Cara Mudah Membuat Google My Business untuk Bisnis Kecil dan Rumahan

Cara Mudah Membuat Google My Business untuk Bisnis Kecil dan Rumahan

Google my Business merupakan salah satu tools yang sering kali dimanfaatkan oleh pebisnis. Jangkauannya yang luas dan hanya memerlukan koneksi internet, membuat fitur dari Google ini populer di dunia pemasaran. Pebisnis dapat memikat pelanggan dengan maksimal melalui informasi produk atau jasa yang ditawarkan melalui fitur ini.

Apa sebenarnya yang dimaksud dengan Google My Business dan apa saja manfaatnya untuk bisnis kecil dan rumahan? Temukan jawabannya dengan membaca artikel ini hingga tuntas, yuk!

Mengenal Lebih Dekat Google My Business

Menurut Hubspot, Google My Business adalah sebuah tool dari Google yang dapat digunakan untuk mengelola tampilan bisnis, baik bisnis berskala besar maupun bisnis kecil rumahan, di halaman pencarian Google dan Google Maps. Jadi, ketika pebisnis memasukkan nama bisnis di kolom mesin pencarian Google, maka akan muncullah sejumlah informasi mengenai bisnis yang terkait.

Google My Business berguna untuk mempermudah konsumen dalam mengetahui informasi lengkap sebuah bisnis. Setidaknya, dengan menggunakan fitur ini konsumen akan lebih mudah mengetahui nama bisnis, alamat perusahaan, nomor telepon perusahaan, alamat email, jam operasional, situs web, foto produk, foto kantor, hingga review pelanggan.

Mengutip dari laman resmi Google Support, Google My Business memungkinkan pebisnis untuk mengatur profil bisnis mulai dari menambahkan bisnis agar muncul di Google, mengedit informasi bisnis yang sedang dijalankan, menanggapi pesan atau panggilan telepon dari pelanggan, dan melakukan pengaturan notifikasi untuk perangkat seluler. Tentu saja, hal ini akan berpengaruh positif terhadap bisnis kecil yang dijalankan, salah satunya dapat menjangkau pelanggan yang lebih luas. Menarik bukan?

Baca juga: Mau Belajar Digital Marketing, dari Mana Mulainya?

Cara Membuat Google My Business untuk Bisnis Kecil dan Rumahan

Google My Business ini tidak hanya diperuntukkan bagi bisnis berskala besar saja, lho. Signup-nya juga dapat dilakukan oleh pelaku bisnis kecil dan rumahan maupun UMKM dengan mudah.

Berikut adalah beberapa tahap untuk mendaftar Google My Business bagi pengusaha pemula serta pelaku bisnis kecil dan rumahan.

1. Buat akun Google

Sebelum mendaftar, pastikan telah memiliki akun Google yang hendak digunakan untuk mengelola profil Google My Business.

2. Akses ke situs Google

Jika sudah memiliki akun Google, maka login ke akun tersebut. Buka halaman Google My Business dan akan muncul tampilan dengan tombol “mulai sekarang”.

3. Klik Add Your Business to Google

Berikutnya, pebisnis bisa klik Add Your Business to Google” untuk memulai menambahkan bisnis yang sedang dikelola ke Google.

4. Lengkapi profil bisnis

Melengkapi profil bisnis dengan memasukkan nama dan kategori bisnis. Jika sudah, tentukan pula apakah pelanggan dapat mengunjungi toko fisik bisnis yang dikelola atau tidak.

5. Tentukan area pelanggan

Berikutnya yang perlu dilakukan adalah menentukan area pelanggan yang dapat dilayani oleh bisnis. Namun, jika bisnis yang dikelola berbasis online, maka hal ini dapat memperluas jangkauannya.

6. Tahap verifikasi

Dalam tahapan ini, pebisnis bisa melakukan verifikasi bisnis dengan mengisi form yang tersedia. Verifikasi juga dapat dilakukan nanti dengan klik “Verify Later”.

Selanjutnya akan muncul penawaran untuk menggunakan Google Ads dan membeli custom domain. Namun, keduanya hanya optional. Klik skip jika hendak mengaturnya nanti.

Baca juga: Mengulik Google Adsense untuk Mendapatkan Penghasilan

Itulah cara mendaftar Google My Business yang dapat diimplementasikan oleh pelaku bisnis kecil dan rumahan. Cukup mudah bukan?

Menggunakan Google My Business memiliki manfaat yang besar untuk mengembangkan usaha. Tools dari Google ini menjadi salah satu cara agar bisnis lebih mudah ditemukan oleh konsumen. Mereka hanya perlu mencari nama bisnis atau sektor saja di mesin pencarian, lalu Google akan menyajikan sejumlah informasi bisnis yang dicari, termasuk bisnis Anda, sebagaimana yang sudah diatur sebelumnya.

Akun Google Bisnis juga dapat membantu pebisnis dalam meningkatkan SEO alias Search Engine Optimization. Saat orang mencari, tidak menutup kemungkinan bisnis Anda akan muncul di halaman pertama dalam pencarian Google. Dengan demikian, orang atau calon pelanggan juga bisa langsung menghubungi bisnis yang dijalankan.

Google My Business juga dapat meningkatkan customer trust. Fitur ulasan atau review yang ditawarkan oleh tool ini dapat meningkatkan kepercayaan pelanggan terhadap bisnis yang dikelola, lho. Menurut penjelasan dari Think With Google, setidaknya 88% pelanggan mempercayai ulasan online seperti halnya mereka memercayai rekomendasi dari orang-orang terdekatnya.

So, jangan ragu untuk mulai menggunakan akun Google My Business dalam mengembangkan bisnis kecil dan rumahan Anda. Semoga informasi ini bermanfaat.

Exit mobile version