10 Game Belajar Anak Terbaik untuk Meningkatkan Keterampilan Matematika

JNEWS – Game belajar anak sudah lama menjadi andalan banyak orang tua, termasuk untuk belajar matematika. Mendampingi anak belajar memang tidak mudah karena anak-anak cepat bosan. Anak-anak yang tidak memahami suatu materi bukan berarti mereka tidak pintar atau tidak mau diatur. Sebagian besar anak tidak mau mempelajarinya karena materi tersebut tidak menarik perhatian mereka.

Umumnya, anak-anak enggan belajar matematika karena banyak yang harus dihafalkan. Di sisi lain, mereka malah menghabiskan waktu dengan bermain game. Padahal dalam game banyak unsur menghafalnya juga, tetapi tidak terasa karena tidak dengan sengaja dilakukan. Game edukatif menggunakan inspirasi yang sama, yaitu anak-anak tidak akan merasa belajar, melainkan lebih terasa seperti bermain.

Daftar 10 Game Belajar Anak Terbaik untuk Bidang Matematika

Dikutip dari laman Sahabat Guru, game tidak hanya dapat digunakan sebagai sarana hiburan, tetapi dapat dijadikan strategi dan media pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan numerasi. Game belajar anak yang menyenangkan akan mendekatkan siswa dengan matematika.

Berikut adalah daftar 10 game belajar anak yang dapat diberikan kepada anak-anak sebagai media belajar matermatika.

10 Game Belajar Anak Terbaik untuk Meningkatkan Keterampilan Matematika

1. Math Kids: Math Games for Kids

Game yang sudah diunduh 50 juta kali dengan rating 4,7 dan 48 ribu ulasan di Google Play ini dirancang RV AppStudios untuk mengajak anak-anak usia 4 tahun ke atas memahami matematika sambil bermain. Materi matematika yang diberikan, antara lain tentang penjumlahan, pengurangan, serta bilangan yang lebih besar dan lebih kecil. Game ini dilengkapi dengan gambar-gambar yang lucu dengan warna-warni cerah. Game ini dapat dimainkan di ponsel maupun komputer.

Baca juga: 7 Free Games Google ‘Rahasia’ Bisa Dimainkan Gratis tanpa Aplikasi

2. Kids Math: Math Games for Kids

Namanya mirip dengan Math Kids di atas karena developernya sama. Hanya saja Kids Math dirancang dengan Montessori style untuk anak-anak usia dini (PAUD). Anak-anak akan bermain pengenalan angka dan penjumlahan. Anak-anak akan mendapatkan hadiah stiker lucu tiap menyelesaikan satu level.

3. Mathland: Game Belajar

Game belajar anak dari Didactoons ini dirancang untuk anak-anak kelas 1, 2, dan 3 SD. Mathland berisi mental matematika, yang terdiri dari penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian. Anak-anak tidak merasa sedang belajar karena disajikan dalam bentuk game aksi petualangan.

4. Math Games: Brain Training

Game ini merupakan permainan asah otak menggunakan matematika. Meski tidak menyajikan gambar-gambar lucu, game ini dapat membuat anak-anak SD penasaran ingin menyelesaikannya. Game ini juga bisa dimainkan oleh penyuka aljabar segala usia. Game belajar anak khusus matematika yang dibuat oleh Pavel Olegovich ini telah diunduh sebanyak 10 juta kali.

5. DoodleMath: Elementary Math

Game buatan Discovery Education Europe Limited ini mendapat Teacher Approved badge. Game ini sesuai untuk siswa sekolah dasar. Game belajar anak ini lebih seperti latihan soal yang dibuat dengan basis riset untuk membangun kepercayaan diri siswa dalam menyelesaikan soal-soal matematika. Game ini dapat dipersonalisasi sehingga mengubah proses pembelajaran menjadi petualangan yang menyenangkan.

6. Math Games, Learn Add Multiplay

Games buatan GunjanApps Studio ini telah diunduh 60 juta kali dan memiliki Teacher Approved badge. Meski dibuat untuk anak-anak tetapi game ini juga dapat dimainkan oleh orang dewasa.

Aplikasi ini tidak menggunakan gambar-gambar lucu tetapi tetap menggunakan warna-warni cerah khas anak-anak. Fokus game ini adalah soal latihan penjumlahan, pengurangan perkalian dan pembagian sebanyak-banyaknya. Bahkan disediakan pula mode duel sehingga dapat dimainkan bersama keluarga.

7. 123 Numbers – Count & Tracing

Aplikasi buatan RV AppStudios ini digunakan untuk anak-anak yang baru pertama kali mengenal angka atau prasekolah. Mereka akan belajar jenis-jenis angka, menjiplak angka, menghitung dan banyak lagi. Aplikasi ini dipenuhi gambar-gambar yang lucu dan bewarna-warni cerah. Developer juga memperhatikan grafis dan suara yang dapat mengundang anak-anak untuk berinteraksi. Hebatnya, aplikasi ini gratis bahkan tanpa iklan pihak ketiga dan pembelian dalam aplikasi.

8. 1st – 12th Grade Math Problems

Aplikasi ini ditujukan untuk anak-anak SD dan jenjang lain yang sudah lupa dengan matematika dasar. Game buatan AdamSoftware ini dilengkapi dengan gambar-gambar geometri dengan tata letak yang menarik. Siswa dapat belajar matematika dasar, mental, dan soal matematika. Aplikasi ini dapat digunakan sebagai pegangan karena matematika dasar akan terpakai terus untuk  hingga jenjang pendidikan tertinggi maupun kegiatan sehari-hari.

9. Crossmath – Math Puzzle Games

Aplikasi gratis yang telah diunduh sebanyak 10 juta kali ini memiliki rating yang nyaris sempurna, yaitu 4,9. Game buatan Guru Puzzle Game ini unik karena merupakan teka-teki silang tetapi berisi penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian. Game ini akan membuat pemainnya penasaran dan terus memainkannya untuk menyelesaikan seluruh kotak kosong.

10. Marbel Fun Math & Numbers

Begitu melihat aplikasi buatan Educa Studio ini, banyak yang mengira bahwa ini adalah game kartun yang lucu. Padahal misi utama aplikasi ini adalah mengajak anak-anak mengenal angka, belajar berhitung, mengurutkan bilangan, dan memahami cerita yang mengandung angka. Karena game ini ditujukan untuk anak-anak PAUD dan TK, maka orang tua diharapkan terlibat penuh untuk membantu anak-anak mereka.

Baca juga: Tak Perlu Internet, Ini dia 7 Game Offline Seru yang Bisa Dimainkan Bareng

Banyak game belajar anak tebaik yang berbahasa Inggris. Namun bahasa Inggrisnya tidak sulit karena game tersebut fokus pada angka atau numerasi. Terlebih lagi matematika anak-anak belum banyak mengandung soal cerita. Anak-anak dapat diarahkan untuk memusatkan perhatian pada jalannya game matematika yang telah dipilih, sementara orang tua membantu menerjemahkan jika petunjuknya berbahasa Inggris.

Exit mobile version