7 Film Natal Terbaik Sepanjang Masa

Film Natal selalu mampu menghadirkan sebuah kehangatan, kegembiraan dan makna mendalam. Apalagi film-film tersebut selalu tayang pas liburan Natal dan bertemakan keluarga, jadi cocok ditonton oleh semua usia.

Menjelang Natal, di setiap televisi nasional akan menayangkan berbagai film bertema Natal terbaik sepanjang masa. Selain TV nasional, sekarang ini di layanan streaming seperti Netflix pun sudah mulai menayangkan film-film tersebut sejak awal bulan Desember.

Kisah-kisah mengharukan hingga petualangan penuh dengan keajaiban menjadi daya tarik dari film Natal. Ditambah settingnya saat musim salju menjadi magnet tersendiri bagi penonton khususnya anak-anak.

Berikut ini adalah daftar film Natal terbaik sepanjang masa yang tidak pernah bosan untuk ditonton berulang kali dan memiliki kehangatan serta membawa suka cita Natal.

7 Film Natal Terbaik Sepanjang Masa

7 Film Natal Terbaik Sepanjang Masa

1. Home Alone (1990)

Film yang tayang perdana di tahun 1990 sukses besar di berbagai negara dan melejitkan nama sang aktor cilik kala itu, Macaulay Culkin. Bahkan, film ini selalu ditayangkan setiap menjelang Natal dan menjadi tontonan yang tidak pernah membosankan dari tahun ke tahun.

Bisa dikatakan, film Home Alone dan Natal tidak dapat dipisahkan. Tidak di Indonesia saja film ini selalu mendapat rating tinggi saat penayangan, tapi juga di Amerika Serikat dan negara lainnya.

Home Alone berkisah tentang seorang anak bernama Kevin McCallister (Macaulay Culkin) yang akan melakukan perjalanan liburan Natal bersama keluarga besarnya. Repotnya persiapan pas hari H dari keluarga menjadi tontonan yang sangat menghibur. Sayangnya, karena buru-buru Kevin tidak sengaja tertinggal di rumah sendirian.

Saat di rumah, Kevin harus menghadapi dua orang perampok yang berencana untuk merampok rumahnya. Tapi, berkat kecerdikan dan ide usil Kevin, perampoknya berhasil dikalahkan.

Baca juga: 9 Tradisi Natal dari Seluruh Penjuru Dunia yang Unik dan Masih Dilakukan Hingga Kini

2. Jingle All The Way (1996)

Film Jingle All The Way yang tayang di tahun 1996 menjadi salah satu film Natal terbaik sepanjang masa yang bisa ditonton bareng bersama keluarga. Jingle All The Way dibintangi oleh Arnold Schwarzenegger, Rita Wilson dan Jake Lloyd.

Film ini bercerita tentang sosok ayah, Howard Langston, yang bekerja tiada henti dan kerap melupakan hal-hal kecil bahkan keluarganya. Saking sibuknya dengan pekerjaan, Horward tidak peduli Natal bersama keluarga.

Howard sudah berkali-kali diingatkan oleh istri untuk membeli hadiah Natal untuk anak-anak. Dia pun baru ingat saat menjelang malam Natal. Ingin menebusnya Howard pun mencari mainan permintaan anaknya yang ternyata limited edition. Semua toko telah tutup, sisa satu yang buka. Di sinilah petualangan Horward dimulai demi mendapatkan mainan untuk anaknya.

Sumber: IMDb

3. Love Actually (2003)

Love Actually tayang di tahun 2003 merupakan film besutan sutradara dari Inggris, Richard Curtis. Di kala itu, film Natal ini merupakan film dengan bujet mahal karena dibintangi oleh aktor-aktris ternama Hollywood. Mulai dari Colin Firth, Keira Knightley, Hugh Grant, Bill Nighy, Andrew Lincold, Emma Thompson, Rowan Atkinson, Martin Freeman, Thomas Brodie-Sangster, Alan Rickman.

Film ini mengisahkan sembilan karakter berbeda dengan permasalahan hidup masing-masing dan merayakan Natal dengan berbagai cara serta acara. Apa yang terjadi di karakter-karakter dalam film ini related dengan kehidupan sehari-hari. Kendati cerita berbeda tetapi saling sambung dan sama-sama memiliki makna bahwa Natal itu dirayakan dengan cinta.

4. Elf (2003)

Elf adalah film Natal yang lucu dan kerap diputar di berbagai stasiun TV menjelang Natal. Bintang utama film Elf adalah aktor sekaligus komedian terkenal yakni Will Ferrel.

Film ini menceritakan tentang Buddy yang dibawa oleh Sinterklas sejak bayi dan dibesarkan oleh kaum Elf. Setelah dewasa, Buddy menyadari bahwa sebenarnya dia adalah seorang manusia dan berusaha mencari tahu asal-usulnya.

Buddy pun lantas melintasi Kutub Utara menuju Manhattan untuk tinggal bersama keluarga. Selama proses adaptasi di dunia manusia, ada berbagai adegan lucu yang terjadi.

Apakah Buddy bisa menyesuaikan diri dengan budaya New York, atau justru kembali ke tempat Sinterklas di Kutub Utara?

Sumber: IMDb

5. The Polar Express (2004)

Film animasi ini diadaptasi dari buku anak-anak karya Chris Van Allsburg. The Polar Express bercerita tentang perjalanan seorang anak laki-laki dan penumpang lain menuju Kutub Utara, tempat tinggal Sinterklas.

Kisah bermula dari seorang bocah yang tidak percaya akan keberadaan Sinterklas. Ketika akan beranjak tidur, tiba-tiba lokomotif uap berhenti di depan rumahnya. Seorang kondektur turun dan mengenalkan kereta tersebut sebagai Polar Express dengan tujuan ke Kutub Utara.

Cerita petualangan pun dimulai. Di dalam kereta tersebut, dia bertemu dengan anak-anak lainnya dan mengalami sejumlah kejadian yang membuat mereka saling menolong.

6. A Christmas Carol (2009)

A Christmas Carol merupakan novel karya Charles Dickens yang melegenda kemudian diadaptasi menjadi film. Di tahun 2009, film A Christmas Carol disutradarai oleh Robert Zemeckis dan pengisi suaranya oleh Jim Carrey untuk karakter utama, Scrooge, lalu ada juga Gary Oldman dan Colin Firth

Film ini berkisah tentang seorang pengusaha tua, Tuan Scrooge yang terkenal pelit dan tidak mau berbagi serta peduli saat Natal tiba. Kemudian, dia didatangi oleh tiga sosok gaib berupa roh Natal dari masa lalu, masa sekarang dan masa depan. Scrooge pun bertualang dengan ketiga roh ini dan akhirnya dia pun menemukan esensi dari Natal, mau merayakan dan berbagi pada sesama.

Sumber: IMDb

7. Rise of The Guardians (2012)

Film Natal yang tayang di tahun 2012 menjadi salah satu film animasi dengan tema Natal yang kerap diputar setiap tahun. Rise of The Guardians berkisah tentang tokoh legenda The Guardians anak-anak seperti Sinterklas, Kelinci Paskah, Peri Gigi.

Dari generasi ke generasi, para guardians melindungi anak-anak di dunia dari kegelapan dan keputusasaan. Tapi, seorang hantu jahat bernama Pitch Black berencana menggulingkan para guardians dengan melenyapkan kepercayaan anak-anak terhadap mereka. Hal ini menjadi tugas seorang hantu musim dingin yang bernama Jack Frost membantu untuk menggagalkan rencana Pitch dan menyelamatkan guardians dari kehancuran.

Baca juga: 13 Film Box Office Terbaru yang Direncanakan Rilis Tahun 2024

Musim liburan telah tiba, menonton deretan film Natal di atas bisa menjadi bagian dalam merayakan momen kebersamaan bersama keluarga. Semoga melalui film-film tersebut, bisa membawa sukacita dan inspirasi bagi yang menonton.

Exit mobile version