Gini Cara Bersihkan Noda Air di Furnitur Kayu

Meja kayu

 

Mengkoleksi furnitur kayu memang bisa memberikan nilai lebih di rumah. Paling tidak hunian akan lebih terasa elegan, klasik, dan mewah, apalagi bila kayu yang digunakan memiliki kualitas tinggi.

Namun demikan, ada kalanya furnitur kayu di rumah juga terlihat usang akibat kurangnya perawatan. Paling meresahkan saat meja atau lemari terkena noda air yang kadang sulit untuk dihilangkan dan membuat timbulnya bercak.

Biasanya, noda air akan membentuk lingkatan putih bekas gelas atau mangkuk. Noda tersebut masuk ke dalam pori-pori pelapis kayu dan sulit untuk dibasmi. Bila sudah demikian, maka akan membuat tampilan furnitur menjadi kusam.

BACA JUGA : Tips Merawat Talenan Kayu Agar Awet

Nah bagi yang belum paham cara menghilangkannya, ada beberapa jurus yang bisa dipraktikan sendiri :

1. Setrika bisa dijadikan alat untuk menghilangkan noda air yang melekat pada kayu meja makan atau lemari. Caranya dengan memanaskan strika dan lapisi area yang ada nodanya dengan handuk atau serbet dengan warna polos.

Bila setrika sudah panas, diamkan beberapa waktu 2 atau 3 menit, dan usapkan di atas noda yang sebelumnya sudah tertutup kain. Cek apakah noda putih sudah hilang, bila belum lakukan hingga beberapa kali.

2. Mayones juga bisa dijadikan alat untuk membersihkan noda air yang membandel pada furnitur kayu di rumah. Caranya cukup oleskan mayones ke lokasi yang ada noda, tutupi dengan kain lap, diamkan sampai 3 jam lebih tergantung hilangnya noda. Setelah itu bersihkan dendan kain kering.

BACA JUGA : Eits, Hati-Hati Padukan Kursi Kantor Hitam di Ruang Kerja

3. Pengering rambut juga bisa dijadikan alat selain setrika untuk menghilangkan noda air yang membandel pada furnitur kayu. Secara pengerjaan, tak jauh berbeda dengan saat menggunakan setrikaan.

Lapisi area kayu yang terkena noda air dengan kain polos, nyalakan pengering rambut dan gerakkan ke bagian kain yang melapisi noda tersebut. Lakukan secara berulang kurang lebih sampai 10 menit, cek apakah sudah hilang atau belum. Bila masih ada bisa lakukan lagi hingga nodanya benar-benar sirnah.

Exit mobile version