Facebook Tingkatkan Literasi Keuangan Wirausaha Perempuan di Surabaya

Facebook tingkatkan literasi

Facebook, bekerja sama dengan Pahlawan Ekonomi, meluncurkan dan memperkenalkan program Literasi Keuangan. Program yang menjadi bagian dari program #SheMeansBusiness  ini dibuat untuk meningkatkan literasi keuangan kepada lebih dari 300 perempuan wirausaha di Surabaya.

Program #SheMeansBusiness merupakan komitmen jangka panjang dari Facebook untuk mendukung perempuan wirausaha dalam menjajaki ekonomi digital melalui serangkaian pelatihan kemampuan teknis di bidang digital.

Pelatihan literasi keuangan kini ditambahkan sebagai bentuk evolusi dan pembaharuan dari program ini. Hadir pada acara peluncuran Walikota Surabaya Tri Rismaharini, yang sudah dua kali mengunjungi Kantor Pusat Facebook di Menlo Park.

Baca Juga: Tips Memperlakukan Konsumen Agar Usaha Laris Manis

Menurut Risma, masih banyak komunitas Ibu-bu Pahlawan Ekonomi (Usaha Mikro, Kecil, Menengah atau UMKM) yang membutuhkan akses terhadap layanan keuangan walaupun produk sudah layak dan sudah pula ditunjang dengan pemasaran digital. Halangan yang seperti inilah yang menurutnya harus diatasi secara bersama.

“Saya mendukung inisiatif Facebook untuk mengembangkan program #SheMeansBusiness dengan menambahkan aspek literasi keuangan. Saya bersyukur melihat Facebook yang terus mengembangkan kerjasama dengan Pahlawan Ekonomi untuk memberdayakan perempuan-perempuan Surabaya menjadi wirausaha tangguh dan dapat menghidupkan mesin ekonomi dalam keluarga masing-masing,” ujar Risma.

Terdiri dari 10 Modul

Kurikulum literasi keuangan dalam program #SheMeansBusiness ini dirancang untuk mendukung kelangsungan bisnis para perempuan wirausaha, terutama di dalam situasi dan tantangan pada masa ini. Kurikulum ini terdiri dari sepuluh modul yang membahas tentang manajemen bisnis, dilengkapi dengan studi kasus dan lembar kerja. Modul tersebut adalah:

Baca Juga: 5 Cara Mencari Modal Usaha Tanpa Pinjaman Bank

Sementara itu, Pieter Lydian selaku Country Director untuk Facebook di Indonesia mengatakan bahwa Facebook sendiri hadir untuk menjadi bagian dari bagian dari bisnis kecil dan menengah. Karenanya, Facebook terus mendengarkan masukkan dari pelaku UMKM dan membangun apa yang dibutuhkan, termasuk kebutuhan untuk mengasah kemampuan dalam hal manajemen bisnis dan keuangan.

“Pelatihan literasi keuangan dalam program #SheMeansBusiness bertujuan untuk membangun kemampuan manajemen bisnis dan literasi keuangan untuk perempuan wirausaha di Surabaya, dan membekali mereka dengan pengetahuan yang dibutuhkan untuk bertahan di situasi yang dinamis ini. Kami sangat senang dapat melanjutkan program ini bersama dengan Pahlawan Ekonomi,” ujarnya.

Exit mobile version