Panduan Wisata Kuliner Gado-Gado: Tempat Makan Terbaik di Jakarta

JNEWS – Gado-gado merupakan kuliner asli Indonesia yang lengkap nilai gizinya. Dalam hidangan ini terdapat karbohidrat, protein, serat hingga vitamin dan mineral. Kuliner ini memiliki sejarah panjang di Jakarta dan masih eksis hingga sekarang. Meski dapat dijumpai hampir di semua sudut Jakarta, ada beberapa tempat menikmati kuliner istimewa ini yang harus dicoba.

Dikutip dari laman Warisan Budaya Kemdikbud, gado-gado Betawi merupakan salah satu warisan budaya tak benda (WBTB) Indonesia. Sebenarnya hidangan ini ada di hampir seluruh Nusantara, tetapi WBTB secara khusus menyebutkan bahwa yang diakui adalah yang berasal dari Betawi atau Jakarta.

Rekomendasi Tempat Makan Gado-gado Terbaik di Jakarta

Dalam laman WBTB disebutkan bahwa isi makanan ini sangat meriah, yaitu campuran aneka sayuran rebus, timun, tahu diiris tipis, tempe diiris dadu, labu siam, nangka muda, kangkung, dan taoge. Campuran tersebut kemudian disiram saus kacang.

Selain itu, masih ada telur rebus, kentang rebus, bawang goreng, dan emping. Namun praktiknya bisa berbeda-beda di tiap rumah makan. Bahkan biasanya ada tambahan lontong, ketupat, atau nasi.

Berikut adalah rekomendasi tempat makan gado-gado terbaik di Jakarta yang harus dikunjungi.

Panduan Wisata Kuliner Gado-Gado

1. Kampung Tugu

Kampung Tugu di Cilincing merupakan cikal bakal keberadaan gado-gado di Jakarta. Makanan ini diperkenalkan oleh bangsa Portugis dan Spanyol. Saat ini masih banyak keturunan Portugis yang tinggal di daerah itu. Versi Kampung Tugu inilah yang diakui WBTB sehingga paling autentik se-Jakarta.

Cara terbaik untuk menikmati kuliner ini di Kampung Tugu adalah dengan mengikuti paket wisata. Salah satunya dengan menghubungi akun Instagram Living Museum Roemah Toegoe untuk melakukan reservasi. Selain menikmati menu ini, wisatawan juga bisa melihat proses penyajiannya serta menikmati keunikan seni dan budaya Kampung Tugu.

Baca juga: Kuliner Khas Petak Sembilan: Eksplorasi Rasa di Jantung Jakarta

2. Gado-Gado Boplo

Rumah makan ini termasuk yang legendaris karena sudah berdiri sejak tahun 1970 atau lebih dari 50 tahun. Awalnya, Juliana Hartono membuka kios yang hanya berisi kursi dan meja etalase. Sekarang, Boplo merupakan restoran modern yang nyaman dan mewah untuk seluruh anggota keluarga. Tak terhitung tokoh dan artis yang sudah pernah ke sini, termasuk tokoh kuliner William Wongso dan Chef Juna.

Lokasi Boplo di Cikini Raya, Cempaka Putih Raya, Kramat Raya, Thamrin City, Puri Inn, Gajah Mada Plaza, Sarinah Thamrin, Abdullah Syafei, Dr. Satrio, Panglima Polim, Mahaka Square, Artha Gading dan Mal Kelapa Gading. Buka pukul 09.00-21.00. Harga per porsi Rp39.000.

3. Gado-Gado Cemara

Rumah makan ini juga tergolong sangat lawas karena berdiri sejak tahun 1947. Usaha milik Niawati Setiawan ini menempati ruko yang tidak luas. Jika ingin tempat lebih nyaman, bisa datang ke cabang Setiabudi One.

Versi Cemara dikenal dengan sayurannya yang selalu segar serta sausnya yang lebih halus dan berlimpah. Porsi satu piring sudah mengenyangkan. Cita rasa buatan Cemara ini gurih dan tidak pedas tetapi disediakan sambal.

Lokasi Cemara ada di Jl. Tanah Abang, Setiabudi One, Citywalk Gajah Mada dan Woltermonginsidi. Buka pukul 09.00-20.30, kecuali kios pusat di Tanah Abang yang tutup pukul 18.00. Harga tanpa lontong Rp28.000 (medium/S) dan Rp39.000 (regular/L). Harga dengan lontong Rp33.000 (medium/S) dan Rp45.000 (regular/L).

4. Gado-Gado Bon Bin

Rumah makan ini sudah berdiri sejak tahun 1960. Nama Bon Bin berasal kebun binatang, karena dahulu ada kebun binatang di daerah ini. Porsi di Bon Bin termasuk sedang dengan bumbu yang tidak pelit.

Yang unik dari bumbu di sini adalah penggunaan kacang mete. Jangan lupa juga memesan es kopyor dan es shanghai ala tempo dulu. Penyajiannya tampak sederhana, tetapi penggemarnya sudah lintas generasi. Pembeli akan dilayani opa dan oma pemilik Bon Bin. Rumah makan ini bersih dan ber-AC meski perabotannya terlihat jadul.

Alamat Bon Bin di Jl. Cikini IV No. 5, Menteng, Jakarta Pusat. Buka pukul 10.00-17.00. Harga seporsi Rp45.000.

5. Gado-Gado Kartika

Restoran ini berada kawasan elit Pondok Indah dan menempati sebuah ruko yang tidak terlalu luas. Menu-menu makanan di Kartika pernah diulas oleh almarhum Pak Bondan dengan komentar yang bagus. Meski harganya termasuk tinggi di antara rekomendasi lainnya, tetapi penggemarnya juga banyak. Ini karena sayurannya selalu segar dan sausnya kaya bumbu.

Alamat Kartika di Jl. Sekolah Duta V, Pondok Pinang, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan. Buka pukul 09.00-17.00, sedangkan Minggu tutup. Harga dengan lontong Rp55.000 per porsi.

6. Gado-Gado AA Kelapa Gading

Restoran ini luas, bersih dan adem, serta pelayanannya ramah dan cepat. Bahkan kurir atau ojek juga diberi tempat tersendiri sehingga kurir dan pembeli umum sama-sama nyaman. Karena pembelinya banyak, maka sayurannya selalu baru dan segar. Sedangkan bumbu yang digunakan tipe bumbu dengan kacang mete.

Alamat AA di Jl. Kelapa Kopyor Blok M 1, Kelapa Gading Timur, Jakarta Utara. Buka pukul 08.00-16.00. Harga Rp36.000 (tanpa lontong) dan Rp38.000 (dengan lontong) per porsi.

7. Gado-Gado Kertanegara ala Sumartin

Ini bukan kios atau bahkan restoran, melainkan pedagang kaki lima di pinggir jalan. Namun gerobak ini merupakan langganan para jenderal dan artis. Tentu saja sebagian besar dari mereka tidak makan di tempat, melainkan dibelikan oleh para ajudan. Deretan pelanggan mereka antara lain Ivan Gunawan, Ari Wibowo, hingga Sandiaga Uno.

Untuk mobilisasi, penjual menggunakan mobil yang sudah sangat kuno berwarna biru mencolok. Pembeli dapat duduk di kursi plastik di bawah pohon rindang. Rasanya enak dan cenderung gurih. Jangan lupa membeli es podengnya juga.

Untuk waktu ini, mereka mangkal di Jl. Kertanegara No. 2, Selong, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Buka pukul 10.00-15.00, tetapi hari Sabtu dan Minggu Libur. Harga per porsinya Rp25.000.

8. Gado-Gado Taman Sari Raya

Tempatnya sederhana tetapi sangat bersih dan tenang. Rumah makan di daerah Kota Tua ini menempati bangunan lama yang terawat. Namun, dari luar tidak ada plang yang informatif.

Bumbunya legit dan gurih karena terbuat dari kacang mete. Sayurannya segar serta ada daun seladanya. Sementara kerupuknya dobel, ada kerupuk udang dan emping.

Alamat di Jl. Taman Sari No. 65, Kota Tua, Jakarta Barat. Buka pukul 08.30-16.00, hari Senin tutup. Harga dengan nasi Rp45.000 per porsi.

Baca juga: Kuliner Jalanan Jakarta: Menjelajahi Warung Nasi Rames Terbaik

Gado-gado adalah salah satu warisan kuliner kebanggaan masyarakat Jakarta. Perbedaan harga yang mencolok antar penjual kebanyakan dipengaruhi oleh bahan, terutama saus yang menggunakan kacang mete saja, campuran, atau kacang tanah saja. Namun, kebanyakan penjual legendaris sudah memiliki pelanggan loyal dari generasi ke generasi.

Exit mobile version