffle dan praline, cokelat batang, serta bubuk cokelat untuk memasak. 

Baca juga: 7 Hidden Gems di Nusa Dua, Lokasi KTT G20

8. Adem Juice & Smoothies 

Adem Juice & Smoothies merupakan UMKM asal Bali yang dirintis sejak tahun 2020 lalu. Adapun, UKM minuman sehat ini berlokasi di Jalan Nangka Utara dan Jalan Teuku Umar Barat, Denpasar. Untuk diketahui, produk UKM minuman ini memiliki komposisi produk yang terdiri dari berbagai campuran buah hingga sayur tanpa pemanis dan pewarna buatan.

Daftar UKM di Bali tersebut dapat menjadi referensi kamu untuk membeli ketika berkunjung saat liburan. Tentu saja masih ada banyak produk UKM lain yang juga patut direkomendasikan, kamu bisa mengeksplorasi semuanya saat berkunjung ke Pulau Dewata. Selamat mencoba!

Exit mobile version