8 Film Thailand Terbaik Sepanjang Masa yang Wajib Ditonton Penggemar Sinema

Industri perfilman Thailand semakin maju dari masa ke masa. Ini terbukti dengan munculnya beragam film Thailand yang menghiasi layar kaca tv maupun layar lebar di seluruh Asia Tenggara. Bahkan, karya sinema dari negara gajah putih ini dinobatkan menjadi film terbaik di ajang bergengsi, Festival Film Cannes. Adalah Uncle Boonmee Who Can Recall His Past Lives yang mampu meraih hadiah utama yakni Palme d’Or di kompetisi tersebut tahun 2010.

Film Thailand menghadirkan cerita yang menarik, sinematografi yang apik dan kualitas akting para pemainnya yang mumpuni. Tidak mengherankan jika film-filmnya dinobatkan sebagai terbaik di Asia Tenggara. Di Indonesia sendiri pun kerap menayangkan berbagai film Thailand di layar lebar.

Sekelas Netflix sebagai layanan streaming terbesar di dunia juga menghadirkan film-film terbaru dari Thailand. Genre yang paling banyak disukai dari film mereka adalah komedi dan horor. Untuk genre horor, bisa dikatakan film Thailand bisa menyaingi film Indonesia dari segi cerita yang kerap mengangkat urban legend.

Tertarik untuk menonton film dari negara asal aktor Mario Maurer? Berikut berbagai rekomendasinya yang bisa dijadikan pilihan tontonan di akhir pekan atau saat lagi senggang.

8 Film Thailand Terbaik Sepanjang Masa

8 Film Thailand Terbaik Sepanjang Masa yang Wajib Ditonton Penggemar Sinema
Sumber: IMDb

1. Pee Mak

Penfilm hororcinta film genre horor wajib menonton Pee Mak. Walaupun genrenya horor tapi diselingi komedi yang membuat film ini disukai oleh penonton.

Film ini berkisah tentang hantu Mae Nak yang merupakan urban legend terkenal di Thailand. Mae Nak adalah seorang istri yang tengah hamil dan mesti menerima keadaan ketika suaminya harus ke medan perang. Sayangnya ketika akan melahirkan, dia mengalami pendarahan dan meninggal. Mak, sang suami, tidak tahu bahwa istri dan anaknya telah meninggal dan menjadi hantu.

Mak kemudian kembali pulang perang dan mengajak keempat temannya. Mereka lantas dikenalkan dengan istri dan anak Mak yang baru lahir. Di sinilah keanehan demi keanehan mulai terjadi. Keempat teman Mak akhirnya tahu bahwa istri dan anaknya telah meninggal. Mereka hendak memberi tahu Mak tapi harus melalui berbagai hambatan.

Baca juga: 10 Film tentang Indonesia dengan Latar Belakang Zaman Perjuangan

2. Bad Genius

Rekomendasi film berikutnya adalah Bad Genius. Film ini mengangkat genre kriminal, drama dan komedi. Alur cerita yang menarik, akting pemain yang memukau dan sinematografinya apik membawa film ini meraih penghargaan Best Picture di Thailand National Film Association Award.

Bad Genius terinspirasi dari sebuah kisah nyata tentang kecurangan pelajar SMA di Thailand yang berusaha membobol sistem keamanan pengawasan ujian internasional STIC, atau yang dikenal dengan tes penerimaan mahasiswa ke berbagai universitas di Amerika Serikat.

Adalah Lynn yang menjadi otak kegiatan ini. Awalnya dia melakukan penjualan kunci jawaban di sekolahnya untuk mendapatkan uang. Siapa yang menduga, bisnis ilegal tersebut berhasil menghasilkan uang yang banyak. Lynn pun melanjutkan bisnis ilegal tersebut hingga ke ujian penerimaan mahasiswa.

Di tengah gelimang uang dari hasil bisnis tersebut, Lynn harus mempertaruhkan masa depannya di mana dia harus menerima risiko kehilangan kesempatan untuk melanjutkan studi di luar negeri.

3. Shutter

Pecinta film dengan genre horor, Shutter adalah rekomendasi untuk tontonan. Film yang satu ini terkenal dengan kengeriannya di kalangan pecinta film horor.

Shutter mengisahkan seorang fotografer bersama kekasihnya terlibat dalam tabrak lari. Sejak kejadian kecelakaan tersebut, mereka berdua dihantui oleh arwah wanita yang menyeramkan. Arwah wanita korban tabrak lari tersebut sering muncul dalam foto hasil jepretan fotografer kemudian meneror kehidupannya hingga akhir.

4. Happy Old Year

Film Thailand yang satu ini menjadi perwakilan negara Thailand di ajang bergengsi sineas seluruh dunia yakni ajang Academy Awards di tahun 2021.

Happy Old Year mengangkat kisah tentang asmara Jean dan Alim. Sayang kisah cinta mereka harus kandas di tengah jalan. Ketika Jean ingin menata kembali rumahnya yang penuh dengan barang-barang kenangan almarhum ayahnya, dia menemukan barang pemberian sang mantan. Kemudian muncullah berbagai kenangan di antara mereka. Jean dihadapkan dengan dua pilihan yaitu membuang barang untuk melupakan atau tidak sama sekali.

5. Crazy Little Thing Called Love

Crazy Little Thing Called Love yang rilis di tahun 2010 pernah booming di masanya. Film yang mengangkat genre komedi romantis dibintangi oleh aktor papan atas Thailand, Mario Maurer dan Baifern Pimchanok Luevisadpaibul.

Film Thailand ini mengisahkan seorang perempuan bernama Nam yang jatuh cinta dengan pria paling populer di sekolahnya yaitu Shone. Merasa bahwa perjuangan menaklukan hati sang pujaan hati akan sulit, Nam pun mendapatkan ide dengan membuat sebuah buku resep cinta.

Berbagai cara dilakukan Nam untuk menarik perhatian Shone hingga akhirnya keduanya menjalin persahabatan. Siapa yang menyangka ternyata dari awal Shone telah menyukai Nam bahkan diam-diam sering memtoret Nam dengan berbagai tingkah lucunya.

Sumber: IMDb

6. The Medium

Di tahun 2021, film genre horor ini menjadi perbicangan hangat di jagat maya. The Medium disutradarai oleh Banjong Pisanthanakun yang mengangkat kisah kebudayaan shamanisme di sebuah desa di Thailand. The Medium mengadopsi gaya mockumentary yang sukses membuat aura mistis dan horornya terasa nyata bagi penonton.

Adalah Nim seorang dukun dan menjadi ‘wadah’ dari Dewa Bayan yang konon menjaga desa. Keluarga Nim adalah pewaris ilmu dari Dewa Bayan. Suatu ketika, Nim dihadapkan dengan ponakannya, Mink, yang kerasukan. Mulanya, Nim berpikir bahwa Mink akan menjadi ‘wadah’ berikutnya dari Dewa Bayan, tapi ternyata tidak. Kejadian demi kejadian yang buruk menimpa mereka dan melibatkan ribuan iblis.

7. Ong-Bak: Muay Thai Warrior

Film Thailand Ong-Bak: Muay Thai Warrior bergenre action, thriller dan kriminal. Dirilis di tahun 2003, film ini meraup sukses tak hanya di negara sendiri tapi juga mancanegara. Seperti judulnya, film ini mengangkat tema bela diri khas Thailad.

Ong-Bak mengisahkan tentang pencurian patung Buddha yang berada di sebuah desa kecil. Ting, petarung Muay Thai, pergi ke Bangkok dengan misi merebut kembali patung tersebut. Tiba di Bangkok, Ting mesti berhadapan dengan para petarung andal agar bisa mendapatkan patung Buddha.

Baca juga: 10 Rekomendasi Film Animasi Studio Ghibli Terbaik

Sumber: IMDb

8. The Billionaire

Film yang sarat akan pesan motivasi dan inspirasi ini diadaptasi dari biografi Top Itthipat, seorang penguasaha muda sekaligus miliuner asal Thailand.

Top diperankan oleh aktor Pachara Chirathivat mengisahkan tentang bagaimana kehidupannya dalam membangun kerajaan bisnis. Mulanya, Top seperti remaja pada umumnya yang hobi main game online. Suatu ketika, dia berhasil mengumpulkan uang dalam jumlah besar karena menjual chip game yang langka. Uang yang dihasilkannya pun digunakan untuk membangun bisnis.

Dalam perjalanan bisnisnya, Top mengalami jatuh bangun hingga mesti berpisah dengan keluarga karena terlilit utang. Hingga akhirnya, Top berhasil membuat camilan rumput laut yang diberi nama Tao Kae Noi dan laku keras di pasaran.

Menonton rekomendasi film Thailand di atas bisa menambah wawasan tentang budaya dari negeri gajah putih, bisa juga sebagai hiburan dengan memilih genre komedi romatis atau mencoba sensasi thriller jump ala film horor. Selamat menonton.

Exit mobile version