Dukung Perempuan Kembangkan Usaha Impian, Ikuti Tips ala SalaKilo

SalaKilo berbagi tips bisnis bagi perempuan

Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) memiliki peran strategis dalam menopang pertumbuhan ekonomi bangsa. Sektor ini banyak menciptakan peluang usaha dan membuka lapangan kerja.

Dukungan dari berbagai pihak diperlukan untuk mendorong semakin banyak pemilik usaha dari berbagai skala untuk maju, termasuk bisnis rumahan yang banyak digeluti oleh perempuan.

Menurut Menteri Keuangan, Sri Mulyani, perempuan merupakan pelaku yang sangat penting dalam menjadi roda penggerak kemajuan UMKM. Tercatat per Januari 2022, di tingkat usaha mikro terdapat 52 persen dari 63,9 juta pelaku usaha mikro di Indonesia adalah perempuan.

Baca juga: Gollaborasi Medan 2023

Salah satu perempuan hebat yang dapat memanfaatkan peluang dan membuktikan pencapaiannya dalam membangun bisnis rumahan adalah Riswah Yuni, Pemilik SalaKilo Balikpapan, yang justru menemukan ide bisnis dari hal yang tidak disukainya.

Di awal bisnisnya, Yuni menghadapi banyak tantangan seperti mindset masyarakat terhadap buah salak Balikpapan yang asam dan sepat, namun ia berhasil mematahkannya.

Yuni berhasil mengubah buah salak Balikpapan yang sepat dan asam, menjadi berbagai olahan makanan dan minuman yang enak. Keberanian dan kejeliannya dalam melihat peluang pun berhasil membuahkan hasil yang manis. Saat ini, SalaKilo sudah berdiri selama 10 tahun, memiliki puluhan varian produk dan dikenal luas oleh masyarakat Indonesia.

Yuni yakin bahwa semua orang, khususnya perempuan, bisa sukses berbisnis seperti dirinya. Berikut adalah beberapa tips dari Yuni:

Berani mencoba segala ide yang terlintas

Ide bisnis SalaKilo tercipta dari sesuatu yang awalnya tidak disukai oleh Yuni, yaitu Salak Balikpapan yang terasa asam dan sepat. Namun, Yuni berhasil melihat peluang pasar dan berani mencoba segala ide untuk mengolahnya hingga menciptakan cake salak yang lezat dan berbagai olahan dari buah salak Balikpapan.

Baca juga: Gerakkan Ekonomi Kreatif di Semarang, JNE Ngajak Online Pelaku UMKM 

Strategi yang tepat dalam menjangkau konsumen

Dalam menjangkau konsumen yang lebih luas, SalaKilo berani memaksimalkan penggunaan berbagai platform seperti media sosial hingga e-commerce.

Terlebih, Yuni melihat masyarakat sudah semakin familiar dengan berbagai teknologi digital dalam kesehariannya. Melihat hal ini, Yuni mulai masuk ke platform e-commerce seperti Shopee, serta mengadopsi layanan pembayaran digital ShopeePay untuk menghadirkan teknologi pembayaran contactless yang aman dan mudah bagi pelanggan.

Kepuasan pelanggan jadi kunci utama keberhasilan bisnis

Untuk semakin mendekatkan bisnis ke pelanggan, SalaKilo pun tak henti memberikan berbagai promo menarik. Selain itu, Yuni juga percaya bahwa menjaga kualitas produk juga tidak kalah penting dalam kunci keberhasilan bisnis.

Dari berbagai dampak positif yang dirasakan oleh SalaKilo, Riswah Yuni ingin mendorong lebih banyak orang untuk berani memulai usahanya.

“Saya percaya bahwa semua orang bisa berwirausaha, termasuk para perempuan, ibu rumah tangga, hingga anak muda. Terlebih lagi, situasi saat ini membuka banyak peluang usaha bahkan hanya dari rumah saja. Jadikanlah setiap kesempatan yang ada sebagai motivasi untuk memulai usaha.” tutup Yuni.

Baca juga: Keripik Nan Salero, Bangun Usaha dari Resep Warisan Nenek

Exit mobile version