Gaji Pas-pasan? Ini Jurus Jitu Agar Bisa Menabung

Gaji Pas-pasa? Ini Jurus Jitu Agar Bisa Menabung

Menabung untuk Masa Depan

Memiliki tabungan hingga jutaan ataupun barang-barang mewah seperti rumah, mobil, dan barang-barang mahal lainnya seperti terdengar mustahil ketika pendapatan dari gaji hanyalah pas-pasan.

Tentu saja tidak semua dari kita bernasib beruntung, memiliki pekerjaan layak dan gaji di atas Upah Minimum Regional (UMR), bahkan hingga puluhan juta rupiah setiap bulannya. Banyak juga diantara kita hanya menerima gaji pas-pasan, pas Rp2 juta misalnya atau di bawahnya.

Dengan bayaran di bawah Rp2 juta, tentu keinginan untuk memiliki rumah, kendaraan bermotor hingga barang-barang mewah lainnya tampak terdengar seperti impian semu.

Nyatanya tidaklah demikian, Anda tetap bisa meweujudkan impian tersebut, jika pintar mengelola dan mengalokasi uang dengan tepat dan bijak. Lantas bagaimana cara mewujudkannya dengan gaji pas-pasanmari simak jurus jitu berikut ini agar bulan depan bisa menabung.

BACA JUGA: 5 Cara Mencari Modal Usaha Tanpa Pinjaman Bank

Jurus Jitu Bisa Menabung Meski Gaji Pas-pasan

1. Seleksi Pengeluaran Sesuai Kebutuhan

Anda harus menyeleksi secara ketat terkait pengeluaran Anda, lakukan evaluasi menjelang gajian, agar Anda bisa tahu untuk apa saja pengeluaran Anda.

Jika Anda hanya enerima gaji Rp2 juta atau dibawahnya, pengeluaran Anda harus berada pada angka 30-60 persen setiap bulannya.

Alokasi pengeluaran tersebut untuk kebutuhan yang benar-benar krusial, seperti tagihan listrik, telepon, transportasi, dan makan sehari-hari.

2. Langsung Menabung Usai Gajian

Biasakan untuk langsung menabung usai gajian atau memiliki tabungan khusus. Anda bisa menyimpannya di rekening di luar ATM yang Anda tarik untuk pengeluaran, atau gunakan fitur autodebet pada rekening yang lain, rekening yang Anda gunakan khusus untuk menabung.

Jika Anda tidak memiliki tabungan pada rekening bank, Anda tentunya juga bisa melakukannya di rumah dengan membuat celengan.

Disiplinkan diri Anda setiap kali memiliki pecahan kecil antara Rp5.000 sampai Rp20.000 untuk dimasukkan dalam tabungan setiap harinya.

3. Bawa Uang Pas

Terkadang kita suka khilaf belanja di luar kebutuhan karena memiliki uang lebih di dompet, tanpa di sadari telah berbelanja melampaui batas pengeluaran.

Mulai sekarang, biasakanlah untuk membawa uang pas-pasan sehingga Anda tidak terjebak dengan belanja spontan.

4. Sisihkan Dana Darurat

Usahakan untuk menyisihkan beberapa dari gaji Anda untuk dana darurat, dana ini berbeda dari tabungan maupun dana pengeluaran sehari-hari Anda.

dana ini bakal Anda peruntukkan jika sewaktu-waktu Anda atau keluarga mengalami musibah atau keadaan urgent.

5. Hindari Kartu Kredit

Memiliki kartu kredit memang terasa menyenangkan, sebab Anda bisa berbelanja sesuka hati lalu membayar tagihannya secara mencicil. Namun, akan sangat kewalahan jika Anda kesulitan membayar tagihannya, apalagi jika anda berbelanja melebihi limit.

Jika memang penghasilan pas-pasan, tak perlu ngotot bergaya ingin memiliki kartu kredit. Daripada membeli barang kredit, ada baiknya Anda berpikir bijak saat hendak berbelanja.

6. Lebih Bijak Dalam Gaya Hidup

Rahasia terakhir agar bisa menabung adalah bijak dalam gaya hidup, jika Anda hanyalah seorang pekerja dengan gaji pas-pasan atau di bawah Rp2 juta, ada baiknya bijak dalam memilih lingkungan pergaulan. Sering kali kita terjerumus pada kesalahan ini sehingga tidak bisa menabung.

Memilih gaya hidup yang bijaksana adalah hal yang mudah diucapkan tapi sulit diterapkan. Apalagi jika Anda terlalu sering berada di lingkungan konsumtif seperti nongkrong di coffee shop mahal, order makanan online setiap harinya, hingga berbelanja barang-barang branded.

Tentu saja gaya hidup seperti itu akan menguras gaji Anda setiap bulannya. Jika belum mampu untuk memaksakan gaya hidup demikian?

Nah itulah jurus jitu bisa menabung meski gaji pas-pasan. Selamat mencoba untuk memperbaiki finansial dan kesejahteraan hidup di masa depan.

BACA JUGA: Lima Jurus Jitu Promosi Bisnis Online Khas Anak Muda

Exit mobile version