Panduan Memilih Frame Kacamata yang Tepat Sesuai Bentuk Wajah

Kacamata merupakan alat bantu yang sangat penting bagi orang-orang dengan masalah pada penglihatan. Menggunakan alat ini, penglihatan akan lebih jelas. Karena menjadi alat penting dalam kehidupan sehari-hari, pemilihan frame kacamata pun harus tepat sesuai bentuk wajah.

Fungsi utamanya memang sebagai alat bantu penglihatan, tetapi dalam perkembangannya, kacamata telah menjadi item fashion yang akan menunjang penampilan seseorang. Jadi, tidak mengherankan apabila di pasaran ada banyak model frame kacamata yang selalu berganti tiap musim. Bahkan, brand-brand fashion terkenal dunia seperti Chanel, Calvin Klein, Salvatore Ferragamo pun menjual kacamata dengan berbagai model.

Sebelum membeli kacamata ada dua hal penting yang mesti diperhatikan yaitu bahan dan juga tipe frame berdasarkan bentuk wajah. Karena dari pemilihan bahan akan memengaruhi bujet yang akan dikeluarkan serta kenyamanan dalam penggunaan. Sedangkan memilih kacamata berdasarkan bentuk wajah bertujuan agar penampilan pengguna bisa lebih sesuai dan percaya diri bisa meningkat.

Bahan Frame Kacamata yang Terbaik

Menjaga Kesehatan Mata dalam Era Digital: Panduan Memilih Kacamata Antiradiasi yang Tepat

1. Bahan Metal

Faktor utama pemilihan bahan kacamata identik dengan kuat dan juga tahan lama. Karena, tidak mungkin apabila setiap bulan mesti ganti kacamata. Hal tersebut akan berpengaruh pada pengeluaran menjadi membengkak.

Kacamata dengan bahan metal dikenal kuat dan tangguh. Jenis bahan ini memiliki daya tahan tinggi walaupun bobotnya agak sedikit berat. Untuk frame metal ini tersusun tidak hanya dari satu jenis logam saja, ada juga dari material alloy dan titanium.

2. Bahan Plastik

Salah satu bahan kacamata yang disukai banyak orang adalah plastik. Bobotnya ringan membuat frame kacamata dengan bahan ini populer di berbagai kalangan masyarakat. Pengguna merasa lebih nyaman dan tidak membuat kepala terasa berat.

Ada beberapa jenis plastik yang umum digunakan dalam pembuatan kacamata yaitu nylon, optil, seluloid, dan acetate. Jenis acetate sering digunakan oleh brand-brand besar saat ini.

3. Bahan Titanium

Jenis bahan frame terbaik dan populer saat ini adalah titanium. Dari segi kekuatan, memang logam yang satu ini termasuk kuat. Untuk bobotnya sendiri relatif lebih ringan dibandingkan metal. Sifat dari bahan titanium juga anti korosif dan tidak beracun bagi tubuh.

Baca juga: Menjaga Kesehatan Mata dalam Era Digital: Panduan Memilih Kacamata Antiradiasi yang Tepat

Setelah mengetahui beberapa jenis bahan kacamata yang akan digunakan, maka langkah berikutnya adalah memilih kacamata berdasarkan bentuk wajah.

Perlu diingat bahwa tren kacamata memang selalu berubah, dengan pemilihan frame yang tepat bisa menutupi kekurangan di wajah. Bahkan penampilan bisa lebih maksimal apabila menggunakan frame yang sesuai. Namun, sebaliknya jika salah memilih frame, penampilan pengguna bisa terkesan lebih tua.

Panduan Memilih Frame Kacamata Sesuai Bentuk Wajah

1. Wajah Oval

Pemilik wajah oval sangat beruntung karena bisa menggunakan hampir semua frame kacamata. Ciri-ciri dari wajah oval adalah tulang pipi yang lebih panjang, sedikit lebar dan serta di bagian dahi agak sempit.

Beberapa frame yang cocok digunakan seperti model tajam di bagian sudut, akan memberikan kesan tegas di wajah. Bisa juga menggunakan kacamata dengan bentuk kotak atau persegi panjang. Wajah oval hindari penggunaan bingkai bulat tebal dan sempit.

2. Wajah Bulat

Ciri-ciri wajah bulat adalah bentuk tulang pipi yang terlihat agak samar. Untuk pemilik wajah ini, pilihlah frame kacamata dengan model tajam di sudut, bingkai oval, kotak, atau bisa juga lensa yang menyerupai huruf D serta less frame seperti kacamata modern futristis, rimless dan retro. Model tersebut akan mempertegas wajah.

Hindari membeli kacamata yang berbentuk bulat dengan frame tebal karena akan membuat wajah terlihat semakin bulat.

3. Wajah Persegi Panjang

Cara untuk menandai bahwa seseorang memiliki wajah dengan bentuk persegi panjang adalah dahi lebar, tulang pipi dan jawline juga sama lebar, tetapi di bagian rahang lebih tegas. Untuk pemilik wajah ini, pilihlah kacamata dengan lensa yang transparan dan bingkai tipis.

Kacamata dengan bentuk bulat dengan bingkai besar juga cocok digunakan untuk bentuk wajah persegi panjang. Namun, hindari menggunakan kacamata dengan bingkai sempit dengan warna yang cerah.

4. Wajah Hati

Wajah berbentuk hati ini agak sulit dibedakan dengan bentuk persegi panjang. Namun, ciri khas utama dari bentuk wajah ini adalah luas dahi yang lebar dibandingkan bentuk wajah lainnya, dagu runcing serta menonjol dan tulang pipi yang tinggi.

Dalam pemilihan kacamata, sebaiknya pilih bingkai yang tipis dengan warna yang cerah. Ini akan menarik perhatian orang-orang dan fokusnya lebih ke bagian wajah. Pemilik dengan wajah ini akan tampil sempurna dengan kacamata seperti aviator, frame yang clean dan shield. Sebaliknya, hindari memilih frame tebal dan besar karena akan membuat wajah lebih tampak besar.

5. Wajah Diagonal

Bentuk dari wajah diagonal ini cukup langka. Umumnya memiliki ciri-ciri rahang sempit dan pipi yang penuh. Frame yang cocok untuk bentuk wajah diagonal adalah bingkai mata kucing. Penggunaan frame jenis ini akan membuat wajah diagonal tampil lebih halus dan menonjol di bagian dahi.

Baca juga: 15 Model Rambut Pendek Wanita ala Korea yang Manis Cocok untuk Semua Bentuk Wajah

Kenyamanan dalam mengenakan kacamata bisa diciptakan dengan memilih bahan dan model yang tepat. Oleh karena itu, gunakan panduan di atas ketika membeli frame kacamata, baik yang akan digunakan untuk keseharian maupun sebagai pelengkap gaya seperti sunglasses.

Exit mobile version