Harumnya Kopi Lokal, Jadi Berkah Untuk JNE Ngada

jne ngada

Para karyawan JNE Cabang Ngada, Nusa Tenggara Timur (NTT).

JNEWS – JNE Cabang Ngada dalam kiprahnya terus memaksimalkan setiap potensi yang ada di daerahnya. Selain hasil komoditas seperti kopi, juga menjalin kerjasama dengan pemerintahan setempat dalam hal pengiriman barang, dokumen dan lain sebagainya.

Ngada merupakan sebuah kabupaten di gugusan Pulau Flores, Nusa Tenggara Timur (NTT) yang beribukota di Bajawa. Secara geografis, wilayah Ngada sebelah utara berbatasan dengan Laut Flores, di timur berbatasan dengan Kabupaten Nagekeo, di barat berbatasan dengan Kabupaten Manggarai Timur dan di selatan berbatasan dengan Laut Sawu.

Kabupaten Ngada dikelilingi oleh pemandangan alam yang indah dan berudara sejuk karena berada di dataran tinggi. Ngada mempunyai beberapa destinasi wisata menarik yang banyak dikunjungi para wisatawan, baik itu lokal maupun wisatawan mancanegara. Di antara destinasi wisata tersebut adalah pemandian air panas Mengeruda di Desa Mengeruda Kecamatan Soa, Kampung Adat Bena yang merupakan salah satu perkampungan megalitik yang terletak di Desa Triwuriwu, Kecamatan Aimere.

Dengan banyaknya destinasi wisata unggulan, ditambah lagi alamnya yang subur sehingga berbagai komoditas pertanian melipah ruah, Ngada punya potensi untuk menumbuhkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakatnya.

Baca juga: Cerita Ksatria JNE Berlibur ke Rumah Pengasingan Bung Karno di Ende

Menurut Head Sales Marketing JNE Cabang Utama Kupang, Fuad Rofiq, potensi yang ada di wilayah Ngada cukup berpengaruh terhadap peningkatan kiriman JNE Ngada, bahkan dominasi kiriman outbound atau kiriman yang keluar dari Ngada didominasi oleh kiriman komoditas pertanian dan perkebunan seperti kopi, oleh-oleh dan kiriman souvenir.

“Banyak produk UMKM unggulan di antaranya kopi lokal yang mempunyai citarasa dan aroma khas, kemudian kain tenun hingga kerajinan dari bambu yang permintaannya terus meningkat termasuk dari luar kota,” ujar Fuad, saat berbincang dengan JNEWS, Senin (26/8/2027).

Diungkapkannya, selain memaksimalkan potensi UMKM lokal, dalam rangka mendongkrak volume kiriman, JNE Ngada melakukan kerjasama dengan instansi yang ada di pemerintahan setempat. “Banyak potensi yang bisa digali dan dimanfaatkan dengan menjalin kerjasama dengan instansi pemerintahan, termasuk dengan dinas-dinas terkait di Pemkab Ngada,” jelasnya.

“Seluruh tim JNE Ngada berkomitmen untuk bekerja keras menggali potensi yang ada dan juga terus memberikan pelayanan terbaik kepada customer. Kami optimis JNE akan tetap menjadi pilihan utama masyarakat Ngada dalam hal pengiriman barang,” tutup Fuad.

Seperti diketahui, JNE Ngada yang operasionalnya berada di bawah JNE Cabang Utama Labuan Bajo, sudah berdiri sejak 2011 dan saat ini mempekerjakan 10 karyawan. Adapun wilayah operasional mencakup seluruh wilayah Kabupaten Ngada yang terdiri dari 12 kecamatan dengan didukung beberapa titik penjualan sehingga memudahkan masyarakat saat ingin mengirim paket. *

Baca juga: Kampung Adat Wae Rebo: Desa di Atas Awan dengan Keindahan yang Memukau

Exit mobile version