7 Ide Dekorasi 17 Agustus Menggunakan Barang Bekas di Rumah

Ada banyak cara untuk merayakan kemerdekaan negara tercinta, salah satunya dengan menghias rumah, jalanan kompleks perumahan, kantor hingga sekolah dengan ornamen merah putih. Agar lebih menarik, dekorasi 17 Agustus dari barang bekas bisa dijadikan ide untuk menyemarakkan pesta rakyat yang diadakan satu tahun sekali ini.

Sejak akhir bulan Juli, penjual dekorasi dan atribut seperti bendera mulai muncul serta berjualan di pinggir jalan. Sebenarnya jika tidak mau repot, bisa membeli dari dagangan penjual tersebut. Tapi, membuat sesuatu yang unik dan berbeda dari tahun sebelumnya tentunya menjadi hal menarik. Kamu bisa memanfaatkan barang bekas yang ada di rumah sebagai kreasi untuk dekorasi.

Barang bekas yang bisa digunakan antara lain galon, kantong plasting, gelas atau botol bekas air mineral, kertas koran, sedotan hingga kain perca. Tenang, cara membuatnya tidak sulit dan bahan yang dibutuhkan juga tidak banyak.

Menggunakan barang bekas sebagai ide dekorasi sangat membantu mengurangi sampah dan pencemaran. Bahkan, ide dari bahan bekas ini bisa menjadi nilai plus apabila dekorasinya dilombakan.

Apa saja ide dekorasi 17 Agustus dari barang bekas? Selengkapnya, simak ulasan berikut ini.

7 Ide Dekorasi 17 Agustus dari Barang Bekas

7 Ide Dekorasi 17 Agustus Menggunakan Barang Bekas di Rumah

1. Lampion dari Wadah Telur Bekas

Lampion dari botol plastik sudah mainstream, barang lain yang unik untuk dijadikan ide dekorasi adalah wadah telur bekas. Untuk membuat lampion ini, gunakan wadah dari bahan plastik.

Untuk bahan yang diperlukan antara lain wadah telur bekas, kuas, gunting, tali, cat, pita bening, lem tembak. Pastinya semua bahan ini mudah ditemui di rumah dan tambahannya juga tidak terlalu mahal.

Cara membuat tidak sulit, cukup potong bagian atas-bawah wadah telur, lalu dicat. Setelah catnya kering, rekatkan semua bagian wadah dengan lem tembak. Nantinya akan berbentuk kotak. Untuk bisa digantung, empat sisi wadah dilubangi kecil lalu ikat dengan tali. Di bagian bawah bisa gunakan kain untuk menutupnya.

Baca juga: 3 Cara Kreatif Rayakan Hari Kemerdekaan Secara Virtual

2. Topi Karnaval 17 Agustus dari Kardus

Biasanya setiap tanggal 16-17 Agustus sering diadakan karnaval, mulai dari RT/RW, instansi hingga sekolah. Menariknya, ada lomba untuk atribut karnaval yang memacu kreativitas dari warga, karyawan dan siswa-siswi.

Salah satu ide yang bisa digunakan adalah topi karnaval dari kardus. Tidak sulit mencari kardus di rumah, atau kalau tidak ada bisa dicari di mini market terdekat.

Cara membuat pun cukup mudah, potong dan lipat kardus membentuk topi, kemudian bisa diwarnai, dicat atau rekatkan kertas krep warna merah-putih. Sebagai hiasan, bisa gunakan pita atau bentuk kertas krep seperti bulu-bulu lalu rekatkan di bagian depan atau belakang topi. Pasti unik dan menarik!

3. Gantungan Lonceng di Teras dari Cup Jelly

Cup jelly kecil favorit anak-anak jangan dibuang. Manfaatkan cup bekasnya untuk dijadikan ide dekorasi seperti lonceng angin atau hiasan gantungan yang lucu.

Untuk membuat hiasan ini membutuhkan beberapa cup jelly bekas, lalu warnai menggunakan pylox warna merah dan putih. Selesai warnai, lubangi di bagian dasar cup dengan jarum, masukkan benang katun (biar kokoh), simpul di bagian bawah agar bisa digantung.

Susun cup jelly selang-seling sesuai warna. Di bagian atas gunakan tutup stoples plastik yang sudah tidak dipakai. Hias tutup stoples bisa dengan membungkusnya dengan kain atau kertas krep.

Gantungan ala lonceng angin sudah jadi!

4. Gantungan dari Botol Plastik Bekas dengan Pom-Pom

Ide dekorasi 17 Agustus dari barang bekas lainnya dengan menggunakan botol plastik untuk gantungan hiasan.

Kumpulkan beberapa botol plastik air mineral, lalu potong bagian tengah. Siapkan tali katum dan pom-pom berwarna merah atau putih yang sudah dikreasikan terlebih dulu. Untuk botolnya bisa dicat merah putih atau dipylox.

Masukkan tali dan pom-pom, masukkan ke dalam botol, rekatkan ujung atas tali di penutup dengan lem. Hiasan dari botol plastik sudah selesai.

5. Rangkaian Bunga Merah Putih dari Kain Bekas

Rangkaian bunga adalah salah satu dekor yang selalu ada di setiap perayaan 17 Agustus. Namun, untuk tampil berbeda, rangkailah bunga tersebut dengan menggunakan kain bekas.

Akan lebih baik jika kainnya berwarna merah putih. Bunga dari bahan bekas ini bisa ditempatkan di berbagai ruangan baik di rumah, sekolah maupun kantor. Hadirnya dekor yang satu ini bisa menambah nuansa segar di ruangan.

Alternatif barang bekas lainnya jika tidak ada kain adalah tas plastik kresek.

6. Kincir Angin Merah Putih dari Kertas Origami dan Sedotan Plastik

Dekorasi 17 Agustus dari bahan bekas seperti sedotan plastik bisa dirangkai menjadi kincir angin. Bahan yang digunakan pun tidak sulit, cukup kertas origami berwarna merah dan putih ukuran 16×16 cm, sedotan plastik.

Untuk kertas origami dilipat membentuk kincir angin, lalu di bagian tengah letakkan mutiara sintetis. Jika sudah selesai, rekatkan di sedotan plastik menggunakan lem. Agar lebih menarik, bisa tambahkan pita sebagai hiasan di sedotan.

7. Tirai Menjuntai dari Botol Air Mineral Gelas Bekas

Siapkan 5-10 air mineral gelas bekas, jika kurang bisa menyesuaikan. Kemudian, gambar sesuai yang disukai, misalnya bintang, bulan. Setelah selesai, gunting gambar sesuai ukurannya. Warnai dengan cara dicat atau disemprot pylox warna merah dan putih.

Sediakan benang katun yang ukurannya telah ditentukan. Tempelkan gambar yang sudah diwarnai dengan lem tembak. Atur berjarak agar terlihat rapi.  Setelah selesai, pasang di jendela. Selain untuk tirai jendela, hiasan ini bisa juga digantung di teras atau pagar rumah.

Baca juga: 10 Film tentang Indonesia dengan Latar Belakang Zaman Perjuangan

Dengan kreativitas untuk dekorasi 17 Agustus dari barang bekas, dijamin ruangan, teras atau sudut-sudut kompleks perumahan akan lebih semarak dan menarik. Apalagi jika dekorasi ini dilombakan tentunya akan lebih bersemangat memberikan hiasan terbaik. Selamat menyambut hari kemerdekaan Indonesia tercinta. Merdeka!

Exit mobile version