Hape Android Sering Lemot dan Nge-lag? Simak 5 Cara Atasinya

Hape android lemot seringkali menyusahkan penggunanya. Foto: Istimewa.

Android menjadi sistem operasi ponsel yang banyak digunakan masyarakat Indonesia. Kemudahan mengoperasikan menjadi daya tarik kenapa hape android banyak disukai.

Namun, sayangnya satu hal yang sering menjadi kendala pada ponsel berbasis android adalah sering lag dan lemot.

Memiliki ponsel yang lemot pastinya sering membuat kesal. Terlebih bagi kamu yang bekerja di lapangan dan banyak mengandalkan ponsel untuk aktivitas harian.

Baca juga: Ini 5 Langkah Sukses Berbisnis dengan Manfaatkan Platform E-Commerce

Ada sejumlah alasan yang menyebabkan hape android sering lemot, antara lain memori penyimpanan yang minim hingga menumpuknya cache dari berbagai aplikasi.

Nah, daripada kondisi ini malah mengganggu pekerjaan, intip tips mengatasi hape lemot berikut ini:

1. Cek memori

Sebagai pemilik ponsel android seharusnya paham banyak memasang aplikasi berpengaruh pada ruang memori internal. Kondisi ini menyebabkan hape menjadi berat atau lemot dan kemudian nge-lag.

Sebaiknya, bila ponsel digunakan untuk pekerjaan, instal aplikasi dan simpan data yang benar-benar dibutuhkan. Aplikasi atau data yang tidak terlalu penting, sebaiknya segera dibuang saja.

Baca juga: Begini Cara Berhemat di Jakarta dengan Gaji Pas-Pasan

2. Bersihkan cache

Cache merupakan data penyimpanan berkelanjutan yang tersisa saat dan setelah menggunakan aplikasi. Cache juga menjadi penyebab penuhnya ruang memori ponsel kamu.

Pastikan kamu rutin menghapus cache melalui aplikasi terkait yang dapat diunduh di Playstore.

3. Banyak widget

Menghias tampilan layar ponsel dengan widget juga bisa mempengaruhi kinerja ponsel kamu. Di samping itu, banyaknya widget juga membuay daya baterai ikut tergerus atau cepat habis.

Nah, agar ponsel nggak lemot dan bisa bekerja dengan baik, pastikan memang widget yang dirasa perlu untuk shorcut.

4. Update firmware

Firmware adalah sistem operasi perangkat ponsel yang punya versi update sendiri. Untuk mempercepat kinerja hape, kamu bisa mengupdate versi terbaru.

Pastikan kamu melakukan backup data sebelum mengupdate firmware. Juga pastikan spesifikasi ponsel android yang dibutuhkan oleh firmware tersebut.

Baca juga: Tips dan Trik Chef Devina Agar Bahan Makanan Tetap Segar

5. Hindari jalankan banyak aplikasi bersamaan

Meski memudahkan, namun hape yang tidak punya ruang besar terutama RAM akan membuat kinerjanya menurun. Alhasil hape kamu pun jadi lemot. Jadi, sebaiknya jalankan aplikasi yang dirasa perlu satu per satu saja.

Nah, itu tadi 5 cara mengatasi hape android yang lemot. Semoga artikel ini bermanfaat.

Exit mobile version