8 Film Petualangan Terbaik Sepanjang Masa dan Pelajaran Hidupnya

JNEWS – Film petualangan kadang bisa menjadi lebih dari sekadar hiburan. Ada banyak film yang menawarkan pelajaran hidup yang sangat berharga. Secara menarik dan tidak membosankan, genre ini mengajak penonton menelusuri dunia dan menggali wawasan tentang keberanian, kekuatan, dan penemuan jati diri.

Di antara banyak film yang telah dibuat, beberapa di antaranya telah dikenal sebagai karya klasik yang tak hanya menghibur dan memanjakan mata, tetapi juga memberikan pelajaran tentang hidup.

Film Petualangan Terbaik dan Pelajaran Hidup yang Ditawarkannya

Banyak hal bisa kita pelajari dari hal-hal di sekeliling kita. Termasuk dalam sebuah cerita dalam film. Dengan memakai kacamata penonton film, kita bisa melihat hidup justru secara lebih dekat, sehingga kita bisa menilai secara objektif pula.

Film berikut tak hanya sekadar film petualangan, tetapi film yang penuh hikmah, motivasi, dan passion.

film petualangan Bucket List
Sumber: IMDb

1. Bucket List (2007)

Dengan kemampuan komedi yang tak tertandingi dari aktor legendaris Jack Nicholson dan Morgan Freeman, film ini memberikan pesan bahwa tidak ada kata terlambat untuk mengejar impian kita. Ditambah lagi dengan pelajaran bahwa yang terpenting bukanlah apa yang kita lakukan, tetapi dengan siapa kita melakukannya.

Baca juga: 10 Film Thriller Terbaik yang Harus Ditonton: Panduan untuk Penggemar Suspense

2. The Secret Life of Walter Mitty (2013)

The Secret Life of Walter Mitty merupakan sebuah karya klasik yang menunjukkan bagaimana terkadang impian juga bisa menghambat kita untuk bertindak. Film ini berfokus pada Walter Mitty, seorang karyawan di sebuah majalah, yang “terpaksa” harus keluar dari zona nyamannya dan memasuki dunia yang selama ini hanya dia impikan.

Ben Stiller memerankan dengan sangat baik sosok pemimpi paruh baya yang awkward,, yang terperangkap dalam kehidupan yang tampaknya sulit untuk dijangkau. Namun, melalui sebuah misi, ia akhirnya mendapat kesempatan untuk mewujudkan hasrat dan mimpinya itu menjadi nyata.

Walter membuktikan, bahwa kita tidak pernah terlalu tua untuk mewujudkan apa yang kita impikan.

3. Lost In Translation (2003)

Dalam Lost in Translation, karakter utama yang diperankan oleh Bill Murray dan Scarlett Johansson tidak berdialog sampai film berjalan setengah jam lebih. Kemudian, mereka bertemu dan berinteraksi secara intens hingga akhir film. Keunikan film ini terletak pada bagaimana penggambaran sebuah perjalanan sebagai pengalaman yang bermakna.

Film ini berkisah tentang seorang aktor yang kariernya meredup dan seorang seniman muda yang bertemu di Jepang. Keduanya merasa terisolasi dalam kehidupan mereka, tetapi kemudian menemukan petualangan baru saat menjelajahi kehidupan malam Tokyo.

Berbeda dengan film petualangan lain yang lebih fokus pada destinasinya, Lost in Translation menekankan pentingnya sebuah proses membuka diri terhadap tempat baru sebagai cara untuk menemukan diri sendiri.

Sumber: IMDb

4. Midnight In Paris (2011)

Midnight in Paris ini bisa dikatakan sebagai gabungan dari The Secret Life of Walter Mitty dan Lost in Translation. Berkisah tentang seorang penulis skenario yang sedang berusaha keras menyelesaikan tulisannya, hingga secara misterius, ia terlempar kembali ke Paris tahun 1920-an. Alih-alih takut atau mengalami perasaan negatif lainnya, ia justru berinteraksi dan belajar pada beberapa tokoh seni paling ikonik dalam sejarah.

Sebagai salah satu masterpiece dalam genre film petualangan, Midnight in Paris dengan cermat mengeksplorasi bagaimana suatu tempat bisa menyulut imajinasi dan kreativitas seseorang. Terutama ketika yang bersangkutan bisa menyerap dan menyelami energi yang ada di tempat tersebut.

Hal ini berbeda dengan kecenderungan kita akhir-akhir ini yang sering mengunjungi setiap tempat yang viral dengan terburu-buru; FOMO karena takut kalah dengan orang lain. Sesampainya di tempat tersebut, kita hanya foto-foto, unggah ke media sosial sebagai pembuktian bahwa kita sudah pernah datang ke tempat itu, tapi kemudian terlupakan.

Film ini menunjukkan bahwa menelusuri suatu tempat secara mindful bisa memberikan perspektif yang berbeda dan pemaknaan yang lebih kaya tentang esensi dari perjalanan itu sendiri.

5. Life of Pi (2012)

Life of Pi tidak hanya merupakan salah satu film dengan sinematografi paling indah yang pernah ada di layar lebar, tetapi juga sangat menginspirasi. Film petualangan ini adalah perpaduan antara kisah perjalanan dan dongeng yang dramatis.

Life Of Pi adalah kisah tentang ketekunan, tentang sikap pantang menyerah, bahkan dalam kondisi yang paling sulit sekalipun. Entah itu ketika harus melawan lautan yang ganas, awan yang gelap, atau pemangsa yang lapar, tokoh dalam film ini tidak pernah menyerah untuk bertahan hidup.

6. Seven Years in Tibet (1997)

Seven Years in Tibet adalah kisah nyata yang dialami oleh pendaki gunung Austria, Heinrich Harrer yang diperankan oleh Brad Pitt. Heinrich, yang bertekad untuk menaklukkan puncak Nanga Parbat di British India, beserta rekan pendakinya, Peter Aufschnaiter, ditawan saat Perang Dunia II meletus.

Setelah berhasil meloloskan diri dari penjara, mereka sampai di kota suci Lhasa. Di tempat itu, Heinrich menjalin persahabatan dengan Dalai Lama yang masih muda dan berbagi pandangan tentang dunia dengannya.

Seven Years in Tibet menawarkan perspektif unik bagi penonton, menunjukkan bagaimana dunia dapat membuka diri dan memperkaya jiwa saat seseorang menemukan dan meresapi tempat baru.

Sumberl: IMDb

7. Into the Wild (2007)

Banyak pengembara dan backpacker pasti mengenal kisah Chris McCandless. Usai menamatkan sekolah, ia meninggalkan semua kekayaannya, menyumbangkan uangnya ke badan amal, dan berangkat ke Alaska untuk hidup di hutan belantara. Itulah inti film Into the Wild.

Film ini menyoroti petualangan McCandless yang diperankan oleh Emile Hirsch, beserta interaksi dan pengaruh orang-orang yang ia temui sepanjang perjalanannya. Pada akhirnya, McCandless belajar bahwa kebahagiaan sejati hanya bisa dirasakan ketika dibagikan dengan orang lain. Hal inilah yang mendorongnya untuk kembali ke lingkungan sosial, kepada teman dan keluarganya.

8. Wild (2014)

Setiap orang memiliki alasannya masing-masing untuk memulai perjalanan mereka. Bagi beberapa orang, perjalanan bisa jadi tentang pencarian jati diri. Untuk yang lain, perjalanan dijalani untuk menemukan cinta atau petualangan. Sementara banyak juga yang melihat perjalanan sebagai sarana pemulihan. Seperti tokoh yang diperankan oleh Reese Witherspoon dalam film ini.

Wild berkisah tentang seorang perempuan yang memutuskan untuk menjelajahi Pacific Coast Trail sepanjang 1.000 mil, tanpa banyak pengalaman atau persiapan, karena trauma yang dialaminya. Keunikan film ini terletak pada kejujurannya menggambarkan rasa frustrasi yang sering kali muncul dalam setiap perjalanan. Seakan hendak menegaskan bahwa menemukan kembali diri sendiri sering kali memerlukan keberanian untuk mengambil risiko.

Baca juga: Rekomendasi Film Netflix Sci-Fi Terbaik yang Wajib Ditonton

Deretan film di atas bisa ditonton di beberapa layanan streaming OTT, seperti Netflix, Prime, dan lainnya. Sementara beberapa yang lain sepertinya harus ditunggu untuk bisa ditonton dengan lebih mudah dari tanah air.

Exit mobile version