10 Aplikasi dan Platform Terbaik untuk Desain Kaos Online

JNEWS – Desain kaos online merupakan solusi jika ingin membuka jenis usaha yang sedang berkembang pesat ini. Tidak semua orang punya modal puluhan juta untuk mengumpulkan sebuah tim usaha sesuai keahlian masing-masing. Jika sudah mengerti pangsa pasar, promosi dan perhitungan bisnis yang tepat, tak ada salahnya langsung memulai usaha tersebut meski dengan tim terbatas atau bahkan seorang diri.

Jika memiliki kendala dengan desain maka banyak aplikasi atau platform yang dapat digunakan untuk membuat desain kaos online. Yang penting untuk diperhatikan adalah mengetahui resolusi gambar paling tepat yang akan dicetak pada kaos. Tanyakan resolusi gambar yang sesuai kepada jasa cetak kaos sebelum desain disimpan dan dikirimkan ke jasa tersebut.

10 Aplikasi dan Plaform Desain Kaos Online Terbaik

Desain kaos online memang jadi solusi yang lebih mudah daripada belajar desain dari nol. Namun untuk menghasilkan desain terbaik, pemilik usaha harus tahu apa yang akan didesain berdasarkan permintaan pasar. Selain itu, hindari menjiplak karya orang lain dan karya-karya yang dilindungi dengan hak cipta.

Berikut adalah 10 aplikasi dan platform yang dapat digunakan untuk desain kaos online.

1. Canva

Canva dapat digunakan untuk membuat desain kaos online yang menarik, baik melalui aplikasi maupun platform. Canva merupakan aplikasi yang paling digemari saat ini karena sangat user-friendly untuk pemula. Fitur-fitur dan template gratisnya cukup untuk membuat desain kaos untuk keperluan distro. Namun jika ingin desain yang istimewa, pengguna dapat membayar fitur-fitur yang lebih eksklusif.

Canva tidak hanya menyediakan fitur desain, melainkan juga memberikan edukasi tentang proses pembuatan kaos bagi yang baru memulai bisnis kaos. Bahkan Canva juga menyediakan fitur mock up untuk memajang kaos ala desainer atau toko profesional.

Baca juga: Canva Web: Cara Daftar, Login, dan Penggunaannya untuk Digital Marketing

2. Picsart

Picsart juga sangat populer di kalangan pembuat desain pemula. Aplikasi ini gratis tetapi ada fitur-fitur khusus yang berbayar seperti Canva. Dibandingkan dengan Canva, Picsart memberikan ruang lebih banyak untuk membuat desain di luar template. Pengguna dapat mengeksplorasi berbagai bentuk, warna, efek, font dan sebagainya yang ada pada Picsart. Dengan demikian, desain yang dihasilkan dapat lebih personal.

3. Kittl

Platform ini secara khusus menyatakan diri sebagai tempat untuk membuat desain kaos online gratis. Namun untuk menggunakannya perlu bergabung dengan keanggotaan Kittl. Platform ini belum memiliki multi-artboards, sehingga desain bagian depan dan belakang harus dilakukan secara terpisah dengan hasil yang tetap bagus.

Kittl menyediakan banyak templates dan fitur AI (Artificial Intelligence). Pengguna dapat mengaplikasikan desain ke berbagai ukuran kaos dengan melakukan pengaturan sesuai dengan jenis printer yang akan digunakan. Hasil desain dapat langsung disebarkan ke media sosial untuk keperluan promosi.

4. T Shirt Design – T Shirt Art

Aplikasi buatan Fusion Developers ini khusus untuk mendesain kaos. Banyak fitur yang tersedia, antara lain kaos dengan warna-warna polos, logo, stiker, stylish fonts, dan sebagainya. Teks dapat dibuat melengkung, 3D, bahkan dirotasi. Desain dari  aplikasi lain atau foto yang mengesankan dapat diimpor untuk diedit menjadi desain kaos. Pengguna juga dapat membuat desain multiwarna dengan mudah. Aplikasi ini memiliki rating 4,8 di Google Play dan sudah diunduh sebanyak sejuta kali lebih.

5. Mockup Generator App (Mockitup)

Ini merupakan aplikasi untuk membuat logo yang sangat mudah digunakan untuk pemula. Logo tersebut dapat ditempelkan di mana saja, seperti kaos, mug, kover ponsel atau halaman depan majalah. Mockitup menyediakan template media yang akan digunakan untuk mencetak sehingga desain logo yang dihasilkan dapat ditampilkan seperti aslinya untuk keperluan promosi. Pengguna dapat mendesain lebih dahulu atau memililih salah satu dari seribu lebih template logo yang sudah ada. Namun aplikasi ini memiliki keterbatasan, yaitu hanya fokus pada logo.

6. T Shirt Design Pro – T Shirts

Aplikasi dari Fusion Developers ini memiliki fitur-fitur yang mirip dengan aplikasi T Shirt Design – T Shirt Art. Aplikasi ini dapat digunakan untuk membuat, mengedit, dan mencari ide desain kaos online. Pengguna dapat memilih latar desain baik warna-warna polos maupun grafik. Aplikasi ini juga menyediakan 5000 lebih desain logo dan 1000 lebih template latar desain. Hasil desain dapat langsung dibagikan ke media sosial.

7. T-Shirt Design Studio

Aplikasi buatan PSV Studio ini tidak hanya menyediakan tempat untuk membuat desain kaos, melainkan juga menyediakan jasa cetak yang dapat dikirim ke seluruh dunia. Di dalam aplikasi ini terdapat banyak template dan stiker serta fasilitas impor foto atau gambar. Foto atau gambar yang telah diimpor tersebut dapat diedit untuk ditambah dengan kutipan-kutipan yang menarik.

8. T Shirt Design Pro – T Shirts

Aplikasi dari Prestige Studio ini memiliki nama yang sama dengan aplikasi nomor 6 di atas. Namun template yang disediakan berbeda. Template pada aplikasi nomor 6 menampilkan desain yang lebih beragam dan menantang. Sedangkan template yang ada di aplikasi nomor 8 ini lebih terkesan lucu dan playful. Pengguna dapat memilih kecenderungan desain yang diinginkan sesuai dengan pangsa pasar yang menjadi target penjualan.

9. Football Jersey Maker

Aplikasi yang dibuat oleh Design Matrix ini memenuhi kebutuhan penggemar sepak bola untuk membuat jersey kebanggaan mereka sendiri. Sepak bola merupakan salah satu cabang olahraga yang paling banyak penggemarnya. Bahkan para penggemar di desa-desa mengusahakan adanya jersey jika menyelenggarakan liga sepak bola antar kampung atau tarkam. Aplikasi ini menyediakan banyak sekali logo, latar kaos hingga garis atau setrip yang diinginkan. Memiliki jersey sendiri yang keren akan menaikkan semangat bertanding.

10. Mockup Creator, T-shirt Design

Aplikasi buatan Simple Productivity  Apps ini menyediakan antarmuka yang mudah dikuasai untuk menambahkan teks, gambar atau grafik. Mockup Creator memiliki banyak sekali template klasik hingga yang modern dan berani. Pengguna juga dapat membuat desain sendiri dari awal tanpa template. Fitur keren lainnya adalah penghilang latar AI yang akan membuat desain tampak menyatu dengan latar kaos. Aplikasi ini gratis tapi terbatas pada fitur tertentu saja.

Baca juga: Panduan Memilih Kaus Pria untuk Berbagai Bentuk Tubuh

Desain merupakan keterampilan yang tidak mudah untuk dikuasai. Desain kaos yang sederhana tidak lantas mudah dibuat, melainkan sama sulitnya dengan desain kaos yang kompleks. Namun jika belum sanggup membayar desainer profesional, maka aplikasi dan platform desain kaos online di atas dapat dijadikan pilihan.

Exit mobile version