Game Belajar Anak: Meningkatkan Kemampuan Bahasa dengan Seru

JNEWS – Game adalah salah satu aplikasi yang paling sering diakses oleh anak-anak. Agar anak bisa menggunakan smartphone untuk hal positif, tidak ada salahnya mengenalkan mereka dengan game belajar anak.

Perkembangan teknologi sekarang ini makin pesat. Internet of things telah menjadi bagian integral kehidupan. Bahkan generasi Alpha menjadi generasi pertama yang lahir di tengah gempuran teknologi. Smartphone tidak lepas dari tangan mereka, tapi mengedukasi akses internet ke hal positif adalah tugas seluruh orang tua.

Ada banyak variasi game online yang menjadi favorit anak-anak untuk dimainkan. Mulai dari game seperti menyusun balok ala zaman 90-an hingga game metaverse. Apabila tidak membatasi penggunaan smartphone, indikasi kecanduan bisa muncul.

Namun, selain bahaya kecanduan, ada risiko lainnya juga yang mesti dihadapi yaitu konten game yang tidak sesuai usia anak. Oleh karena itu, penggunaan smartphone sebaiknya diarahkan ke hal positif. Bisa bermain game tapi bantu menemukan game belajar anak yang edukatif dan bisa meningkatkan kemampuan bahasa mereka.

7 Game Belajar Anak

Belajar sambil bermain adalah solusi efisien mengajarkan anak akan suatu hal. Anak-anak akan mudah menyerap konten belajar apabila disajikan dalam bentuk yang mudah dicerna dan menyenangkan. Di sinilah peran aktif orang tua dalam memilihkan game belajar anak terbaik untuk tingkatkan kemampuan literasi mereka.

Apa saja pilihan gamenya? Berikut rekomendasinya.

10 Game Belajar Anak Terbaik untuk Meningkatkan Keterampilan Matematika

1. Khan Academy Kids

Aplikasi Khan Academy Kids adalah aplikasi besutan Khan Academy yang bisa diakses baik melalui Android dan iOS secara gratis tanpa iklan dan langganan. Melalui aplikasi ini, belajar menjadi menyenangkan dengan ribuan permainan, buku dan aktivitas edukatif untuk anak usia 2-8 tahun.

Lebih dari 5000 pelajaran dan permainan edukatif bisa diakses di aplikasi ini. Kodi si Beruang  akan memandu anak-anak melalui permainan pembelajaran interaktif. Di sini, anak-anak bisa belajar alfabet dengan permainan abc dan belajar huruf fonik.

Menariknya, di setiap pembelajaran ada hewan yang mewakili untuk menemani anak-anak. Seperti Kodi si Beruang, Ollo si Gajah, Reya si Panda Merah, Peck si Burung Kolibri hingga Sandi si Dingo.

Baca juga: Belajar Bahasa dengan Nonton Drama Korea: Emang Bisa?

2. Duolingo

Aplikasi Duolingo adalah aplikasi belajar bahasa gratis yang diciptakan oleh Luis von Ahn dan Severin Hacker. Duolingo bisa diunduh baik di Android dan iOS secara gratis. Menariknya, aplikasi ini merupakan salah satu aplikasi pendidikan populer yang banyak diunduh di dunia.

Di aplikasi Duolingo, anak-anak bisa mempelajari lebih dari 40 bahasa melalui berbagai pelajaran. Anak-anak bisa meningkatkan kemampuan berbicara, membaca, mendengar dan menulis terkait kosakata serta tata bahasa.

Aplikasi ini akan membantu anak-anak mempelajari percakapan harian dalam bahasa Spanyol, Mandari, Prancis, Italia, Jerman, Inggris dan masih banyak lainnya. Sekarang ini tersedia 66 kursus bahasa berbeda dalam 23 bahasa termasuk Indonesia.

3. Manor Matters

Belajar meningkatkan kemampuan bahasa bisa juga dengan bermain game detektif. Manor Matters adalah aplikasi yang cocok untuk kalangan anak, remaja hingga orang tua yang tertarik bermain game berpikir ala detektif untuk menemukan benda-benda di tempat tak terduga. Aplikasi ini dalam berbahasa Inggris, jadi anak-anak bisa mengasah kemampuan bahasa Inggrisnya dan meningkatkan ketelitian.

Manor Matters memiliki rating bagus dan jumlah unduhan yang banyak baik di Android maupun App Store. Semakin banyak misi dan mendapatkan bintang, anak-anak bisa menggunakannya untuk menyusun interior rumah agar tampil cantik dengan berbagai tingkatan level.

4. Memrise

Memrise merupakan aplikasi belajar bahasa Inggris yang bisa digunakan oleh anak-anak. Aplikasi ini bisa diunduh melalui Android dan iOS. Tersedia pelajaran bahasa yang disajikan dalam bentuk game interaktif dan tentunya menyenangkan.

Menariknya, Memrise menyediakan kursus bahasa Inggris yang dikembangkan oleh pengguna dan native speaker dengan tujuan agar pelajaran lebih autentik dan relevan. Selain itu, ada fitur menarik untuk mengukur kemajuan belajar dan menyediakan feedback.

5. Lingkokids

Lingokids adalah aplikasi Play Learning untuk anak usia 2-8 tahun. Aplikasi ini bisa diunduh melalui Google Play Store dan App Store, tapi ada yang harus berbayar. Dengan aplikasi ini, anak-anak akan memperoleh pengalaman Play Learning melalui aktivitas interaktif, video, lagu, dan permainan yang disesuaikan dengan level kesulitan dan kecepatan belajar mereka.

Anak-anak bisa jelajahi lebih dari 1600 aktivitas pembelajaran dengan lebih dari 650 tujuan di berbagai mata pelajaran. Seperti matematika, membaca dan literasi, sains, teknik, teknologi, seni, musik, dan banyak lagi. Dengan kecepatan mereka sendiri, anak-anak dapat berkembang melalui kurikulum STEM yang telah dikurasi melalui permainan, kuis, buku digital, video, dan lagu yang menarik.

6. Babbel – Learn Languages

Babbel adalah aplikasi pembelajaran bahasa di mana anak-anak dapat belajar bahasa asing dengan sedikit latihan setiap hari. Di game belajar anak ini tersedia konten belajar yang interaktif dan menyenangkan serta bisa membantu anak mudah mempelajari bahasa asing.

Beberapa jenis konten yang ada di aplikasi ini seperti permainan, cerita, dan latihan, yang dirancang untuk meningkatkan kemampuan berbicara, mendengar, dan membaca dalam bahasa asing. Menariknya lagi, di aplikasi ini juga menyediakan suara native speaker dalam membantu anak-anak untuk mengucapkan kata dengan intonasi yang tepat.

Aplikasi Babbel ini baru bisa dinikmati oleh pengguna Android.

7. Drops: Language Learning Games

Game belajar anak yang lagi populer belakangan ini adalah Drops. Aplikasi ini bisa diunduh melalui Google PlayStore dan App Store.

Drops dirancang untuk membuat belajar bahasa baru lebih mudah serta menyenangkan. Ada beberapa bahasa yang bisa dipelajari di game ini seperti Korea, Jepang, Inggris, Meksiko, Mandarin, Jerman dan masih banyak lainnya. Melalui aplikasi ini anak-anak bisa belajar bahasa melalui permainan seru dan tersedia native speaker dalam membantu pengucapan serta intonasi.

Baca juga: 10 Game Belajar Anak Terbaik untuk Meningkatkan Keterampilan Matematika

Sejumlah rekomendasi game belajar anak di atas bisa dijadikan pembelajaran dalam meningkatkan kemampuan bahasa mereka. Namun perlu melakukan pengawasan penggunaan smartphone agar tidak berlebihan dan menyebabkan jadwal belajar atau bermain anak-anak terganggu.

Exit mobile version