5 Es Krim Viral yang Pernah Mewarnai Media Sosial

JNEWS – Harus diakui inovasi di dunia kuliner berkembang pesat. Selalu saja ada ide baru yang memanjakan lidah dan menarik perhatian masyarakat. Bahkan beberapa di antaranya berkat bantuan media sosial menjadi viral. Es krim salah satunya.

Kenikmatan ice cream tidak bisa ditolak oleh siapa pun. Kudapan ini tidak sekadar sebagai makanan penutup yang menyegarkan, tapi ajang kreativitas bagi sebagian orang untuk menciptakan ragam bentuk dan rasa yang menggugah selera.

Es krim adalah jenis makanan semi padat yang dibuat dengan cara tidak sulit. Hanya membutuhkan beberapa bahan saja seperti tepung es krim dari campuran susu, lemak nabati atau hewani, gula dan campuran lainnya. Kemudian semua bahan dicampurkan lalu dibekukan di lemari es.

Saking populernya di berbagai kalangan, sejumlah kafe, restoran hingga pedagang kaki lima menjual menu ini. Agar bisa bersaing, para penjual melakukan sejumlah inovasi baik dari segi rasa, bentuk dan harga.

Di jagat maya pun pernah diramaikan dengan postingan ragam ice cream yang memiliki bentuk unik. Bahkan salah satunya memadukan makanan seperti mi untuk dijadikan bahan pembuatan es ini.

Penasaran, seperti apa ice cream yang pernah viral di media sosial? Berikut ulasannya.

5 Es Krim Viral yang Pernah Mewarnai Media Sosial

es krim jangkrik
Sumber: chatelaine.com

1. Es Krim Topping Jangkrik

Inovasi ice cream dari Jerman tepatnya di kota Rottenburg am Neckar termasuk kategori unik dan ekstrem. Sebuah kedai es krim memperkenalkan varian baru yakni ice cream jangkrik. Serangga dari ordo Orthoptera ini tidak hanya dijadikan sebagai adonan saja tetapi juga untuk topping.

Ide awal menu ini berasal dari Thomas Micolino, selaku pemilik kedai. Micolio memiliki kebiasaan menciptakan kreasi ice cream yang unik dan ekstrem. Ia pernah membuat rasa sosis hati, rasa keju Gorgonzola hingga ice cream berlapis emas.

Di Uni Eropa tidak ada larangan penggunaan serangga untuk makanan. Untuk menu ekstrem ini, Micolino membuatnya dari tepung jangkrik, ekstrak vanila, madu, dan krim kental.

Baca juga: 6 Kue Ice Cream Terbaik di Seluruh Dunia

2. Es Krim Indomie

Pada tanggal 1 April 2023 silam, Indofood meluncurkan inovasi kuliner terbaru mereka yakni es krim Indomie. Iya, es dengan perpaduan rasa Indomie. Sontak saja publik langsung gempar dengan peluncuran produk terbaru dari perusahaan raksasa di industri pengolahan makanan ini.

Varian es krim seri X ini menggabungkan cita rasa ice cream dari produk ChocRocks dan Indomie goreng. Bahan dasar pembuatan kudapan manis ini sama seperti ice cream pada umumnya, yakni campuran susu, cokelat, whey protein, dan lainnya. Toppingnya adalah remahan Indomie goreng sungguhan.

Ketika membuka bungkusan es ini, aroma harum khas bawang goreng langsung menguar. Ketika memakannya, terasa perpaduan creamy, karamel, dan manis. Menariknya, aftertaste hampir mirip dengan rasa saat setelah melahap Indomie goreng.

Ice cream ini dijual terbatas hanya sampai bulan September 2023.

3. Es Krim Geprek

Tak hanya ayam saja yang digeprek, tetapi ice cream juga. Awal mula tren ini dari TikTok. Salah satu penggunanya mengunggah konten es krim cone yang disimpan di kulkas dengan posisi terbalik di wadah makanan. Tren ini kemudian berkembang menjadi ice cream yang digeprek.

Tidak tanggung-tanggung, ice cream cone yang digunakan untuk tren ini dari restoran cepat saji terkenal yakni McDonald’s. Jadi, ice cream-nya dibeli lalu dimasukkan ke dalam wadah dalam posisi terbalik, kemudian dihancurkan dengan cara digeprek.

Setelah konten tersebut  viral, netizen pun berlomba-lomba membuat konten sejenis melalui drive thru McDonald’s. Bahkan beberapa gerainya pun sampai kehabisan cone efek dari tren yang viral ini.

Tidak kehabisan akal, netizen pun lebih kreatif dengan menggunakan merek lain. Ada yang membuat dari ice cream cone yang dijual pedagang keliling hingga membeli di gerai ice cream ‘sultan’ dengan harga per es dibanderol Rp90.000. Tidak kalah kreatif, ada juga netizen yang mencampurkan camilan Cheetos yang diremukkan sebagai ‘topping’ untuk es ini.

4. Es Krim Viennetta

Generasi milenial pasti akrab dengan es krim Viennetta yang tren di era 1990-an. Di masa itu, ice cream ini merupakan salah satu kudapan yang mahal sehingga tidak semua bisa mencicipinya.

Puluhan tahun berlalu, netizen membuat petisi kepada Walls untuk menghadirkan kembali produk ini di pasaran. Hal ini dilakukan untuk mengobati kerinduan generasi milenial yang dulu tidak mampu membeli, sekarang sudah dewasa dan bekerja jadi sanggup membelinya.

Di tahun 2020, melalui akun Instagram resminya, Walls mengumumkan Viennetta hadir lagi di pasaran. Animo masyarakat yang besar membuat distribusinya mengalami kendala dan es ini pun kembali langka.

5. Es Krim Pipiltin

Pipiltin Cocoa adalah merek cokelat asli Indonesia. Bahan baku cokelat dari merek ini menggunakan kakao yang dihasilkan petani lokal. Ada yang dari Aceh, Bali, Papua, dan Kalimantan.

Sukses dengan produk cokelatnya, Pipiltin Cocoa mengeluarkan produk baru yakni es krim Pipiltin. Ice cream yang dijual jenisnya soft ice cream atau es krim lembut yang dilengkapi dengan berbagai topping.

Menariknya, mereka menggunakan cokelat Ransiki yang berasal dari Papua Barat. Es ini bisa dinikmati dengan cone atau cup. Harganya pun relatif terjangkau yakni Rp25.000.

Es ini viral di TikTok melalui unggahan video pengguna yang membelinya di M Bloc Market. Gerai Pipiltin Cocoa di M Bloc pun dibanjiri pengunjung yang ingin mencicipi ice cream dengan cokelat asli dari Papua yang kadar dark chocolate-nya 72% ini.

Rasa pahit alami cokelat akan langsung terasa ketika mencicipinya. Namun tidak perlu khawatir, ada tambahan honey comb semacam cokelat karamel yang membuatnya manis.

Baca  juga: Gelato vs Es Krim: Memahami Perbedaan dan Kenikmatannya

Deretan es krim viral yang pernah hype di media sosial tersebut pernah berjaya di masanya. Sayangnya, rentang waktu viral ini tidak berlangsung lama, beberapa di antaranya pun sekarang sulit untuk ditemukan lagi di pasaran.

Exit mobile version