Fakta Menarik Dibalik Pesona Padang Mangateh Sumbar

Fakta Menarik Dibalik Pesona Padang Mangateh Sumbar

Pemandangan di Padang Mangateh

Tertarik berwisata sembari menikmati suasana sejuk perdesaan? Padang Mengateh menjadi pilihan, ini fakta menarik dibalik pesona Padang mangateh Sumbar. Dengan luas hamparan rumput hijau mencapai 280 hektar, sudah kebayang gimana indahnya tempat ini?

Tentunya tempat ini sangat cocok sebagai wisata edukasi tentang peternakan. Banyak yang menyebut Padang Mangateh, Sumatra Barat (Sumbar) serupa dengan suasana Desa Hobbiton, Matamata, New Zealand, lantaran memiliki pemandangan padang rumput hijau dan ribuan sapi yang berkeliaran begitu menakjubkan.

BACA JUGA: 5 Tempat Wisata Instagramable di Palembang

Fakta Menarik Dibalik Pesona Padang Mangateh Sumbar

1. Sudah Ada Sejak Zaman Kolonial

Ada satu hal yang mesti kalian ketahui nih, kalau Padang Mangateh sudah ada sejak zaman Kolonial Belanda, tepatnya pada tahun 1916.

Sebelum menjadi tempat wisata populer seperti sekarang ini, kawasan tersebut merupakan sebuah lokasi khusus peternakan yang diberi nama BPTU-HPT. Sapi-sapi pada zaman itu didatangkan langsung dari Benggala, India.

Namun sayangnya tempat ini ditutup setelah terjadinya perang PRRI dan kembali dibuka oleh Wakil Presiden Indonesia pertama, Bapak Muhammad Hatta pada tahun 1950, tapi masih sebagai Stasiun Peternakan Pemerintah yang diberi nama ITT (Induk Taman Ternak).

2. Pernah Jadi Peternakan Terbesar Asia Tenggara

Ternyata Indonesia sempat memiliki peternakan terbesar di Asia Tenggara lho, yakni Padang Mangateh. Tempat ini sempat berjaya pada zamannya dan sangat produktif menghasilkan hewan ternak berkualitas.

Sayangnya setelah pecahnya PPRI, produktivitasnya jadi menurun. Hewan yang dipelihara saat itu yaitu kuda, sapi, kambing dan ayam.
Ini juga menjadi alasan ditutupnya Padang Mangateh hingga mengalami vakum sementara.

3. Mesti Booking Secara Online

Bedanya Padang Mangateh dengan objek wisata lainnya, kalian harus booking tempat terlebih dahulu. Hal ini terjadi sebab pengunjung harus dibatasi agar tidak merusak dan menganggu peternakannya.

Mengingat lokasi ini juga merupakan Balai Pembibitan Ternak Unggul Dan Hijauan Pakan Ternak Padang Mengatas (BPTU-HPT), untuk masuk ke sini kamu perlu mendapatkan izin.

Tapi jangan khawatir, BPTU Padang Mengateh sudah menyediakan surat izin masuk secara online dan praktis. Saat kalian datang, jangan lupa di print out surat perizinan yabg sudah kakian secara daring. Ini menjadi tiket masuk pengunjung.

Nah itulah fakta menarik dibalik pesona Padang Mangateh Sumbar yang harus kamu ketahui, dijamin liburanmu anti bosan.

BACA JUGA: Traveling Yuk! 4 Pulau Eksotis di Sumbar

Exit mobile version