Selain Deterjen, Ini 5 Cara Bikin Baju Harum Seharian

Bikin baju tetap harum

Siapa yang tak suka bila baju yang dipakai lembut dan wangi? Pasti semua orang menginginkan memiliki pakaian yang tetap wangi hanya dengan mencuci sendiri.

Sebab, pakaian yang bersih, lembut, dan wangi bisa menambah kepercayaan diri pemakainya, lho. Baju harum dengan aroma yang menyegarkan juga bisa menambah semangat kamu saat menjalani aktivitas.

Lalu, bagaimana caranya membuat pakaian harum tanpa harus pergi ke laundry?

Baca juga: Pilih-Pilih Baju Nyaman untuk Si Kecil, Perhatikan Sejumlah Hal Ini

Nah, membuat pakaian bersih dan harum tak cukup dengan pelembut dan pewangi pakaian saja. Simak tips di bawah ini agar pakaian kamu harum tahan lama.

1. Pilih deterjen agar baju harum

Kamu bisa memilih detergen dengan proteksi higienis. Pastikan juga detergen tersebut memiliki aroma buah-buahan yang memberi kesegaran tahan lama.

Selain menggunakan deterjen, kamu juga membutuhkan pelembut dan pengharum pakaian. Pilih pelembuh dan pewangi baju dengan aroma yang sama dengan detergen.

Sekarang ini banyak produk detergen dan pewangi yang menawarkan aroma buah seperti strawberry. Pengharum seperti ini biasanya bisa menghilangkan segala jenis bau mulai dari apek, amis, polusi, hingga bau asap.

2. Hindari menunda cuci baju

Seringkali karena kesibukan aktivitas mencuci baju menjadi tertunda. Padahal dengan sengaja menumpuk pakaian dalam jangka waktu lama menjadi penyebab bau pada pakaian karena adanya bakteri.

Agar bakteri tak menumpuk dan berkembang banyak, sebaiknya segera mencuci. Pastikan paling lama kamu mencuci dua hari sekali untuk menghindari tumpukan baju kotor.

Baca juga: Tips dan Trik Chef Devina Agar Bahan Makanan Tetap Segar

3. Perhatikan waktu merendam pakaian

Umumnya orang beranggapan merendam pakaian dalam waktu lama bisa mempertahankan aroma detergen pada baju. Padahal, merendam lebih dari 30 menit untuk baju bisa menimbulkan bau tak sedap.

Namun, pastikan juga waktu merendam jangan terlalu sebentar, karena bisa saja pakaian belum terlalu bersih dan wangi.

Waktu ideal untuk merendam pakaian menggunakan deterjen adalah 30 menit. Sementara 10-15 menit waktu untuk merendam pakaian dengan pewangi.

4. Peras pakaian sebelum menjemur

Setelah mencuci, membilas, dan merendam dengan pewangi, pastikan kamu memeras pakaian tadi. Tujuan dari memeras pakaian adalah untuk menghilangkan sisa sabun dan deterjen yang mungkin masih tertinggal di serat pakaian.

Selain itu, memeras pakaian bertujuan agar kotoran tidak menempel kembali.

Baca juga: Milenial, Ini Lho Jenis Usaha Modal di Bawah Rp500 Ribu

5. Jangan menjemur di bawah terik matahari langsung

Banyak yang beranggapan menjemur di bawah panas matahari langsung bisa membuat pakaian cepat kering. Anggapan tersebut tidak sepenuhnya salah.

Namun, bila tujuannya agar baju harum dan wangi, sebaiknya jemur pakaian dengan cara diangin-anginkan di tempat teduh. Pastikan juga sirkulasi udara di sekitar jemuran, baik. Karena angin dapat membantu penguapan tanpa mengubah bau pakaian.

Nah, selamat mencoba!

Exit mobile version