10 Film Thriller Terbaik yang Harus Ditonton: Panduan untuk Penggemar Suspense

Film thriller memiliki penggemar yang luar biasa. Meski alasan utama orang menonton film adalah untuk mencari hiburan, tetapi suasana mencekam mendatangkan sensasi tersendiri. Gemas, terpekik, dan menjerit memberikan kepuasan tersendiri. Tak sedikit pula yang lebih banyak menutup mata dengan tangan hampir separuh dari panjang film karena takut kaget.

Thriller adalah salah satu genre film yang mengandalkan ketegangan, kadang penuh teka-teki, sering kali berdarah-darah, dan tak sedikit yang berakhir dengan plot twist. Sebagian besar film thriller juga dibumbui dengan unsur-unsur psikologi sehingga film ini penuh dinamika. Banyak film thriller yang akhirnya menjadi legenda sepanjang zaman.

10 Film Thriller Terbaik Sepanjang Masa

Dahulu film thriller, seperti film-film dunia pada umumnya, didominasi oleh film produksi Hollywood. Sejak kebangkitan industri hiburan Asia dan kemajuan teknologi digital, film-film Asia dan  film-film produksi platform layanan film berlangganan, penonton makin punya banyak pilihan. Kisah, pemeran, dan gaya bercerita pun makin beragam.

Berikut adalah 10 film thriller terbaik sepanjang masa yang merajai berbagai platform film dengan referensi ulasan dari IMDB.

Film thriller Psycho

1. Psycho (1960)

Psycho sering dianggap sebagai tonggak film thriller. Pada saat peluncurannya, Psycho masuk dalam kategori film horror. Namun sang legenda, Alfred Hitchcock, mendobrak standar film horror pada saat itu sehingga membuka genrenya sendiri.

Film ini berkisah tentang seorang wanita yang lelah dengan kehidupan yang tak menyenangkan tiba-tiba mendapat kesempatan untuk membawa kabur sejumlah uang. Sedianya uang itu akan digunakan untuk menikah dengan pacarnya yang selalu kesulitan keuangan. Tapi di tengah perjalanan, wanita itu terjebak di sebuah motel yang mengerikan.

Baca juga: Plot Twist dalam Film: Pengertian dan Contohnya

2. The Silence of The Lambs (1991)

Film ini sangat fenomenal dan nyaris menyapu bersih Piala Oscar. Kekejaman Hannibal Lecter digambarkan sangat detail dan sulit diabaikan. Hannibal mampu menggunakan alat sesederhana apa pun di sekitarnya untuk membunuh.

Penggambaran karakter anggota baru FBI juga diperankan sangat baik oleh Jodie Foster. Mimik wajah Jodie yang gemetar saat menghadapi Hannibal secara natural menunjukkan semburat rasa takut. Ini berbeda dengan karakter FBI yang umumnya digambarkan jagoan.

3. Pulp Fiction (1994)

Film garapan Quentin Tarantino ini secara tidak resmi didaulat sebagai film pop thriller terbaik sepanjang zaman. Penggemar film tentu tak bisa melupakan gaya tari John Travolta dan Uma Thurman yang ikonik.

Namun yang lebih penting cara eksekusi Quentin yang tidak pernah ragu dan spontan berkali-kali mengejutkan penonton. Bahkan beberapa kali terjadi adegan sadis setelah adegan humor.

4. No Country for Old Man (2007)

Mungkin film seperti inilah yang bisa disebut sebagai thriller murni. Ketiga pemeran, yaitu Javier Bardem, Josh Brolin, dan Tommy Lee Jones, terus berkejar-kejaran sepanjang film. Film ini jauh dari thriller bombastis yang umum, seperti wanita cantik yang dikejar-kejar penjahat bertopeng. Karakter yang dimainkan biasa saja padahal merupakan pembunuh.

Banyak adegan kekerasan yang mengejutkan tetapi tidak membuat film ini menjadi murahan. Pengambilan gambar pembunuhan yang imajinatif mampu membuat ngilu penonton. Javier Bardiem yang berambut aneh di film ini mendapat Piala Oscar sebagai Best Supporting Actor.

5. Black Swan (2010)

Natalie Portman tampil total sebagai Nina, gadis yang sangat ambisius untuk mendapatkan peran utama sebagai balerina hingga berhalusinasi. Tidak ada yang dilukai dalam kisah ini kecuali dirinya sendiri. Alur cerita film ini perlu diikuti dengan fokus penuh, karena bisa saja dibuat bingung mana yang realita dan mana yang hanya ilusi.

6. Gone Girl (2014)

Boleh dibilang, Rosamund Pike adalah queen of psycho di industri film dunia. Wajahnya yang dingin sangat cocok memerankan istri yang penuh tipu muslihat. Si istri ini tiba-tiba menghilang dengan indikasi telah terjadi kekerasan. Si suami langsung dicurigai sebagai pelaku.

Untuk perannya ini, Rosamund mendapatkan nominasi di hampir semua penghargaan film bergengsi. Film ini laris di pasaran dan mendapatkan keuntungan berlipat-lipat.

7. Parasite (2019)

Parasite adalah puncak pencapaian industri hiburan Korea di dunia. Film ini meraih hampir semua penghargaan terbaik dunia, termasuk Academy Awards. Parasite juga merupakan film berbahasa non-Inggris pertama yang berhasil memenangkan Piala Oscar sebagai film terbaik.

Alur kisah film ini memang luar biasa, tentang keluarga yang memiliki dendam kesumat terhadap kemiskinan. Film ini tidak bercerita tentang peri kemanusiaan atau kisah sedih yang berlebihan. Di film ini hampir semua karakter memiliki ambisi tapi harus dibangun di atas rencana yang berantakan.

8. Joker (2019)

Akting Joaquin Phoenix luar biasa di Joker sehingga penonton dapat ikut merasakan kelelahan mentalnya. Begitu disturbing-nya, film ini pun dianggap terlalu intens untuk penonton yang mengalami kerentanan mental. Di film ini, penonton akan diajak untuk mencermati, bahwa seorang yang dianggap jahat sebetulnya selalu karena ada pemicunya.

Peluncuran film ini sempat mengundang kontroversi akibat trauma peristiwa penembakan yang menewaskan 12 orang di peluncuran film Batman, The Dark Knight Rises. Karena itu, penonton dilarang mengenakan topeng atau mengecat wajah seperti Joker.

9. Glass Onion: Knives Out Mystery (2022)

Daniel Craig tidak bermain film action kali ini. Film ini berkisah tentang game berbahaya yang diinisiasi oleh seorang miliader. Mliliader ini mengundang 5 orang yang pernah berutang berbagai hal dengannya. Tak ketinggalan diundang pula seorang detektif, yaitu Daniel Craig, untuk berjaga-jaga jika ada yang benar-benar mati dalam permainan tersebut.

Film yang bertebaran bintang terkenal ini juga menghadirkan beberapa cameo ternama, seperti Kareem Abdul-Jabar, Ethan Hawke, Hugh Grant, dan Serena Williams.

Sumber: IMDb

10. The Menu (2022)

The Menu dibintangi oleh Ralph Fiennes, Anya Taylor-Joy, dan Nicholas Hoult. Film ini bercerita tentang rencana besar di balik undangan seorang chef terkemuka kepada sekelompok ahli kuliner kaya raya untuk datang ke restorannya di suatu kota. Seorang gadis yang tak tahu menahu tentang kuliner ikut hadir karena diajak oleh kekasihnya. Jamuan mewah itu berubah menjadi bencana.

Baca juga: Rekomendasi Film Netflix Sci-Fi Terbaik yang Wajib Ditonton

Itulah 10 film thriller terbaik yang wajib ditonton dari film klasik dan hingga rilis terbaru. Jika ada yang belum ditonton, segera saja mencari film tersebut. Berkat kemajuan teknologi, semua film-film di atas bisa ditonton di berbagai platform layanan film berbayar.

Exit mobile version