7 Film Zombie Terbaik Sepanjang Masa

Ingin menonton film yang bisa memacu adrenalin, maka film zombie bisa dimasukkan ke dalam referensi. Film ini masuk ke dalam sub genre horor yang menceritakan tentang mayat hidup, manusia yang terinfeksi virus, dan kepunahan umat manusia.

Film zombie biasanya menampilkan aksi kejar-kejaran yang mendebarkan, ada romansa tipis-tipis, dan pengorbanan demi orang tersayang. Dunia yang digambarkan dalam film zombie sebagai post apocalyptic, yaitu keadaan kehidupan umat manusia setelah terjadinya bencana besar.

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Penn State University dan telah dipublish dalam jurnal Personality and Individual Differences menunjukkan bahwa yang menonton film zombie, sci-fi, dan horor memiliki tingkat stres lebih rendah ketika terjadi pandemi COVID-19 lalu. Menarik ya? Profesor John Johnson dari Penn State University mengungkapkan bahwa penelitian tersebut bisa disimpulkan film dapat berfungsi sebagai wadah untuk latihan mental dan persiapan menghadapi peristiwa yang nyata.

Tertarik menonton film yang memacu adrenalin dipadu action dan skill akting para aktor yang memukau? Berikut ini rekomendasi film zombie terbaik sepanjang masa dan memiliki jutaan penonton saat dirilis.

7 Film Zombie Terbaik Sepanjang Masa

Resident Evil film zombie
Sumber: IMDb

1. Resident Evil

Resident Evil merupakan film zombie yang diadaptasi dari game dengan nama serupa. Video game Resident Evil diproduksi oleh Capcom, perusahaan yang berasal dari Jepang. Sejak dirilis 15 Maret 2019 di Amerika Serikat, sudah ada lima sekuel yang tayang di seluruh bioskop berbagai negara.

Film ini menceritakan tentang seorang perempuan yang bernama Alice dan mengalami amnesia. Alice digambarkan mesti menghadapi zombie-zombie yang muncul dari virus T produksi Umbrella Corps. Tak hanya manusia, hewan pun berubah menjadi zombie ketika terkena virus ini.

Resident Evil mencatat sukses besar di bioskop seluruh dunia sejak pemutaran perdana. Karena sukses dan memiliki penggemar besar, film ini pun dibuat series dan tayang di layanan streaming Netflix.

Baca juga: 8 Film Thailand Terbaik Sepanjang Masa yang Wajib Ditonton Penggemar Sinema

Sumber: IMDb

2. Train to Busan

Train to Busan memecahkan rekor sebagai film zombie dengan jumlah penonton yang menembus angka 10 juta. Film ini mendapat kehormatan untuk ditayangkan pertama kali di Festival Film Cannes tanggal 13 Mei dan 7 Agustus 2016.

Film yang disutradarai oleh Yeon Sang ho mengisahkan seorang ayah dan anak yang terjebak di kereta menuju Busan. Adalah Seok-woo yang diperankan oleh Gong Yoo dan anaknya Su-an berencana mengunjungi ibunya di Busan dengan naik kereta KTX. Di tengah perjalanan, ada yang janggal dari salah satu penumpang. Ternyata penumpang tersebut telah terinfeksi virus dan berubah menjadi zombie.

Keadaan menjadi panik di dalam kereta. Infeksi virus mudah menyebar dari gigitan. Semua penumpang berlomba menyelamatkan diri dan mencari pemberhentian kereta yang aman. Selain adegan kejar-kejaran yang menegangkan, scene Seok Woo dan Su an bikin baper. Ayah dan anak ini akhirnya bisa menjalin lagi komunikasi yang baik setelah selama ini Seok Woo sibuk bekerja serta memutuskan bercerai dengan istrinya.

Siapkan tisu menonton Train to Busan, karena endingnya sangat mengharukan.

Sumber: IMDb

3. Shaun of The Dead

Shaun of The Dead yang dirilis pada tahun 2004 dan disutradarai oleh Edgar White memiliki unsur komedi yang kental. Gaya sinematografi khas Edgar White membuat film ini tidak membosankan untuk ditonton.

Film ini menceritakan kisah pemeran utama bernama Shaun yang bekerja sebagai salesman penjualan barang-barang elektronik. Shaun memiliki kehidupan yang membosankan ditambah seorang sahabat menyebalkan bernama Ed.

Kehidupan Shaun berubah total ketika zombie mulai menyerang dan meneror seisi kota. Saat penyerangan zombie, Shaun dalam kondisi mabuk. Dan ketika sadar, dia langsung berusaha menyelamatkan diri bersama teman-temannya, termasuk pacar yang sudah putus, Liz, dan ayah angkat yang Shaun benci, Philip.

Sumber: IMDb

4. 28 Days Later

Rekomendasi film zombie berikutnya adalah 28 Days Later yang disutradarai oleh Danny Boyle. Film ini mengisahkan tentang adanya laboratorium rahasia di Cambridge yang diserbu oleh aktivis pembela hak-hak hewan. Mereka melakukan hal tersebut bertujuan melepaskan simpanse yang digunakan sebagai percobaan.

Ternyata, tanpa mereka ketahui, simpanse tersebut telah terjangkit virus berbahaya. Virus tersebut pun menyebar cepat dan menjangkiti manusia. Cukup 10 detik saja, manusia terinfeksi dan berubah menjadi zombie.

Di sudut kota lain, Jim (tokoh utama), baru bangun dari koma dan sendirian di rumah sakit yang tidak berpenghuni. Kemudian muncul Selena dan Mark datang menyelamatkan Jim dari gerombolan zombie dan menjelaskan kondisi terkait kondisi kota dan wabah zombie.

5. Army of The Dead

Film Army of The Dead menceritakan tentang konspirasi yang dilakukan pemerinta Amerika Serikat. Cerita dimulai dari konvoi yang dilakukan militer AS mengangkut kiriman dari pangkalan militer rahasia yakni Area 51. Di tengah jalan, konvoi tersebut mengalami tabrakan di jalan raya dan wabah misterius pun terlepas. Penyebaran virus ini sangat cepat dan menginfeksi sebagian besar penduduk yang tinggal di wilayah Las Vegas.

Pemerintah pun mengambil langkah cepat dengan melakukan karantina kota tersebut. Sementara itu, di sudut kota Las Vegas, seorang miliuner kasino, Bly Tanaka, meninggalkan uang senilai $200 juta. Tumpukan uangnya aman tersimpan di balik brankas. Sayangnya, pemerintah Amerika Serikat akan melepas bom di Las Vegas dalam kurun waktu 96 jam.

Sumber: IMDb

6. Alive

Satu lagi film zombie yang berasal dari negeri ginseng, yaitu Alive. Film ini diadaptasi dari film Amerika yang berjudul Alone karya Matt Naylor.

Alive mengisahkan pemeran utamanya, Oh Joon woo yang tinggal sendiri di apartemen keluarga ketika sebuah penyakit misterius mulai menginfeksi penduduk Seoul. Para penduduk pun berubah menjadi zombie dan mulai menyerang penduduk sekitar dan memakan mereka.

Wabah makin tidak terkendali. Ini membuat makin banyak orang terjebak di apartemen mereka tanpa adanya akses komunikasi. Joon woo dan Yu Bin, keduanya berjuang  untuk bisa bertahan hidup di apartemen yang terisolasi.

Baca juga: 7 Drama Korea Song Hye Kyo Terbaik Sepanjang Masa

7. World War Z

Film yang booming di tahun 2013 ini dibintangi oleh Brad Pitt dan disutradarai oleh Marc Foster. World War Z merupakan film yang diadaptasi oleh novel berjudul sama ditulis oleh Max Brooks.

Film ini menceritakan kisah dari Gerry Lane (Brad Pitt), mantan penyelidik di PBB yang ditugaskan mencari cara agar bisa menghentikan virus zombie. Penyebaran virus ini sangat cepat dan sudah mewabah di seluruh dunia.

Untuk tugasnya ini, Gerry mesti meninggalkan istri dan kedua anaknya. Gerry menyelidiki virus ini dibantu oleh seorang dokter ahli virus dari Harvard bernama Andrew Fassbach.

World War Z sukses di pasaran dengan meraup keuntungan senilai $540 juta sedangkan biaya produksinya mengeluarkan bujet $190 juta. Tak hanya itu saja, atas kesuksesan film ini, Brad Pitt mendapatkan banyak pujian atas aktingnya yang memukau.

Tujuh rekomendasi film zombie di atas bisa ditonton di waktu senggang atau mengisi kegiatan di akhir pekan. Selamat menonton.

Exit mobile version