Etika Nonton Bioskop agar Tak Mengganggu Penonton Lainnya

Nonton bioskop menjadi salah satu hobi dan kegiatan yang sering dilakukan oleh sebagian orang.

Daya tariknya tentu saja ada pada film yang diputar, dan juga suasana dalam bioskop itu sendiri. Sensasinya berbeda dengan hanya menonton secara streaming di laptop maupun smart TV di rumah, karena layar bioskop yang sangat lebar dan didukung dengan sound system menggelegar. Pengalaman menonton film menjadi maksimal. Tak heran, mulai dari anak hingga dewasa menggemari kegiatan ini, dan menjadikannya sebagai kesempatan untuk healing dan rekreasi.

Nah, meski demikian, nonton bioskop juga berarti kamu harus rela berbagi dan menonton bersama dengan orang asing dalam jumlah yang banyak. Kadang satu bioskop bisa full, semua kursi terisi, terutama kalau filmnya sangat populer. So, ada beberapa etika dasar yang harus diketahui ketika nonton bioskop ini. Tujuannya adalah menghindari hal-hal yang dapat membuat orang lain dan dirimu sendiri merasa tidak nyaman.

Etika yang Harus Diketahui Ketika Nonton Bioskop

etika nonton bioskop

Biasanya ketika film belum dimulai, pihak bioskop selalu menampilkan beberapa larangan yang harus dipatuhi ketika akan menonton. Namun, masih banyak orang yang tidak membaca atau bahkan tidak peduli dengan peraturan tersebut.

Baca juga: Tips Aman Nonton di Bioskop Saat Pandemi

So, sebagai seorang sinefil, hal ini jangan sampai kamu lakukan. Mari mulai dari diri sendiri untuk bisa nonton bioskop dengan beretika. Berikut beberapa etika yang harus kamu ketahui dan terapkan.

1. Masuk bioskop sesuai dengan jam yang berada di tiket

Ketika kamu akan nonton bioskop, pastikan kamu datang sesuai dengan jam yang sudah kamu pilih dan jangan terlambat. Ketika kamu datang sebelum film dimulai, kamu bisa mencari tempat untuk menunggu yang tidak mengganggu penonton lainnya.

Masuklah ke dalam teater dengan tertib, usahakan sebelum film dimulai. Pasalnya, ketika kamu masuk saat film sudah mulai—apalagi kalau lagi seru-serunya—kamu akan mengganggu penonton lainnya.

2. Matikan smartphone dan jaga ketenangan

Etika dasar nonton bioskop yang kedua ini yang wajib kamu lakukan. Memang sekarang masih banyak orang yang lupa dan bahkan tidak melakukannya. Ketika film sudah dimulai, tiba-tiba dering smartphone berbunyi sangat keras dan menganggu orang lain. Belum lagi sinar pada smartphone akan sangat mengganggu suasana bioskop yang gelap.

Jadi, pastikan ketika sudah memasuki ruangan nonton bioskop, kamu sudah mematikan atau mengganti mode silent pada smartphone yang kamu miliki. Hindari melakukan chat atau mengaktifkannya selama film berlangsung. Selain itu, pastikan kamu tidak banyak berbicara di dalam ruangan karena dapat menggangu.

3. Mengajak anak kecil menonton sesuai usianya

Tentu anak-anak tidak dilarang untuk diajak nonton bioskop, tetapi sebaiknya sesuaikan dengan usia si anak.

Ada banyak alasan kuat mengapa sebuah film memiliki dan mencantumkan ratingnya. Karena beberapa film memang tidak cocok ditonton oleh usia-usia tertentu. Patuhi rating, dan sebaiknya tidak membawa anak di bawah 3 tahun untuk menonton film, karena suara film dalam bioskop akan tidak nyaman untuknya. Begitu juga dengan suasana bioskop yang gelap.

4. Tidak menaikkan kaki atau menendang bangku depan

Tetaplah menjaga sopan santun di mana pun kalian berada, termasuk saat nonton bioskop. Pastikan kamu tidak menaikkan kaki di kursi depanmu meskipun kursi itu kosong karena kursi tersebut memang bukan difungsikan untuk menyandarkan kaki, melainkan kepala. Apalagi jika menendang-nendang kursi depan yang sudah diduduki oleh orang lain.

Baca juga: Sisi Buruk Ngemil Sambil Nonton Film

5. Hindari merekam film

Ketika film dimulai, jangan merekam dalam bentuk video dan mengambil foto apa pun.

Tujuannya adalah menghindari spoiler kepada orang lain yang belum sempat menonton. Pun, merekam tanpa izin bisa termasuk dalam tindakan membajak. Ada tuntutan hukum yang bisa diterapkan padamu sesuai undang-undang hak cipta.

Selain itu, ingat, sinar smartphone kamu bisa mengganggu penonton lainnya.

6. Sopan

Kadang, memang ada beberapa oknum yang memanfaatkan suasana bioskop yang gelap total, apalagi kalau sepi, untuk melakukan hal-hal yang melanggar norma. Sebaiknya hal ini dihindari.

Ingat, di dalam bioskop juga ada CCTV yang dapat menangkap dalam kondisi gelap. Oleh sebab itu, daripada menanggung malu, sebaiknya tidak melakukan hal-hal yang tidak seharusnya di publik terutama saat nonton bioskop.

Baca juga: Weekend Mendekat, Simak Rekomendasi Film Layar Lebar untuk Kamu Versi JNEWSONLINE

Itu tadi beberapa etika yang harus kamu lakukan ketika nonton bioskop. Hindari sikap egois yang dapat mengganggu kenyamanan orang lain demi kenyamanan diri sendiri. Pasalnya, kamu berada di tempat umum, dan orang lain berhak mendapatkan kenyamanan yang sama saat berada di tempat tersebut.

Pastikan kamu mematuhi etika tersebut agar suasana nonton bioskop bisa lebih nyaman.

Exit mobile version