Dari Boston Hingga Tokyo, 5 Lomba Maraton Bergengsi di Dunia

lomba maraton tokyo

Lomba Maraton Tokyo. Foto: Wikipedia

JNEWS – Ada banyak lomba maraton berskala internasional digelar setiap tahunnya. Namun yang masuk kategori World Marathon Majors (WMM) dan paling bergengsi serta paling banyak pesertanya hanya di enam kota.

Ajang lari maraton tersebut, yakni Maraton Boston, Maraton London, Maraton Berlin, Maraton Chicago, Maraton New York City dan Maraton Tokyo.

WMM sendiri merupakan kompetisi maraton paling bergengsi dan paling diminati di dunia. Ajang ini diikuti oleh puluhan ribu peserta. Dari atlet amatir, profesional, selebriti dari berbagai negara hingga masyarakat umum. Mereka bersaing untuk menyelesaikan tantangan lari sejauh 42,195 Km dengan melintasi beberapa rute jalan kota paling terkenal di negara penyelenggara.

Lomba Maraton Tokyo – Jepang

Perhelatan Maraton Tokyo 2024 diikuti oleh sekitar 38 ribu pelari dari seluruh dunia, dan 300 pelari di antaranya berasal dari Indonesia, di mana salah satunya adalah Adinda Rezky Sarah, Srikandi dari Team Specialis Audit JNE. Dari Indonesia sendiri beberapa selebritis top Tanah Air ikut ambil bagian, di antaranya Raffi Ahmad, Yura Yunita dan Yuki Kato. Tidak ketinggalan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno ikut andil dan berhasil selesai  hingga garis finish. Mengingat masuk dalam ajang WMM, maka tak heran apabila Tokyo selalu menjadi favorit penyuka olahraga lari dari seluruh dunia. Ajang ini merupakan event pertama dalam kalender rutin lari marathon di dunia.  Biasanya, Tokyo Marathon berlangsung pada Minggu pertama setiap Maret.

Lomba Maraton Boston – Amerika Serikat

Maraton Boston biasanya diadakan pada April. Kompetisi ini selalu bertepatan dengan Patriots’ Day di AS. Maraton Boston merupakan ajang maraton tahunan tertua di dunia. Pertama kali diadakan pada 1897, penyelenggaraan Maraton Boston terinspirasi dari perlombaan maraton di Olimpiade Athena 1896.

Lomba Maraton Chicago – Amerika Serikat

Maraton Chicago adalah kompetisi lari kelas dunia yang digelar sejak 1977. Kompetisi lari ini telah berkembang pesat sejak perlombaan pertamanya digelar. Saat itu, Maraton Chicago hanya diikuti oleh 4.200 pelari. Hingga saat ini, Maraton Chicago diikuti hampir 40.000 atlet amatir dan elit. Setiap peserta di Maraton Chicago akan disajikan beberapa panorama keindahan Kota Chicago.

Lomba Maraton New York – Amerika Serikat

New York City Marathon disebut sebagai kompetisi maraton terbesar di dunia. Pada 2022, pesertanya mencapai sekitar 50.000 orang.  Kompetisi lari maraton ini pertama kali digelar di New York pada 1970. Selain wilayah perkotaan, lomba maraton ini juga melintasi lima jembatan, mendaki bukit terjal dan melewati beberapa situs paling ikonik di dunia.

Lomba Maraton London – Inggris

Tujuh rekor dunia telah dibuat di Maraton London. Salah satu kompetisi maraton paling fenomenal di dunia ini pertama kali diadakan pada 1981. Pelari akan disuguhi beragam lokasi fenomenal di London, termasuk melewati monumen kapal Cutty Sark yang terkenal, London Eye, Big Ben, dan London Tower dengan finis perlombaan di The Mall depan Istana Buckingham.

Lomba Maraton Berlin – Jerman

Maraton Berlin menjadi salah satu World Marathon Majors tercepat di dunia. Diadakan pada akhir September, Maraton Berlin merupakan kompetisi lari dengan lintasan datar dan tercepat. Kompetisi ini start dan finish di Jembatan Brandenburg. *

Baca juga: 5 Kawasan Sport Center Terintegrasi dan Terkemuka di Asia

Exit mobile version