GrabExpress Jadi Mitra Logistik Pemerintah

Disdukcapil kota Tangerang Selatan menunjuk GrabExpress untuk bersama-sama meluncurkan inovasi digital bernama Sistem Pengiriman Administrasi Kependudukan (SIANDUK).

GrabExpress telah menjadi mitra pilihan bagi beberapa institusi pemerintah untuk menjaga dan mempercepat layanan publiknya. Kolaborasi Grab dengan pemerintah melalui layanan ini, mendukung lancarnya pengiriman dokumen-dokumen penting untuk kebutuhan identifikasi nasional dan administrasi sipil. Terlebih di masa pandemi-COVID 19 untuk menghindari antrian di kantor-kantor pemerintah.

Menurut Director of 2-Wheels & Logistics Grab Indonesia Tyas Widyastuti, kebutuhan untuk pencatatan sipil dan keperluan administrasi lainnya tetap harus berjalan, meski di tengah pandemi. Hanya saja, hal tersebut sekaligus menimbulkan kekhawatiran di masyarakat akan bahaya kesehatan mereka.

“Kami sangat senang dapat menjalin kerja sama dengan badan-badan pemerintah di seluruh negeri untuk memfasilitasi efisiensi pelayanan publik di Indonesia selama masa-masa sulit ini,” kata Tyas.

BACA JUGA : Fasilitas Digital Payment Mudahkan Pelanggan JNE di Seluruh Indonesia

Ditambahkannya, GrabExpress akan terus memberikan layanan pengantaran yang aman, mudah, dan andal untuk masyarakat Indonesia. Kolaborasi ini juga memberikan peluang pendapatan baru bagi mitra pengantaran GrabExpress, sehingga mereka bisa terus mendapatkan dampak positif dari teknologi.

Sebagai informasi, dalam setahun terakhir, GrabExpress telah bermitra dengan berbagai badan pemerintah, seperti Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) kota Tangerang Selatan, Kepolisian Daerah (Polda) Jawa Timur, Satuan Kepolisian Lalu Lintas (Satlantas) kota Medan, dan Kepolisian Resor (Polres) Bengkulu.

Disdukcapil kota Tangerang Selatan menunjuk GrabExpress untuk bersama-sama meluncurkan inovasi digital bernama Sistem Pengiriman Administrasi Kependudukan (SIANDUK). Bentuk dukungan GrabExpress adalah menggunakan pengantaran dokumen secara drive-thru.

Selain itu, Polda Jawa Timur juga bekerja sama dengan GrabExpress untuk meluncurkan layanan pengantaran online perpanjangan Surat Izin Mengemudi (SIM) yang terintegrasi ke dalam aplikasi ‘Base Traffic Semeru’ milik Polda Jawa Timur.

BACA JUGA : Belanja Video Game Naik Selama Pandemi-COVID 19

Beberapa departemen kepolisian di Sumatera Utara dan Selatan juga memilih GrabExpress untuk pengantaran dokumen mereka. Satlantas kota Medan juga memberikan layanan pengantaran Surat Izin Mengemudi (SIM) langsung ke rumah warga. Kemitraan ini memberikan kemudahan bagi warga Medan yang ingin memperpanjang masa berlaku atau memperbarui SIM mereka.

Sementara itu, sebagai bagian dari upaya Polres Bengkulu untuk meningkatkan layanan publik, Polres Bengkulu bersinergi dengan Grab meluncurkan layanan pengiriman Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) menggunakan GrabExpress, yang pertama di wilayah Sumatera.

Layanan GrabExpress dapat membantu lembaga pemerintah memenuhi berbagai macam kebutuhan sehari-hari di luar pengantaran dokumen penting. Layanan Grab termasuk kurir, pengantaran makanan dan alat tulis kantor, serta pemesanan transportasi dapat diakses melalui portal Bela Pengadaan dari Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah (LKPP).

Layanan pengantaran sesuai permintaan (on-demand) menawarkan pelacakan dokumen penting secara real-time sehingga keamanan penanganan dokumen terjamin. Selain itu, fitur multi-stop GrabExpress dimana pengirim dapat memesan dengan satu titik pengambilan dan mengirimkannya ke lebih dari satu titik pengantaran sekaligus, membuat layanan GrabExpress menjadi pilihan yang lebih hemat dan praktis daripada memesan beberapa pengiriman secara terpisah.

BACA JUGA : Bantu UMKM, Pertamina Gelontorkan Modal Rp2,7 Miliar

 

Exit mobile version