Fakta Unik Google Doodles: Mengungkap Kisah-kisah Unik di Balik Logo Google yang Kreatif

Pengguna mesin pencari Google pasti sudah mengenal yang namanya Google Doodles. Di balik munculnya gambar-gambar kreatif di beranda search engine ini, ada fakta unik Google Doodles yang menarik untuk diketahui.

Google Doodle adalah perubahan dari logo Google yang unik, kadang spontan dan tentu saja mengejutkan bagi penggunanya. Perubahan logo tersebut bertujuan menyemarakkan berbagai peristiwa penting, liburan, memperingati kehidupan para pahlawan, seniman, pelopor hingga ilmuwan terkenal.

Setiap hari selalu ada kejutan dari perubahan logo dari Google. Bahkan, kemunculan sosok pahlawan yang jarang diketahui sebagai Google Doodle justru menambah wawasan bagi penggunanya. Selain itu, perubahan tersebut membuat kita ingat akan hari besar keagamaan atau nasional.

Tertarik ingin mengetahui lebih lanjut tentang Google Doodle? Berikut ini fakta unik Google Doodles untuk menambah pengetahuan para pengguna.

Sejarah Singkat Google Doodles

Semua bermula di tahun 1998 saat dua pendiri Google yakni Sergey Brin dan Larry Page memutuskan mengambil cuti kantor untuk sementara waktu. ‘Hari libur’ tersebut dimanfaatkan oleh mereka untuk menghadiri sebuah festival bernama Burning man yang diadakan di Black Rock Desert, Nevada, Amerika Serikat.

Seluruh karyawan Google tahu bahwa kedua petinggi kantor sedang rehat. Namun, yang menjadi perhatian adalah pengumuman cuti tersebut tidak ditulis dalam sebuah memo dan diedarkan ke seluruh kantor sebagaimana mestinya. Page dan Brin ternyata memiliki cara khusus yakni dengan mengubah sedikit logo Google dengan menyematkan gambar stickman (maskot acara festival Burning Man).

Adapun ilustrasi dari stickman tersebut diletakkan di belakang huruf “O” kedua pada kata Google. Inilah yang menjadi cikal bakal munculnya Google Doodles.

Baca juga: Instagram Threads: Penjelasan Lengkap dan Cara Daftarnya

Logo Google dengan edisi Burning Man menjadi pembuka hadirnya Google Doodles di tanggal 30 Agustus 1998, tepat sehari sebelum festival itu dimulai. Dua tahun berikutnya, Page dan Brin meminta kepada salah satu karyawannya yang sedang magang, Dennis Hwang untuk membuat konsep untuk ilustrasi Bastille Day yang merupakan hari libur nasional di negara Perancis.

Kemunculan ilustrasi Bastille Day di laman utama Google berhasil mencuri perhatian banyak penggunanya. Sejak saat itulah Dennis Hwang diangkat menjadi kepala Google Doodles dan ilustrasi perubahan logo dimunculkan secara rutin.

Fakta Unik Google Doodles

fakta unik Google Doodles

1. Desain Google Doodles Pertama

Seperti yang ditulis di atas, ilustrasi Google Doodles pertama kali muncul pada tahun 1998 dengan mengangkat tema Burning Man Festival. Yang membuat ilustrasinya adalah pendiri Google sendiri yaitu Larry Page dan Sergey Brin.

2. Tim Doodlers

Di balik layar ilustrasi unik Google Doodles ada sebuah tim yang disebut Doodlers. Tim ini terdiri dari orang-orang yang ahli di bidang desain dan dikepalai oleh Dennis Hwang.

Tim ini rutin berkumpul untuk brainstorming dan memutuskan ilustrasi seperti apa yang akan dimunculkan di laman utama Google. Ide untuk ilustrasi ini datang dari berbagai sumber termasuk karyawan Google sendiri dan para penggunanya.

Pemilihan ilustrasi mencerminkan kepribadian maupun bentuk kecintaan Google akan inovasi. Hingga saat ini sudah ada lebih dari 5000 ilustrasi yang tampil di laman utama Google di seluruh dunia.

3. Doodles Video dan Interaktif

Di bulan Mei 2010 tepat 30 tahun munculnya game Pac-Man. Google Doodles hadir bukan dalam bentuk ilustrasi melainkan logo interaktif yang pertama dalam sejarah. Pengguna bisa memainkan permainan Pac-Man yang ada di logo dengan menampilkan kata Google sebagai labirinnya. Ini juga menjadi awal mula munculnya website Google Pac-Man, yang khusus bisa memainkan game ini.

Kemudian di tanggal 23 Juli 2021, Google kembali berinovasi dengan menghadirkan permainan video berbasis RPG dengan nama “Doodle Champion Island Games” di laman utamanya. Mengusung desain retro dan 16 bit, Doodles ini dibuat dalam rangka merayakan pembukaan Olimpiade Musim Panas 2020 di Tokyo. Para pengguna bisa memainkan sejumlah permainan seru yang ada di Olimpiade melalui Google Doodles.

4. Kompetisi Doodle 4 Google

Kompetisi ini diselenggarakan oleh Google sebagai bentuk motivasi dan dorongan untuk anak-anak serta pelajar dalam menciptakan logo Google Doodles. Di tahun 2009, seorang anak bernama Puru Pratap Singh asal India yang kala itu berusia 9 tahun berhasil menjadi pemenang di kompetisi bergengsi tersebut.

Kompetisi ini merupakan kompetisi desain Google Doodle. Google menyelenggarakan kompetisi ini sebagai dorongan bagi anak-anak dan pelajar untuk menciptakan logo Google Doodle. Tahun 2009, seorang anak 9 tahun dari India bernama Puru Pratap Singh memenangkan kompetisi tersebut. Jika kamu adalah pelajar yang hobi desain, tidak ada salahnya menjajal kemampuan pada kompetisi yang diadakan setiap tahun ini. Tahun 2015, Doodle 4 Google diadakan bulan September.

5. Pengguna Bisa Mengirimkan Karyanya

Yang menarik dari fakta unik Google Doodles, tim ilustrasi membuka kesempatan bagi para pengguna untuk mengirimkan ide atau ilustrasinya. Caranya cukup mudah, kirimkan ide atau ilustrasi kamu melalui e-mail ke doodleproposals@google.com. Walaupun setiap hari mereka menerima e-mail yang banyak dari seluruh dunia, tim Doodle memastikan bahwa pesan yang masuk tetap dibaca oleh mereka.

6. Ilustrasi Google Doodles Indonesia

Fakta unik Google Doodles berikutnya yaitu di setiap negara memiliki Google Doodles tersendiri yang melambangkan berbagai perayaan mulai dari hari raya, hari kemerdekaan serta memperingati para pahlawan, sejarawan dan ilmuwan. Berikut ini ilustrasi Google Doodles yang pernah muncul di laman utama Google Indonesia.

Dan masih banyak pahlawan dan tokoh-tokoh dari berbagai bidang di Indonesia yang dirayakan oleh Google Doodles.

Baca juga: Strategi Optimasi Toko di Marketplace

Demikian ulasan tentang fakta unik Google Doodles yang menarik untuk disimak. Apa yang dilakukan oleh Google seakan mengajak kita untuk tidak pernah melupakan sejarah, memperingati berbagai hari penting dan secara langsung menambah pengetahuan bagi para penggunanya.

Exit mobile version