Menyelami Keindahan Eksklusif: 10 Destinasi Wisata Termahal di Indonesia

JNEWS – Wisata termahal di Indonesia menunjukkan fakta bahwa ada beberapa destinasi dalam negeri yang membutuhkan bujet jauh lebih tinggi daripada liburan ke Singapura, Thailand, atau Australia. Sebagian besar destinasi tersebut mengandalkan keindahan alam. Namun komponen utama yang menyebabkan harganya sangat mahal ada dua macam, yaitu transportasi dan akomodasi.

Beberapa destinasi wisata termahal di Indonesia menyedot biaya untuk pesawat, kapal atau speed boat dan tiket masuk. Sedangkan akomodasi yang mahal didominasi oleh layanan dan fasilitas eksklusif. Meski mahal, destinasi-destinasi tersebut selalu ramai karena wisatawan umumnya merasa bujet yang dikeluarkan sepadan dengan pengalaman dan kenangan yang didapatkan.

10 Destinasi Wisata Termahal di Indonesia

Sebagian besar destinasi wisata termahal di Indonesia berada di kawasan destinasi wisata super prioritas. Dikutip dari laman Kemenparenkraf, ada lima destinasi wisata super prioritas, yaitu Candi Borobudur, Labuan Bajo, Danau Toba, Mandalika, dan Likupang.

Untuk mengetahui berapa bujet yang harus dipersiapkan, berikut adalah 10 wisata termahal di Indonesia.

1. Labuan Bajo dan Pulau Komodo

Labuan Bajo terletak di Nusa Tenggara Timur merupakan destinasi super prioritas yang patut diusahakan. Labuan Bajo memberikan pilihan liburan ekonomis dan luxury agar dapat terjangkau oleh semua kalangan. Untuk liburan mewah, sebagai salah satu destinasi wisata termahal di Indonesia, Labuhan Bajo bisa dinikmati dari resor-resor atau dengan kapal pinisi.

Beberapa resor mewah, antara lain Ta’aktana, Plataran, Ayana, dan sebagainya menawarkan harga sewa Rp5.000.000 hingga Rp25.000.000 per malam, belum termasuk transportasi menuju Labuan Bajo. Sedangkan untuk kapal pinisi mewah, ada Amandira yang pernah disewa Nikita Willy seharga USD 13.500 atau Rp216.000.000 per malam dengan kapasitas 10 orang. Sementara kapal pinisi yang pernah dinaiki Presiden Joko Widodo, yaitu Felicia mematok harga Rp50.000.000 hingga Rp120.000.000.

Baca juga: Mengenal Budaya dan Tradisi Lokal di Labuan Bajo

2. Raja Ampat

Kepulauan Raja Ampat di Papua memiliki empat pulau di wilayah perairan yang terkenal indah hingga ke mancanegara. Dalam perairan tersebut tersimpan kekayaan bawah laut, antara lain penyu, paus, pari manta, dan ubur-ubur berwarna cerah.

Biaya yang harus dikeluarkan antara lain tiket pesawat Jakarta – Sorong Rp6.000.000 pulang pergi (PP), sewa mobil Rp1.000.000 per hari, feri Rp100.000 hingga Rp215.000, pin Raja Ampat Rp500.000, sewa speedboat untuk island hopping Rp7.500.000, dan penginapan dengan tarif berkisar dari Rp600.000 ribu hingga Rp4.000.000 per malam.

3. Pulau Bawah Reserve

Pulau Bawah terletak di Pulau Anambas, Riau. Pulau Bawah mengusung konsep pulau pribadi, karena itu pantas menjadi salah satu destinasi wisata termahal di Indonesia. Pulau Bawah merupakan pulau terluar Indonesia dengan jarak sekitar 300 km dari Singapura. Pulau Bawah terdiri dari 35 suites yang dikelilingi laguna berwarna biru dan hutan lebat. Pulau Bawah hanya memiliki daya tampung 70 orang.

Pulau Bawah mematok harga Rp25.000.000 hingga Rp35.000.000 per malam, ditambah biaya pesawat yang bisa mendarat di air seharga Rp12.000.000 dari Batam ke Pulau Bawah PP. Jika dari Jakarta maka ditambah biaya pesawat Rp2.500.000 hingga Rp3.000.000 PP.

4. Nihiwatu

Nihiwatu di Sumba, Nusa Tenggara Timur, ini adalah sebuah resor yang terkenal berkat foto-foto artis menunggang kuda di pantai. Nihiwatu memiliki garis pantai yang indah dan keanekaragaman kehidupan bawah laut yang memukau. Nihiwatu merupakan pantai tertutup sehingga pengunjung dapat bersantai dengan bebas di kolam renang pribadi masing-masing. Karena itu, destinasi ini merupakan salah satu wisata termahal di Indonesia.

Harga sewa vila-vila di Nihiwatu terbilang fantastis, antara lain Mandaka Villa dibanderol Rp14.000.000 hingga Rp114.000.000 per malam, Puncak Villa yang berada di atas gunung tarifnya berkisar dari Rp85.000.000 per malam dan Nihiwatu Hotel bertarif antara Rp8.500.000 hingga Rp157.000.000. Harga tersebut belum termasuk tiket pesawat dari rumah.

5. Bvlgari Resort

Bvlgari, atau Bulgari, terletak di Uluwatu, di ujung barat Bali. Resor ini berada di ketinggian 150 meter, di tebing Uluwatu. Bulgari menghadap ke Samudra Hindia yang luas sehingga wisatawan dapat menikmati pemandangannya melalui jendela kaca kamar atau dari kolam renang pribadi masing-masing. Wisatawan juga dapat bersosialisasi di beach club.

Harga sewa kamar Bvlgari hanya untuk kalangan atas, dengan tarif Rp128.000.000, belum termasuk biaya transportasi dari rumah masing-masing.

6. Gunung Carstensz

Gunung Carstenz tidak bisa dikatakan wisata sepenuhnya karena lebih sebagai petualangan khusus bagi pendaki berpengalaman. Komponen biaya meliputi seluruh aspek, yaitu transportasi, perlengkapan, akomodasi, dan perizinan. Namun, fakta bahwa Gunung Carstensz adalah satu dari seven summits sangat menggoda bagi sebagian pencinta alam.

Biaya dimulai dengan penerbangan reguler ke Timika, penerbangan dengan pesawat perintis ke Kabupaten Puncak Jaya, dan seterusnya. Total biaya termurah di atas Rp50.000.000.

7. Amanjiwo

Amanjiwo terletak di dekat Candi Borobudur, Jawa Tengah, yang merupakan salah satu destinasi super prioritas. Sebagai salah satu destinasi wisata termahal di Indonesia, Amanjiwo memang menawarkan privacy dan kemewahan lebih. Tempat ini sudah menjadi langganan orang-orang kaya dan terkenal dari seluruh dunia, termasuk Mark Zuckerberg dan keluarga Beckham. Tarif kamar rata-rata di Amanjiwo USD 1.100 atau sekitar Rp18.000.000. Namun, untuk kamar-kamar termewah dapat mencapai Rp75.000.000 per malam.

8. Amanwana Resort

Amanwana di Pulau Moyo, Nusa Tenggara Barat, ini mendapat julukan crème de la crème. Meski sudah digunakan oleh mendiang Lady Diana untuk menenangkan diri di tengah proses perceraiannya dengan Pangeran Charles, destinasi wisata termahal di Indonesia ini menghindari publikasi berlebihan untuk menjaga privacy para tamu. Selain hutan dan pantai, di sini ada air terjun Mata Jitu yang jernih favorit Lady Diana.

Resor ini hanya bisa dicapai dengan speedboat sewaan. Tarif kamar rata-rata USD 1.450 atau Rp24.000.000 per malam, belum termasuk transportasi. Tarif kamar Lady Diana dan Mick Jagger di sini tentu jauh berbeda.

9. Mentawai

Mentawai pernah menjadi tempat tetirah Paul Walker semasa hidup. Dia membangun rumah sendiri yang tanpa lampu dan sehari-hari menangkap lobster atau ikan untuk makan.

Mentawai juga merupakan surga peselancar dunia. Wisatawan bisa menikmati keindahan Kepulauan Mentawai di Sumatra Barat dengan cara yang lebih mewah, yaitu menginap di resor-resor yang ada di sana. Salah satu resor terkenal adalah Aloita Resort dengan tarif USD 510, atau sekitar Rp8.000.000 per malam, sudah termasuk perlengkapan menyelam.

Sumber: Booking.com

10. The St. Regis Resort

The St. Regis merupakan salah satu destinasi wisata termahal di Indonesia dan merupakan resor tersohor di Bali. Bagi yang menyukai wisata pantai tetapi tetap dalam suasana penuh kemegahan dan kemewahan, maka di sinilah tempatnya. Dengan konsep pantai tertutup, wisatawan harus merogoh kocek sebesar Rp9.000.000 untuk kamar suite dan Rp50.000.000 per malam untuk private villa.

Baca juga: Liburan Hemat: Tip dan Trik Berburu Tiket Pesawat ke Bali dan Mendapatkan Akomodasi Terjangkau

Pepatah ada harga ada rupa berlaku pada tempat-tempat wisata termahal di Indonesia. Melayani tamu-tamu VIP tentu tidak bisa sembarangan. Jika ingin mendapatkan pengalaman liburan termewah, pastikan bujet di atas telah tersedia.

Exit mobile version