Dua Tempat Ngecas Mobil Listrik Baru di Jakarta, Masih Gratis

SPKLU Pertamina

 

Perkembangan kendaraan listrik di Tanah Air makin mengeliat. Meski terlambat dibandingkan negara-negara tetanga, namun ragam upaya untuk membangun ekosistemnya terus dilakukan oleh pemerintah.

Salah satunya terkait masalah infrastruktur pengisian daya listrik atau Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU). Dalam upaya percepatan kendaraan listrik, bersama dengan Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT), Pertamina resmi menghadirkan dua SPKLU baru di wilayah Jakarta.

Kehadiran dua SPKLU BPPT-Pertamina tersebut merupakan tambahan dari satu unit yang sebelumnya sudah beroperasi di SPBU Fatmawati, Jakarta Selatang. Dengan demikan, kini ada 3 SPKLU mobil listrik yang tersebar di SPBU Pertamina.

BACA JUGA : Tokopedia Jual Mobil Listrik Tesla, Diskon Sampai Rp 50 Juta

Menariknya lagi, selama proses perizinan SPKLU tersebut berjalan, pemilik mobil listrik bisa mengisi daya kendaraannya secara gratis tanpa biaya. Sedangkan untuk lokasinya berada di di SPBU Lenteng Agung dan SPBU MT Haryono.

 

Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati mengatakan sebagai BUMN yang masih menjalankan bisnis didominasi energi fosil, maka transformasi Pertamina harus dijalankan secara signifikan dan cepat.

Komitmen transisi energi juga harus dilakukan secara serius dan melibatkan program yang sangat masif. Target tersebut masukan ke dalam Environment, Social & Governance (ESG), baik secara langsung maupun tidak langsung di dalam operasional perusahaan.

Menurutnya, Pertamina juga telah melakukan penurunan karbon emisi dalam 10 tahun terakhir sebesar 29 persen. Hal ini akan terus ditingkatkan termasuk di sektor transportasi yang menyumbang 23 persen karbon emisi.

“Sektor transportasi Ini harus menerapkan elektrifikasi, untuk Itu, Pertamina bekerja sama dengan berbagai pihak, salah satunya dengan BPPT untuk mengembangkan SPKLU. Ada 3 lokasi yang dikembangkan dan alhamdullilah sudah beroperasi,” ujar Nicke.

Exit mobile version