Gandeng Pecinta Alam, Pemerintah Fokus Vaksinasi UMKM di Kaki Gunung

Vaksinasi pelaku UMKM dan masyarakat di kaki gunung

 

Mengandeng perkumpulan organisasi pecinta alam Mapala UI (Mandalawangi dan Wanadri), serta pengelola Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGGP), Kementerian Koperasi dan UKM mengelar program vaksinasi nasional dengan bagi masyarakat dan pelaku UMKM di Kaki Gunung.

“Kita sangat berterima kasih kepada Mandalawangi yang membantu melaksanakan vaksinasi di daerah-daerah yang terpencil, seperti masyarakat dan pelaku UMKM di wilayah kaki gunung,” ujar Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki.

Menurut Teten, vaksinasi merupakan kunci pemulihan ekonomi dan dunia usaha. Di banyak negara sudah terbukti bahwa di mana semakin banyak yang divaksin, maka potensi pertumbuhan ekonomi semakin membaik pula.

BACA JUGA : JNE, Vaksinasi dan Pemulihan Ekonomi

Lantaran itu, Teten menegaskan harus terus membangun kesadaran masyarakat untuk divaksin, termasuk pelaku UMKM. Apalagi, banyak usaha mikro dan kecil yang sangat terdampak dari pandemi ini, ada yang usahanya tutup, ada yang pendapatannya turun, dan sebagainya.

Vaksinasi untuk UMKM di Kota Semarang dari Kemenkop UKM. foto: Antara

“Dengan vaksinasi, saya meyakini kegiatan ekonomi dan usaha bisa pulih kembali,” ulas Teten.

Bagi Teten, upaya mendukung percepatan program vaksinasi terutama bagi masyarakat yang kesulitan mendapatkan akses, akan terus digulirkan. Teten menambahkan, untuk mempercepat program vaksinasi, pemerintah menargetkan sebanyak dua juta orang per hari mendapatkan divaksin. Terlebih lagi, saat ini suplai vaksin sudah membaik.

Sebanyak 10 gunung ditargetkan akan mendapat vaksinasi bagi masyarakat dan UMKM. Ketua Mandalawangi Bergerak Rahmi Hidayati menjelaskan, pihaknya akan melakukan aksi serupa di kaki gunung lainnya.

Setiap satu gunung diperkirakan sebanyak 3.000 orang akan divaksin. Rahmi menambahkan, sasaran dari aksi Mandalawangi ini adalah semua orang dan elemen masyarakat yang terkait dengan wisata alam pendakian gunung.

BACA JUGA : Kolaborasi Kementerian Perkuat Rantai Pasok dari UMKM, Koperasi, dan IKM

“Banyak juga pelaku UMKM yang terlibat dalam usaha wisata alam di daerah pegunungan,” ujar Rahmi.

Rahmi berharap gerakan Mandalawangi Bergerak terus mendapat dukungan dari pihak-pihak terkait dalam menggelar program Vaksinasi di Kaki Gunung. Setelah di Cibodas (pilot project), dan di pos Selabintana ini, pada 14-15 September akan dilaksanakan di pos Gunung Putri.

Mandalawangi Bergerak merupakan program vaksinasi yang dibentuk atas inisiatif Mapala UI dan Wanadri yang fokus di titik-titik pendakian gunung. Cibodas, Selabintana, dan Gunung Putri adalah tiga titik awal pendakian di gunung Gede-Pangrango yang disasar pertama Mandalawangi Bergerak.

Exit mobile version