Emak Jago di GoMart Jadi Tren Baru Saat Pandemi

Emak Jago menjadi layanan unggulan GoMart untuk memudahkan masyarakat saat berbelanja melalui aplikasi berbelanja online dari Gojek ini. Dengan asisten belanja Emak Jago, konsumen dibantu berbelanja makanan segar yang berkualitas di lebih banyak supermarket dan hypermarket yang telah bekerjasama dengan GoMart.

Seiring dengan itu, transaksi GoMart, mencatat pertumbuhan hingga lima kali lipat selama Ramadan. Peningkatan pengunjung layanan ini juga meningkat hingga 1,5 kali lipat dibanding bulan puasa di tahun sebelumnya.

Pertumbuhan ini tak lepas dari perubahan perilaku konsumen yang memilih belanja online selama pandemi COVID 19. Menurut Head of Marketing GoMart Yoel Wijaya, merespon kebiasaan baru ini GoMart meluncurkan ragam inisiatif. Hal ini dilakukan untuk memudahkan masyarakat dalam menjalani ibadah puasa.

BACA JUGA : Ciptakan UKM Eksportir, Kemendag Jalin Sinergi Lintas Lembaga

“GoMart memberikan rekomendasi resep untuk berbuka sahur. Menjadikan promo khusus Ramadan hingga bagi-bagi voucher lewat misi ajak teman. Kami sangat senang inisiatif kami tersebut disambut dengan baik oleh masyarakat yang tercermin dari pertumbuhan transaksi yang cukup signifikan dibandingkan Ramadan tahun lalu.” kata Yoel.

Tren groceries

Tak hanya mencatat segi transaksi, GoMart juga melihat beberapa tren kebiasan baru dalam berbelanja. Khususnya belanja bahan makanan online selama Ramadan di masa pandemi.

Di kategori produk segar, buah menjadi favorit dan paling banyak dipesan selama Ramadan. Item lain yang juga dipesan konsumen melalui online antara lain daging beku, daging dan ayam segar, sayuran, serta seafood segar. Masyarakat makin mudah memesan produk segar lewat GoMart dibantu asisten belanja Emak Jago. Sehingga konsumen mendapat produk yang segar dan berkualitas.

Sedangkan di kategori sembako, produk minyak goreng, gula pasir dan beras menjadi item yang paling banyak dipesan. Akhir pekan menjadi hari yang diminati masyarakat untuk berbelanja online. Waktu pemesanan paling sering terjadi menjelang berbuka puasa, mulai pukul 16.00 – 17.00.

BACA JUGA : Asperindo Jawab Kesiapan Logistik untuk Dongkrak Produk Lokal

GoMart juga mencatat ada pertumbuhan layanan di kota-kota baru. Kota dengan pertumbuhan pengguna baru tertinggi selama Ramadan adalah Semarang. Disusul Malang dan Surabaya. Sedangkan kota dengan tingkat order tertinggi setelah Jabodetabek adalah Surabaya dan Semarang.

Tak hanya Ramadan, sejak akhir tahun lalu, GoMart juga melakukan peningkatan layanan mempermudah konsumen belanja mingguan. Beberapa hal yang dilakukan antara lain menambah pilihan merchant dan produk. Terutama makanan hewani dan sayuran segar ke berbagai kota besar di Indonesia.

Selain itu juga meningkatkan kualitas layanan dengan menghadirkan asisten belanja berpengalaman Emak Jago. Dan pembaruan fitur stok harian secara otomatis di aplikasi pelanggan.

“Seluruh upaya yang kami lakukan bertujuan untuk menjadikan pengalaman berbelanja bahan makanan mingguan secara online bagi masyarakat semakin mudah dan tanpa ribet.” tutup Yoel.

BACA JUGA : Ada Kurikulum Khusus, Cocok Buat UMKM yang Mau Tambah Ilmu

Exit mobile version