Cara Menggunakan Google Street View untuk Berwisata Virtual

Sudah pernah menggunakan Google Street View untuk berwisata? Google Street View merupakan salah satu fitur yang disediakan Google untuk user yang ingin menjelajahi tempat terkenal di dunia, melihat keajaiban alam, hingga menelusuri tempat-tempat seperti museum, restoran, atau bahkan bisnis kecil.

Dengan adanya Google Street View, kita jadi enggak perlu mengeluarkan effort lebih untuk sekadar menikmati panorama dan keindahan suatu lokasi wisata. Keren ya?

Fitur menarik dari Google ini dapat diakses melalui laptop, komputer, maupun ponsel. Dirilis di tahun 2007, Google Street View menyediakan pemandangan jalan 360 derajat yang memungkinkan pengguna untuk menyusuri sudut jalan. Saat dioperasikan, fitur ini akan menampilkan foto yang telah diambil oleh kamera di atas kendaraan, dan dapat disusuri menggunakan panah di keyboard atau mouse. Fotonya pun tersedia dalam berbagai ukuran, arah, maupun sudut.

Menariknya, Google Street View tak hanya bisa membantu kita untuk menemukan alamat di Google Map, tetapi juga bisa kita manfaatkan untuk melakukan wisata virtual.

Apa Itu Wisata Virtual?

Cara Menggunakan Google Street View untuk Berwisata Virtual

Menurut penjelasan yang ada di situs pojokiklim.menlhk.go.id, wisata virtual yaitu menikmati perjalanan wisata secara online yang memberikan kesan yang tak kalah seru dari perjalanan langsung.

Wisata virtual adalah jenis pengalaman wisata yang dilakukan secara digital, biasanya melalui internet, tanpa harus secara fisik hadir di lokasi tersebut. Teknologi ini memungkinkan pengguna untuk “mengunjungi” lokasi-lokasi wisata, museum, galeri seni, taman nasional, dan banyak tempat lainnya dari kenyamanan rumah mereka sendiri.

Wisata virtual biasanya menggunakan foto atau video 360 derajat, teknologi VR (Virtual Reality), dan kadang-kadang AR (Augmented Reality) untuk menciptakan pengalaman yang mendekati kenyataan. Pengguna dapat “berjalan” melalui lokasi tersebut, melihat-lihat sekeliling, dan kadang-kadang berinteraksi dengan elemen-elemen tertentu.

Hal ini menjadi sangat populer sejak pandemi COVID-19, saat banyak tempat wisata ditutup untuk mencegah penyebaran virus. Meskipun tidak dapat menggantikan pengalaman wisata langsung, wisata virtual dapat menjadi alternatif yang baik ketika tidak mungkin untuk bepergian.

Berwisata Virtual dengan Google Street View

Nah, salah satu teknologi yang bisa dimanfaatkan untuk melakukan wisata virtual adalah Google Street View ini. Mengutip dari Google, berikut beberapa cara berwisata virtual menggunakan Google Street View.

Baca juga: 5 Tempat Wisata di Jogja Kekinian yang Harus Didatangi bareng Keluarga

1.    Telusuri tempat yang hendak dilihat dan letakkan pin

Penjelajahan virtual menggunakan Google Street View dapat dimulai dengan meletakkan pin di aplikasi Google Maps yang diakses melalui ponsel atau komputer.

Untuk meletakkan pin, sentuh lama suatu titik atau tempat pada peta. Nantinya, di bagian bawah akan muncul nama atau alamat yang hendak kamu tinjau. Setelah itu, scroll dan pilih foto berlabel “Street View” atau pilih thumbnail dengan ikon Street View. Jika sudah selesai, klik menu kembali yang terdapat di kiri atas.

2.    Berwisata menggunakan Google Street View dengan mengetuk penanda tempat

Jika kamu hendak menyusuri lokasi wisata melalui Google Street View menggunakan ponsel, kamu bisa mengetuk penanda tempat yang tersedia di menu Google Maps.

Di ponsel, buka aplikasi Google Maps, lalu ketuk penanda tempat. Setelah itu, ketuk nama tempat atau alamat yang tertera di bagian bawah tampilan. Scroll dan pilih foto berlabel Street View untuk menyusuri lokasi yang kamu inginkan. Jika sudah, kamu dapat mengetuk menu kembali yang terletak di bagian kiri atas.

3.    Menelusuri lokasi wisata melalui Google Street View di komputer

Berwisata virtual menggunakan Google Street View juga dapat dilakukan melalui komputer, lho. Kamu hanya perlu menggunakan Google Penelusuran atau Google Maps untuk menikmati pesona lokasi wisata yang hendak dituju.

Jika menggunakan Google Maps, kamu hanya perlu menelusuri tempat dengan mengetuk penanda tempat pada peta. Kemudian, kamu dapat memilih foto dengan ikon Street View yang tersedia di sebelah kiri. Mudah bukan?

Google Street View juga memungkinkan kamu sebagai user untuk menemukan gambar jalan yang diambil di waktu tertentu, lho. Misalnya, kamu ingin melihat perubahan yang terjadi di lingkungan tersebut dari waktu ke waktu.

Untuk melihat perubahan tersebut, kamu hanya perlu membuka Google Maps, kemudian mengetuk ikon lapisan. Pilih menu Street View, lalu ketuk menu x. Kamu bisa mengetuk garis biru mana pun, dan mengetuk menu “Lihat tanggal lain”. Setelah itu, kamu ajakan disuguhkan gambar carousel yang bisa di scroll di bagian bawah.

Namun, gambar historis ini tidak tersedia untuk setiap tempat yang memiliki Street View, ya.

Baca juga: Taman Safari Bogor: 5 Alasan untuk Dikunjungi bersama Keluarga

Nah, itulah beberapa cara berwisata virtual menggunakan Google Street View. Dengan mengakses fitur Google yang satu ini, kamu bisa mendapatkan gambaran suatu tempat. Meskipun gambar yang ditampilkan dalam Google Street View ini bukan gambar real time, namun foto yang disajikan akan memberikan gambaran tentang lokasi wisata atau suatu tempat yang hendak dikunjungi. Lebih jauh lagi, kamu akan diuntungkan saat melakukan perjalanan. Setidaknya, kamu dapat mengetahui patokan dari rute yang harus dilewati.

Adanya Google Street View dipercaya dapat meningkatkan kepercayaan bagi pengunjung sebuah lokasi wisata. Fitur ini akan menunjukkan bahwa wisata yang hendak dituju benar adanya. Bahkan, informasi yang lengkap, deskripsi lokasi, dan alamat akan semakin meningkatkan kredibilitas dari lokasi tersebut.

Last but not least, fitur dari Google yang satu ini juga dapat digunakan sebagi iklan atau platform promosi dengan budget yang minim. Meskipun demikian, pemasaran akan terjadi secara pasif.

So, lokasi wisata mana yang ingin kamu kunjungi menggunakan Google Street View? Selamat mencoba sensasi wisata virtual ini, ya.

Exit mobile version